WARGA SAMBUT ANTUSIAS BERBAGI BUKA PUASA RZ DI BANJARMASIN

WARGA SAMBUT ANTUSIAS BERBAGI BUKA PUASA RZ DI BANJARMASIN

WARGA SAMBUT ANTUSIAS BERBAGI BUKA PUASA RZ DI BANJARMASINBANJARMASIN. Masjid Jami Tughfaturroghibin yang berlokasi di Alalak, Kota Banjarmasin pada hari Rabu (22/06) menjadi ramai. Warga sekitar masjid berdatangan untuk menghadiri acara Berbagi Buka Puasa (BBP) yang diselenggarakan oleh RZ Banjarmasin.

Sebanyak 205 paket dibagikan oleh relawan RZ dan disantap bersama-sama ketika berbuka puasa di masjid yang terkenal dengan ornamen buah kanas (red: nanas) ini. Pada acara tersebut juga diisi oleh ceramah dari Ustadz Syamsuni Abdullah yang menjelaskan tentang fadilah Ramadhan dan keutamaan membaca Al-Quran pada bulan itu.

Kakek Jamhuri (80) yang mengaku kini hidup hanya bersama saudaranya menganggap acara ini sangat bagus dan berharap tahun depan diadakan lagi.

“Acaranya bagus. Disini belum pernah diadakan acara seperti ini. Ini pertama kali ada yang seperti ini. Saya suka sekali.” tutur Ibu Kamsiyah (60) seorang warga di sekitar masjid. Acara ini ditutup dengan buka puasa bersama para warga di masjid dilanjutkan sesi foto bersama pengurus masjid.

 

 

Newsroom/Muhammad Luthfi Alfin
Banjarmasin

RZ BANJARMASIN WARNAI BERBAGI BUKA PUASA DAN SYIAR QURAN DENGAN MAJELIS HIKMAH

RZ BANJARMASIN WARNAI BERBAGI BUKA PUASA DAN SYIAR QURAN DENGAN MAJELIS HIKMAH

RZ BANJARMASIN WARNAI BERBAGI BUKA PUASA DAN SYIAR QURAN DENGAN MAJELIS HIKMAHBANJARMASIN. Para warga Gang Hidayah RT. 28, Kelurahan Karang, Banjarmasin yang terletak di wilayah belakang Hotel Banjarmasin Internasional (HBI) datang berduyun-duyun ke Mushola Al-Hidayah pada Jumat sore (24/06). Meskipun hujun turun dengan deras, tidak menghalangi niat warga untuk berhadir dalam acara Berbagi Buka Puasa (BBP) yang diselenggarakan oleh RZ Banjarmasin.

Nenek Hasikin yang sudah berumur 80 tahun tampak tertatih dituntun oleh keluarganya menuju musholla dengan payung. Menurut Nenek Hasikin acara BBP yang diselenggarakan oleh RZ ini bagus, beliau mendoakan agar para donatur mendapat keberkahan.

“Kegiatan ini sangat membantu kami, dengan kegiatan ini kita juga bisa menambah ilmu yang bermanfaat karena acara ini diisi juga oleh Majelis Hikmah.” ungkap Pak Imam Suprayitno, warga setempat.
Adapun Majelis Hikmah kali ini diisi oleh ustadz Faidhi Rizani, yang mengingatkan tentang kehidupan di dunia ini hanya sementara.

Beliau juga mengingatkan pentingnya belajar Al-Qur’an agar dapat membacanya dengan baik dan benar. Paket BBP yang dibagikan pada kegiatan ini sebanyak 210 paket yang merupakan donasi dari Human Concern International (HCI). Setelah acara berbuka puasa, acara dilanjutkan dengan pembagian 25 Paket Al-Quran dan buku Iqra oleh para relawan RZ kepada warga sekitar.

 

 

Newsroom/Muhammad Luthfi Alfin
Banjarmasin

SYIAR QURAN UNTUK MASJID AL-FALAH DISAMBUT ANTUSIAS

SYIAR QURAN UNTUK MASJID AL-FALAH DISAMBUT ANTUSIAS

SYIAR QURAN UNTUK MASJID AL-FALAH DISAMBUT ANTUSIASBANDUNG. Masjid Al-Falah yang terletak di kampung Sukamaju RT 06 RW 05, desa Cigugur Girang, kecamatan Parongpong, Bandung Barat ini pada awalnya sebuah madrasah kecil di pinggir jalan. Hanya mampu menampung beberapa siswa untuk belajar mengaji, itu pun digilir per shift pagi, dzuhur dan ashar.

Masjid Al-Falah ini sekarang sudah dibangun menjadi mesjid sekaligus madrasah yang tidak jauh dari tempat semula. Meskipun madrasah dan mesjidnya berdampingan ini tidak menyurutkan semangat para siswa untuk belajar mengaji.

Dalam kesempatan ini Relawan RZ Cimahi menyalurkan paket Syiar Quran (SQ) yang terdiri dari Al-Qur’an dan buku Iqro di masjid Al-Falah pada Selasa (28/06). Hal tersebut sangat disambut baik oleh para pengajar, DKM dan murid di masjid ini.

“Penyaluran Al-Qur’an ini sangat bermanfaat, termasuk bagi madrasah yang sedang kekurangan Al-Qur’an dan Iqro untuk mengaji. Semoga penyaluran Al-Qur’an ini berkesinambungan dan tidak berhenti disini saja, karena madrasah ini sangat membutuhkan Al-Qur’an untuk para siswa mengaji.” ungkap salah seorang guru ngaji madrasah

Para guru, siswa dan DKM Al-Falah mengucapkan terima kasih atas kesediaan Relawan RZ yang sudah bersedia menyalurkan Al-Qur’an di masjid tersebut.

 

Newsroom/Arif
Bandung

RELAWAN RZ GANDENG LAZIS PLN DAN BPZIS MANDIRI GELAR SANLAT DI JAKARTA

RELAWAN RZ GANDENG LAZIS PLN DAN BPZIS MANDIRI GELAR SANLAT DI JAKARTA

RELAWAN RZ GANDENG LAZIS PLN DAN BPZIS MANDIRI GELAR SANLAT DI JAKARTAJAKARTA. (26/06) Usai menjalankan ibadah puasa selama sehari penuh, tak menyurutkan motivasi anak-anak dalam mengikuti kegiatan SANLAT (Pesantren Kilat) di malam pertama dari sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan 1437H, yang diadakan oleh Relawan RZ Jakarta Timur di Masjid Dakwah Islam, Utan Kayu Utara, Jakarta Timur yang baru dimulai selepas Ibadah Sholat Tarawih. Acara yang mengusung tema “Menembus Batas Meraih Mimpi Generasi Qurani” berlangsung selama 2 hari 1 malam ini dari (25/06) hingga (26/06), Alhamdulillah turut didukung lembaga-lembaga zakat seperti Lazis PLN dan BPZIS Mandiri.

Motivasi dalam Itikaf, Sahur, Berbuka dari Puasa Pesantren Kilat yang diajarkan kepada anak-anak diharapkan membuat anak lebih disiplin dan memahami nilai-nilai ibadah, khususnya di bulan Suci Ramadhan. Materi yang diangkat dalam pelaksanaan SANLAT Relawan RZ ini adalah ketaqwaan dan motivasi pengembangan diri dan akhlaq dalam bersosialisasi, materi tersebut dibawakan oleh Ade Zuniarsah dari Markaz Inspirasi, Jakarta. Penjabaran Taqwa, sebagai poin utama dalam agenda kegiatan ini, juga turut disampaikan oleh pementor Qonita Azizah yang juga seorang relawan.

Sementara itu, sesi menghafal Qur’an dipandu oleh Mentor Karomah dengan menggunakan Metode Kaisa. Kaisa merupakan salah satu peserta acara Hafiz Quran yang ditayangkan Trans7. Hafalan Qur’an Surat An Nas dan Ar Rahman (Ayat 1-6) menjadi salah satu agenda yang menarik bagi anak-anak. Metode kinestetik ini, mengajak anak untuk lebih inisiatif mengikuti kegiatan, karena sering lupa dan akhirnya bertanya kepada mentor. Acara pendukung seperti mentoring, menonton film dan games dalam kegiatan ini, turut menjadikan kegiatan ini lebih menarik bagi anak-anak peserta SANLAT yang rata-rata berusia 10 tahun.

Santunan yang dibagikan kepada peserta SANLAT berupa Kado Lebaran Yatim (KLY) yang dibagikan khusus kepada 27 anak yatim dan 150 buah paket Berbuka Paket Puasa (BPP) dari program RZ, 250 Paket Takjil dari LAZIS PLN, bantuan dana dari BPZIS Mandiri dan beberapa hadiah serta bingkisan menarik kepada seluruh peserta.

Acara tersebut membuat anak-anak tetap semangat meskipun disertai rasa kantuk dan letih, “Acara pesantren kilatnya seru dan keren, meski aku ngantuk aku tetap semangat kakak.” ujar Ghifar salah satu peserta berusia 10 tahun yang menjadi peserta terbaik laki-laki SANLAT Relawan RZ 2016 ini. Hal yang sama juga disampaikan oleh Syifa “Bagus dan menarik, karena bisa mengisi libur puasa dan dapat ilmu dari para kakak mentor dan pengajarnya.”

Pihak pengurus Masjid Dakwah Islam yang juga aktif sebagai tenaga pengajar di Pusat Studi Islam Al Manar Bapak Rohman, juga menyampaikan bahwa masyarakat sekitar juga mendukung adanya kegiatan semacam ini, karena seminggu sebelumnya pihak sekolah juga baru saja mengadakan kegiatan Pesantren Kilat yang sama.

“Pihak Masjid, Sekolah dan Masyarakat sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini, semoga panitia penyelenggara dan pihak-pihak terkait mendapatkan pahala atas usaha dan bantuannya kepada masyarakat sekitar dan khusus-khususnya anak-anak Yatim dan Dhuafa di lingkungan masjid”.

“Alhamdulillah, kegiatan berjalan dengan baik, meski sempat terkendala dengan dana, peserta dan cuaca, rangkaian kegiatan dapat selesai. Terima kasih kepada seluruh panitia dan sponsor pendukung kegiatan seperti RZ, Lazis PLN dan BPZIS Mandiri yang telah memberikan bantuannya untuk pelaksanaan kegiatan.” ujar Purnomo selaku Ketua Koordinator Relawan RZ Jakarta Timur usai penutupan kegiatan setelah berbuka puasa.

Semoga melalui kegiatan ini akan lahir generasi-generasi Qur’ani yang mencintai Allah SWT, mencintai Al Qur’an, mencintai Rasulullah SAW dan generasi yang tangguh di masa depan.

 

 

Newsroom/Purnomo
Jakarta

RZ DAN SISWA SD JUARA CILEGON BERBAGI SENYUM RAMADHAN BERSAMA 1000 ANAK YATIM

RZ DAN SISWA SD JUARA CILEGON BERBAGI SENYUM RAMADHAN BERSAMA 1000 ANAK YATIM

RZ DAN SISWA SD JUARA CILEGON BERBAGI SENYUM RAMADHAN BERSAMA 1000 ANAK YATIMCILEGON. Pada hari Rabu (22/06), siswa SD Juara Cilegon mendapatkan undangan dari RZ untuk menghadiri acara buka puasa bersama 1.000 anak yatim dan dhuafa yang bertempat di Masjid Ar-Rohmah, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon.

Acara buka puasa bersama 1.000 anak yatim dan dhuafa ini merupakan salah satu program dari RZ untuk berbagi kebahagiaan dengan sesama. Dalam acara buka puasa bersama ini, RZ juga membagikan paket KLY (Kado Lebaran Yatim) untuk anak-anak yatim dan dhuafa.

Selain pembagian paket KLY, dalam acara Tablig Akhbar itu juga diisi dengan acara tausiyah yang disampaikan oleh Prof. Dr. KH. Ahmad Satori, MA. Bahkan tim marawis SD Juara Cilegon pun mendapatkan kesempatan untuk menghibur para tamu undangan yang hadir disana.

“Alhamdulillah SD Juara Cilegon bisa turut hadir dan berpartisipasi dalam acara buka puasa bersama 1.000 yatim dan dhuafa yang diselenggarakan oleh RZ. Dan kegiatan ini pun dapat berjalan dengan lancar hingga acara selesai,” ungkap Tria Rahayu Febriana, Guru SD Juara Cilegon.

 

 

Sumber: http://www.sdjuaracilegon.com/2016/06/siswa-sd-juara-cilegon-mendapat-paket.html

RZ BAGIKAN 215 PAKET BUKA PUASA DI BANJARMASIN

RZ DAN HUMAN CONCERN INTERNATIONAL BAGIKAN 215 PAKET BUKA PUASA DI BANJARMASIN

RZ BAGIKAN 215 PAKET BUKA PUASA DI BANJARMASINBANJARMASIN. Suasana bahagia meliputi para santri dan warga sekitar Pondok Pesantren al-Hikmah yang berlokasi di Kelayan A Banjarmasin. Kebahagiaan itu hadir ketika RZ cabang Banjarmasin bersilaturrahmi kesana pada tanggal (23/06) sekaligus membagikan Paket Berbuka Puasa hasil kerja sama dengan Human Concern International (HCI) sebanyak 215 paket.

Ustadz Yamani yang merupakan salah satu pengajar di pesantren Al-Hikmah mengaku salut dengan RZ terlebih dengan program-programnya. Beliau juga mendoakan para donatur pada kegiatan ini.

M. Rahmani atau Utuh (21) yang mengalami lumpuh sejak kecil karena penyakit Polio mengungkapkan dengan senang, “Orang yang kurang mampu akhirnya bisa merasakan bagaimana makan ayam. Semoga acara bisa diadakan setiap tahun. Relawan yang ada disini luar biasa” .

Nenek Ariyah yang telah berusia 80 tahun mengaku senang dan berterima kasih karena RZ sudah membantu masyarakat yang kurang mampu. “Semoga RZ sukses!” ucap beliau tulus.

Newsroom/Muhammad Lutfi Affin
Banjarmasin

RELAWAN RZ GELAR EKSPEDISI BHAKTI RELAWAN DI KAMPUNG CIMEKAR

RELAWAN RZ GELAR EKSPEDISI BHAKTI RELAWAN DI KAMPUNG CIMEKAR

RELAWAN RZ GELAR EKSPEDISI BHAKTI RELAWAN DI KAMPUNG CIMEKARBANDUNG. Cimekar merupakan sebuah perkampungan yang terdapat di pinggiran waduk Saguling, ujung Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Perkampungan Cimekar awalnya berada di wilayah Batu Jajar. Namun dikarenakan adanya Pemekaran, Perkampungan Cimekar masuk kedalam kec. Saguling yang saat ini kondisinya masih belum tersentuh pembangunan.

Di perkampung ini terdapat sebuah Masjid yang lumayan luas namun sayang kurang terurus. Dalam ekspedisi yang diselenggarakan dari tanggal (24/06) hingga (26/06) ini, tim yang turun akan berupaya untuk memakmurkan masjid dengan melaksanakan beragam program, yakni Berbuka bersama, penyaluran Al-Qur’an, penyaluran alat sholat, penyaluran kornet Superqurban, penyaluran alat bantu posyandu dari CSF dan tausyiah.

Selain program-program tersebut tim relawan juga berupaya memberikan edukasi kepada warga tentang kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana karena perkampungan ini termasuk kampung rawan bencana.

“Perkampungan ini merupakan perkampungan yang terletak didaerah perbukitan, sehingga perlu adanya edukasi siaga bencana” Ungkap Dadan, koordinator Relawan RZ Bandung.

 

 

Newsroom/Dadan
Bandung

RZ BERIKAN BINGKISAN LEBARAN KELUARGA KEPADA GURU MADRASAH AL-JAUHAROTUNNAQIYYAH SAMBIRATA

RZ BERIKAN BINGKISAN LEBARAN KELUARGA KEPADA GURU MADRASAH AL-JAUHAROTUNNAQIYYAH SAMBIRATA

RZ BERIKAN BINGKISAN LEBARAN KELUARGA KEPADA GURU MADRASAH AL-JAUHAROTUNNAQIYYAH SAMBIRATACILEGON. Di bulan suci Ramadhan ini, RZ mengadakan beberapa kegiatan untuk berbagi dengan masyarakat yang membutuhkan. Salah satu diantara program tersebut ialah Bingkisan Lebaran keluarga (BLK). Dalam melaksanakan program ini, SD Juara Cilegon bekerja sama dengan RZ untuk memberikan paket BLK kepada guru-guru Madrasah Al-Jauharotunnaqiyyah Sambirata pada hari Senin (20/06).

Madrasah Al-Jauharotunnaqiyyah Sambirata merupakan salah satu mitra SD Juara Cilegon, yang telah bekerja sama dengan menyediakan atau meminjamkan gedungnya untuk digunakan SD Juara Cilegon.

“Madrasah Al-Jauharotunnaqiyyah Sambirata merupakan salah satu mitra RZ yang telah banyak membantu SD Juara Cilegon. Oleh karena itu, RA dan SD Juara Cilegon ingin memberikan apresiasi kepada guru-guru Madrasah Al-jauharotunnaqiyyah Sambirata.” ungkap Susanto, Kepala SD Juara Cilegon.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dan sambutan-sambutan. Kemudian diadakan musyawarah antara guru SD Juara Cilegon dengan guru Madrasah, untuk membicarakan program-program kerja sama selanjutnya. Setelah itu, pembagian paket lebaran pun diberikan secara satu per satu kepada guru Madrasah.

Terlihat, guru-guru madrasah tersebut sangat senang mendapatkan bingkisan, dan mereka pun mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada RZ dan SD Juara Cilegon.

“Alhamdulillah kami semua sangat senang bisa mendapatkan bingkisan ini, semoga tahun-tahun berikutnya kami masih bisa mendapatkan bingkisan seperti ini,” ungkap ustadz Iskandar, salah satu guru Madrasah Al-Jauharotunnaqiyyah Sambirata.

 

 

Sumber : http://www.sdjuaracilegon.com/2016/06/rz-berikan-bingkisan-lebaran-keluarga.html

SYIAR QURAN, AZRIL MAKIN SEMANGAT BELAJAR QURAN

SYIAR QURAN, AZRIL MAKIN SEMANGAT BELAJAR QURAN

SYIAR QURAN, AZRIL MAKIN SEMANGAT BELAJAR QURANBOGOR. Dalam program “Berbagi Senyum Ramadhan” RZ aktif menyalurkan berbagai produk paket Ramadhan yang diantaranya adalah Syiar Quran (SQ). Demikian halnya yang terjadi di kampung Lahan Cadangan di Bogor.

Azril (7) adalah salah satu penerima manfaat SQ di kampung Lahan Cadangan di Bogor. Azril ingin bisa mengaji, ia adalah satu anak yang tinggal di Kampung Lahan Cadangan, Bogor.

Kampung ini terletak di tengah-tengah kawasan wisata Puncak Bogor. Walaupun terletak di tengah-tengah lingkungan yang mewah, hidup mereka berada jauh dari kata mewah, bahkan kekurangan. Bagaimana tidak, fasilitas listrik pun di desa ini belum tersedia, terlebih lagi anak-anaknya pun tidak bersekolah dan tidak pernah belajar tentang agama. Mayoritas penduduknya disana berprofesi sebagai pemetik teh.

Azril sangat semangat untuk belajar Al Qur’an terlebih lagi saat mendapat Al Qur’an baru di bulan ramadhan kali ini.
“Kak kapan pulang? Jangan pulang atuh kak ajarin saya ngaji kayak dulu sebulan kakak disini.” ungkap Azril. Di waktu itu saya tak bisa berkata apalagi mendengarkan permintaan anak sepolos ini.

“Terima kasih RZ untuk Al Qur’an barunya, semoga nanti ada kakak yang mau mengajarkan mengaji di kampung saya.” Ungkap Azril.

 

 

Newsroom/Al Razi
Bogor

Menghilangkan-Kantung-Mata-Panda

TIPS MENGHILANGKAN MATA PANDA

Menghilangkan-Kantung-Mata-PandaLingkaran hitam mata atau biasa disebut mata panda adalah masalah besar sangat sulit untuk disembunyikan. Hal ini akan menjadi masalah dalam penampilan terutama wanita yang menginginkan kesempurnaan.

Mata panda terjadi ketika darah terkumpul di bawah mata akibat kurang tidur, faktor usia, genetik atau bahkan alergi. Situasi ini akan semakin memburuk ketika disertai adanya kantung mata.

Pada dasarnya mata panda tidak dapat disembuhkan total tetapi dapat dikurangi dengan melakukan pijat mata. Dilansir Boldsky, di bawah kedua mata, ada kelenjar getah bening kecil yang ketika diransang membantu dalam menyingkirkan racun di sekitar mata. Pijat ini memungkinkan lebih banyak oksigen ke daerah mata.

Kelenjar getah bening tadi akan aktif sehingga membantu mengurangi lingkaran hitam. Pijatan juga membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah dan produksi kolagen di sekitar mata, meremajakan kulit dan memperlancarnya.

Berikut ada lima langkah teknik pemijatan sederhana yang dapat membantu mengurangi mata panda. Lakukan teknik ini sekitar dua menit setiap hari.

1. Mulailah dengan memijat tulang rongga mata dengan ujung jari hingga mencapai batang hidung. Lakukan dengan mata tertutup. Pijat dengan menekan lembut di sekitar area tersebut dan mengulangi setidaknya 10 kali. Hal ini sangat membantu dalam relaksasi otot-otot mata dan hasil yang diinginkan.

2. Ada dua titik tekanan utama di sekitar mata. Pertama di antara alis yang membatasi batang hidung. Kemudian di bawah tulang alis tepat di atas lengkungan alis. Pijat dengan tekanan lembut pada titik pertama selama beberapa detik dan kemudian lakukan hal yang sama di titik kedua.

3. Dengan bantuan jari manis, tekan sudut kelopak mata, posisikan tekanan ke arah hidung. Tekan selama beberapa detik dan kemudian lepaskan perlahan. Ulangi langkah ini setidaknya lima kali. Hal ini akan membantu untuk merangsang kelenjar limfatik dan menghilangkan racun.

4. Pijatlah daerah bawah mata dengan tekanan lembut ke bawah dan mengangkat jari ke arah pelipis. Kemudian pijat lebih dalam pada titik akhir. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan cairan yang terjebak dan mengurangi perubahan warna serta kantung mata.

5. Dengan bantuan telunjuk dan jari tengah, lakukan tiga gerakan melingkar di kelopak mata. Pijatlah area tersebut dengan lembut. Hal ini dapat dilakukan untuk mengurangi lingkaran hitam karena berbagai faktor. Namun, yang perlu diingat, jika lingkaran hitam di sebabkan oleh alergi, maka memijat hanya memperburuk situasi. Jadi lebih baik untuk mengkonsultasikan kepada dokter untuk masalah ini.

 

 

Sumber: republika.co.id