RELAWAN RZ MANADO BERBAGI KENIKMATAN DI JUM'AT BERKAH

RELAWAN RZ MANADO BERBAGI KENIKMATAN DI JUM’AT BERKAH

RELAWAN RZ MANADO BERBAGI KENIKMATAN DI JUM'AT BERKAHMANADO. Aksi Jumat MeNaBung (Menebar Nasi Bungkus) Relawan RZ Manado kembali digelar hari Jumat (29/07) ini, di Sindulang 1, Kec Tuminting, Manado. Kali ini aksi tersebut membagikan sebanyak 50 nasi bungkus. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar.

Kegiatan yang dimulai pukul 05.30 pagi ini diikuti oleh 4 orang relawan. Aksi dimulai dengan menyusuri tepi sungai yang ada di sekitar rumah penduduk. Dari sejak shubuh sudah bisa kita dapati para pekerja jasa (taksi perahu) telah stand by disana.

Bapak-bapak ini mengantarkan para penumpang untuk menyeberang ke Pasar Bersehati. Pembagian juga di lakukan di rumah-rumah penduduk diperuntukan bagi penerima manfaat lain (janda atau lansia).

“Terima kasih, semoga donasi yang diberikan dapat menjadi pemberat amal kebaikan di akhirat bagi donatur juga yang yang menyampaikannya.” ungkap Lukmantoro selaku Koordinator Relawan RZ Manado.

 

Newsroom/Lukantoro
Manado

GO-JEK CERIAKAN ANAK DI BOGOR UTARA DENGAN BINGKISAN MENARIK BERSAMA RZ

GO-JEK CERIAKAN ANAK DI BOGOR UTARA DENGAN BERBAGI BINGKISAN MENARIK

GO-JEK CERIAKAN ANAK DI BOGOR UTARA DENGAN BINGKISAN MENARIK BERSAMA RZBOGOR. Kerja sama antara RZ dan Go-Jek telah membuahkan berbagai upaya mensejahterakan masyarakat. Salah satu diantaranya adalah penyaluran donasi perlengkapan sekolah juga kornet Superqurban kepada 21 anak SD hingga SMA RT 02/RW 01 Kawung Luwuk, kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara terima bantuan berupa Buku Pelajaran, Pakaian dan Kornet Superqurban.

“Bingkisan buku dan Pakaian yang kami berikan pada Senin (25/7) malam ini merupakan donasi dari Go Jek, selain itu kami juga menyalurkan 105 kaleng kornet kepada anak-anak” Jelas Cahyo, selaku koordinator Relawan RZ Bogor.

Pak Sumarno selaku ketua RT sangat berterima kasih atas bingkisan yang diberikan kepada anak-anak.
“Terima kasih banyak kepada RZ yang telah memberikan bingkisan ini dan tentunya kami juga mengucapkan ribuan terima kasih kepada pelangan Go Jek atas donasinya.” Ungkap pak Sumarno.

Anak-anak terlihat sangat gembira dengan diberikannya bingkisan tersebut.

 

Newsroom/Cahyo
Bogor

PRODUKTIFKAN LAHAN, RELAWAN INSPIRASI AJAK WARGA TANAM SAYURAN

PRODUKTIFKAN LAHAN, RELAWAN INSPIRASI AJAK WARGA TANAM SAYURAN

PRODUKTIFKAN LAHAN, RELAWAN INSPIRASI AJAK WARGA TANAM SAYURANWONOSOBO. Dalam rangka memberdayakan masyarakat sekitar Relawan Inspirasi RZ tidak pernah kehabisan akal untuk bergerak memberdayakan msayarakat. Demikian pula yang dilakukan oleh Relawan Inspirasi RZ di gang Mendho Mukti RT 6 RW 1 dusun Kacepit, desa Wulungsari, kec Selomerto, kab Wonosobo, Jawa tengah.

Pada Kamis (28/07) pukul 08.00 pagi Relawan Inspirasi mengajak warga gang Mendo Mukti untuk mengadakan bersih-bersih gang sekaligus penanam sayuran di pollybag.
Adapun penanaman sayuran di pollybag ini dilakukan dengan tujuan untuk memanfaatkan lahan pekarangan sekitar rumah yang kurang produktif.

Pelaksanaan kegiatan diawali dengan bersih-bersih halaman rumah, merapikan pekarangan yang kurang produktif, selanjutnya penanaman sayuran meliputi kangkung, kucai, loncang, dll di pollybag.

Warga gang Mendho Mukti merasa senang dan antusias dengan kegiatan ini karena halaman menjadi bersih dan indah dengan hiasan pollybag dengan sayuran, lahan kosong pun menjadi produktif, serta berharap sayuran yang ditanam dapat tumbuh subur dan bisa memanen.

“Kyane Wulan ngarep Ra perlu tuku sayur kie” ujar bu Umi, yang artinya ‘sepertinya bulan depan kita tidak perlu beli sayuran’.

“Saya sangat senang dengan kegiatan ini, dapat pollybag dan bibit sayuran gratis dari RZ, dan saya berharap semoga sayuran ini bisa tumbuh subur dan bisa memanennya nanti.” tambah Mbah Marto.

 

Newsroom/Wanda Yulianto
Wonosobo

SMP JUARA PEKANBARU AJAK SISWA BEREKSPRESI DI JUM’AT PAGI

SMP JUARA PEKANBARU AJAK SISWA BEREKSPRESI DI JUM’AT PAGI

SMP JUARA PEKANBARU AJAK SISWA BEREKSPRESI DI JUM’AT PAGIPEKANBARU. (29/07) SMP Juara Pekanbaru kembali melaksanakan kegiatan Jum’at Ekspresi (Muhadaroh). Setelah hampir satu bulan kegiatan tidak dilaksanakan karena libur Puasa dan Lebaran. Seperti sebelumnya, Jum’at Exspresi merupakan kegiatan pengembangan diri para siswa juara.

Kegiatan Jum’at Ekspresi kali ini dilaksanakan oleh kelas IX Istanbul. Banyak sekali kegiatan dalam rangka pengembangan diri siswa. Beberapa rangkaian kegiatan adalah Tahfidz Qur’an, Pidato, Asmaul Husna, Shalawat, penampilan nasyid/ kreasi siswa, Penyampaian Mahfudzot, Hafalan Bahasa Arab dan Inggris, dan kegiatan menarik lainnya.

Kegiatan Jum’at Ekspresi ini diperuntukkan untuk semua siswa mulai kelas 7, 8 dan 9. Siswa akan dikelompokkan sebanyak 12 orang, dan akan dilakukan secara bergantian kelompoknya sampai semua siswa akan mendapatkan giliran yang sama.

Menurut penanggung jawab Jum’at Ekspresi, pak Muhammad Faisal mengatakan bahwa kegiatan ini sangat antusias diikuti oleh semua siswa, dan kegiatan ini sangat membantu mereka untuk mengembangkan bakatnya. “Siswa akan menjadi lebih kreatif dan mereka dituntut untuk bisa melakukan sesuatu yang belum pernah mereka lakukan.” ungkap Faisal.

“Alhamdulillah terima kasih kepada donatur yang sudah memfasilitasi kegiatan pada hari ini, semoga rezekinya semakin berlimpah dan penuh berkah, anak-anak sangat senang dengan kegiatan Jum’at Ekspresi ini,” kata Syahrul Padilah, Kepala SMP Juara Pekanbaru

Kegiatan ini akan terus dilaksanakan, dan semoga menjadi pemicu siswa untuk lebih berani dan siap mengembangkan dirinya.

 

 

Sumber: http://www.repelita.com/smp-juara-pekanbaru-ajak-siswa-berekspresi-di-jumat-pagi/

RELAWAN RZ CILEGON GELAR BAKSOS UNTUK KORBAN BANJIR BANDANG PANDEGLANG

RELAWAN RZ CILEGON GELAR BAKSOS UNTUK KORBAN BANJIR BANDANG PANDEGLANG

RELAWAN RZ CILEGON GELAR BAKSOS UNTUK KORBAN BANJIR BANDANG PANDEGLANGPANDEGLANG. Pada Rabu (27/07) tim Relawan RZ Cilegon melanjutkan aksi bakti sosial dan pengobatan gratis melalui Aksi Siaga Sehat di daerah Kecapi, desa Carita, kecamatan Banjarmasin, Pandeglang yang terkena bencana banjir bandang setinggi hampir 2 meter.

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar, masyarakat pun menyambutnya dengan sangat antusias. Tim Relawan RZ Cilegon disambut hangat dan suka cita saat berkunjung ke lokasi bencana. Adapun aksi dilakukan ialah memberikan pengobatan gratis, membagikan kornet Superqurban, dan sembako.

“Terima kasih kepada RZ Cilegon sudah mau bersilaturahim di tempat kami untuk memberikan bantuan pengobatan gratis dan sembako.” Tutur pak Udin, ketua RT Kecapi.

“Kami dari RZ Cilegon beserta relawan mengucapkan terima kasih kepada donatur yang sudah mendonasikan sebagian hartanya untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah bencana alam. Semoga dicatat di yaumul hisab. Amin.” ungkap Fauzul Umam, kordinator relawan RZ Cilegon.

Setelah selesai melakukan aksi pengobatan gratis dan berbagi kornet Superqurban di link. Kecapi Carita Pandeglang banten kita berlanjut memberikan bantuan lagi di wilayah Mancak yang terkena musibah bencana alam longsor tepatnya di Cikedung kab. Serang, Banten. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Newsroom/Fauzul Umam
Pandeglang

berkeringat-ilustrasi-_121212123953-341

INI YANG TERJADI KETIKA ADRENALIN MENINGKAT

berkeringat-ilustrasi-_121212123953-341Banyak hal yang dapat meningkatkan adrenalin dalam diri seseorang. Rasa takut, marah atau perasaan tertekan lainnya dapat memicu timbulnya hormon tersebut. Lalu, pernahkan berfikir tentang apa yang terjadi pada diri sendiri ketika adrenalin sedang terpicu? Dilansir Boldsky, berikut beberapa hal yang terjadi dalam diri akibat situasi tersebut.

Saat adrenalin meningkat, seseorang akan memiliki kekuatan yang meningkat. Kekuatan pada diri akan meningkat ketika seseorang sedang terburu-buru. Mereka cenderung akan memilih untuk berjalan lebih cepat dan melakukan gerakan yang lebih cepat.

Selain itu, tingkat indera juga menjadi semakin tajam. Ketika adrenalin meningkat, tindakan refleks seseorang akan menjadi lebih cepat. Selain itu, sistem indra akan lebih tajam untuk membantu mencapai tujuan tertentu.

Selanjutnya, tubuh akan akan mengalamai hal yang membuat tidak ada sensitivitas. Ketika adrenalin meningkat, seseorang cenderung tidak akan menyadari rasa sakit dengan segera. Namun ketika adrenalin mulai menurun, mereka akan kembali merasakan sakit.

Adrenalin yang meningkat juga membuat pernapasan yang lebih cepat. Seseorang yang sedang tertekan cenderung akan bernafas dan detak jantung yang lebih cepat. Mereka mungkin akan mengalami keringat yang berlebihan.

Sistem pencernaan yang tidak baik juga akan terjadi ketika adrenalin seseorang meningkat. Ketika orang sedang terburu-buru misalnya, sistem pencernaan tidak akan bekerja dengan baik. Hal ini memengaruhi kinerja darah ke otak, jantung dan paru-paru.

Sumber: republika.co.id

kertas-kehidupan-ilustrasi-_160727181853-636

SELEMBAR KERTAS

kertas-kehidupan-ilustrasi-_160727181853-636Oleh: Inayatullah Hasyim

Ketika tamat sekolah dasar (SD), kita mendapat ijazah; selembar kertas. Begitu pun saat tamat SMP, SMA, dan universitas, juga mendapat selembar kertas. Saat kita punya rumah, bukti kepemilikannya kertas. Memiliki motor, mobil, tanah, deposito, saham, semuanya hanya kertas.

Bahkan, saat selesai ijab kabul, punya istri (atau suami) buktinya juga kertas. Untuk semua kertas-kertas itu, orang bekerja siang dan malam, sampai-sampai melupakan selembar kertas paling penting dalam perjalanan hidupnya, yaitu surat kematian.

Itulah kertas paling berharga bagi anak manusia, sebab saat ia diterbitkan, sang pemilik kertas tak lagi bisa melihatnya. Saat itu, manusia telah kembali kepada Allah SWT, dan bertanggung jawab atas semua lembaran “kertas kehidupannya”. Dunia yang dikejarnya dengan segala kesungguhan, berakhir sudah.

Allah SWT berfirman, “Dan segala sesuatu yang telah mereka perbuat tercatat dalam buku-buku catatan (yang ada di tangan Malaikat). Dan segala (urusan) yang kecil maupun yang besar adalah tertulis.” (QS al-Qomar: 52-53)

Kertas kehidupan manusia akan mulai dibuka oleh Allah SWT, dan umat ini menjadi yang pertama dihisab. Dalam hadis yang diriwayatkan Abdullah bin Abbas (RA), Rasulullah SAW bersabda, “Kita adalah umat terakhir (di dunia), tapi yang pertama dihisab (di akhirat).” Seorang sahabat bertanya, “Di manakah umat-umat yang lainnya dan nabi mereka?” Rasulullah SAW menjawab, “Kita adalah yang terakhir dan yang pertama.” (HR Ibn Majah)

Lalu, apa hikmah dicatatnya amal perbuatan manusia? Bukankah Allah SWT Maha Mengetahui segala hal, bahkan yang terbetik di hati seorang hamba sekalipun? Salah satu hikmahnya adalah membuktikan keadilan Allah SWT. Karena di hari kiamat kelak, manusia akan diminta untuk membaca catatan amalnya sendiri, menghisab dirinya, dan mengakui segala dosanya. “Bacalah kitabmu, cukuplah dirimu sendiri pada waktu ini sebagai penghisab terhadapmu.” (QS al-Isra’: 13-14).

Mula-mula orang-orang kafir Makkah tidak percaya dengan hari kebangkitan, sebab setelah kematian manusia akan hancur dimamah bumi. Tetapi, Allah SWT menegaskan, “Apakah manusia mengira, bahwa kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang belulangnya? Bukan demikian, sebenarnya Kami kuasa menyusun (kembali) jari jemarinya dengan sempurna.” (QS al-Qiyamah: 3-4).

Pada ayat itu, Allah SWT menyebutkan secara khusus (ujung) jari jemari manusia. Mengapa demikian? Sebab, ujung jari jemari manusia tak ada yang sama. Sejak Profesor Jan Evangelista Purkyne (1787–1869), seorang ahli anatomi dari Universitas Breslau, Republik Ceska, menemukan formula sembilan sidik jari, para ahli forensik meyakini bahwa potensi kesamaan sidik jari manusia hanyalah satu dari dua miliar orang. Artinya, pada setiap manusia, sidik jarinya berbeda, dan Allah Maha Mampu mengembalikannya.

Seorang yang beriman akan menanti laporan kertas kehidupannya dengan dada yang berdebar bahagia. “Adapun orang yang diberikan kitabnya dari sebelah kanannya, maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah, dan dia akan kembali kepada kaumnya dengan gembira.” (QS al-Insyiqaaq: 7-9).

Karena itulah, Rasulullah SAW sering berdoa, “Allahuma hasibni hisaban yasiira” (Ya, Allah hisablah aku dengan hisab yang mudah). Demi mendengar doa Nabi itu, Aisyah bertanya, “Apa maksudnya hisaban yasiira?” Rasulullah SAW menjawab, “Dia tidak dihisab (dengan detail), tetapi sebatas dipamerkan. Adapun yang dihisab (dengan detail) dan dipertanyakan (ini itu), maka akan diazab.”

Karena itulah, betapa rugi orang-orang yang menjadikan dunia adalah tujuan hidupnya. Ali bin Abi Thalib berkata, “Setiap kenikmatan selain surga hanyalah tipuan, dan setiap musibah selain neraka hanyalah peringatan.” Semoga kita termasuk orang-orang yang berbahagia saat mendapatkan kertas kehidupan kita kelak. Wallahu a’lam bisshawab.

Sumber: republika.com

RZ DAN 11 LEMBAGA LAIN IKUT SERTA DALAM HALAL BI HALAL AKBAR 1437 H

RZ IKUT SERTA DALAM HALAL BI HALAL AKBAR LEMBAGA ZAKAT 1437 H

RZ DAN 11 LEMBAGA LAIN IKUT SERTA DALAM HALAL BI HALAL AKBAR 1437 HJAKARTA. Forum Organisasi Zakat (FOZ) bersama 11 lembaga menyelenggarakan acara halal bi halal akbar 1437 H di Balai Sudirman, pada Rabu (27/07).
“Berasama 12 lembaga yang ada yaitu RZ, Dompet Dhuafa, Majelis Ulama Indonesla (MUI), Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Forum Saling Sapa, BAZNAS, PPPA, ESQ 165.

MES, Ini adalah acara kedua setelah tahun lalu. Tujuannya dalam rangka meningkatkan kebersamaan, sinergi dan keterkaitan untuk meningkatkan kerja sama di waktu depan,” tutur Ahmad Juwaini selaku Ketua Panitia Halal bi Halal Akbar 1437 H dalam konperensi persnya.

Hal senanda juga di sampaikan Ketua Dewan Penasehat Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) dalam paparannya di jumpa pers tersebut juga menyampaikan bahwa sinergi umat itulah yang menjadi pondasi umat muslim saat ini.

Mantan Ketua BAZNAS, Didin Hafidudin menambahkan bahwa acara ini merupakan ajang silaturahim yang sifatnya kontinyu yang tujuannya tidak hanya mempekuat pondasi tapi juga mempertahankan tradisi.

“Kita ingin mentradisikan ini, sehingga pertemuan silaturahim jadi kebutuhan kita. Sifatnya niscaya untuk dilakukan kontinyu. Bulan Syawal jadi momentum untuk kumpul dan membangun kemandirian seperti tema acara ini,” tambah Didin yang saat ini menjadi funder Salingsapa.com.

Beberapa tokoh dan cendekiawan juga menghadiri acara Syawalan tersebut seperti mantan Presiden BJ Habibie, Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie, mantan Ketua MPR RI Amien Rais dan mantan Ketua DPR RI Akbar Tandjung.

Newsroom/Hartini
Jakarta

RZ KEMBALI SALURKAN BANTUAN UNTUK MASJID DI YOGYAKARTA

RZ KEMBALI SALURKAN BANTUAN UNTUK MASJID DI YOGYAKARTA

RZ KEMBALI SALURKAN BANTUAN UNTUK MASJID DI YOGYAKARTAYOGYAKARTA. RZ Cabang Yogyakarta kembali salurkan donasi dari salah satu donaturnya untuk bantuan renovasi Masjid Al Hidayah Kalibawang, Kulunprogo. Bantuan tersebut disalurkan pada Rabu (27/07) di Kantor RZ Cabang Yogyakarta.

Dalam kesempatan terebut turut hadir perwakilan tokoh Masyarakat, bapak Kirdi. Masjid Al Hidayah merupakan masjid pertama dan satu-satunya di dusun tersebut. Masjid ini didirikan pada tahun 1975, karena cukup tua, maka masyarakat berencana untuk merenovasinya.

“Alhamdulillah, semoga bantuan ini bisa memberikan keberkahan bagi semua. Baik yang menerima maupun yang memberi dan semoga RZ maskin maju. Terima kasih Bapak/Ibu Donatur” tutur Pak Kirdi.

Newsroom/Wahyudin
Yogyakarta

KEBUN GIZI BINAAN MOSEH PERUSAHAAN GAS NEGARA DIKUNJUNGI TOKOH MASYARAKAT

KEBUN GIZI BINAAN MOSEH PERUSAHAAN GAS NEGARA DIKUNJUNGI TOKOH MASYARAKAT

KEBUN GIZI BINAAN MOSEH PERUSAHAAN GAS NEGARA DIKUNJUNGI TOKOH MASYARAKATTANGERANG. Kebun Gizi Desa binaan Moseh Perusahaan Gas Negara (PGN) binaan RZ Tangerang terbutki memiliki daya tarik tersendiri bagi berbagai pihak. Bagaimana tidak, Kebun Gizi ini dibilang cukup berhasil untuk mengkampanyekan hidup sehat dengan gizi seimbang bagi masyarakat, khususnya di daerah desa binaan. Adapun KEbun Gizi ini berada di RT 04 RW 03, Kel Babakan Cikokol, Kec Tangerang, Kota Tangerang.

Berbagai pihak strategis pun kian tertarik untuk mengunjungi Kebun Gizi ini dalam rangka memberikan support. Diantaranya adalah Lurah Babakan Tangerang, bapak H. Abu Sofian, SE, MSi juga Bapak Maman dari Dinas Pertanian Selaku Pendamping Desa. Tidak sampai disitu saja, daya tarik Kebun Gizi ini pun berhasil menarik Ibu Camat Tangerang, Ibu Deasy dan juga Ibu Sekretaris Camat yaitu Ibu Anggito untuk turut berkunjung memberikan supportnya Pada Selasa (26/07) lalu.

Bagi Kebun Gizi Desa binaan Moseh Perusahaan Gas Negara (PGN) merupakan suatu kebanggaan dan support yang sangat berharga jika pihak-pihak strategis berkenan untuk berkunjung memberikan supportnya. Ibu-ibu para penerima manfaat program Kebun Gizi di RT 04 RW 03, kel Babakan Tangerang pun terlihat sangat gembira dan antusias atas kunjungan mereka.

Acara dimulai pukul 13.30 hingga 15.00 WIB. DAlam kesempatan tersebut hadir 6 orang penerima manfaat. Setelah selesai Acara Ibu Camat dan Ibu Sekcam tidak menyia-nyiakan waktu untuk membeli tanaman Sawi pagoda yang ditanam secara hidroponik tersebut untuk oleh-oleh di bawa pulang. Sisa tanaman Hidroponik akan di pamerkan untuk bazzar di Festival Cisadane yang akan di selengarakan pada tanggal 30 juli 2016,

“Waaah.. Bu Camat dan Bu Sekcam.. seneng bangga banget sama kegiatan kita pak.” tutur Bu Rinny dan Bu Nia Salah satu anggota Kebun gizi Desa binaan Moseh PGN & RZ Tangerang. “Beliau juga tidak menyangka bahwa di tempat kita ada kebun yang awalnya tempat pembuangan sampah warga bisa di kelola dan di manfaatkan sehingga menghasilkan sayuran yang bagus.” sambungnya.

Dikarenakan lingkungan masyarakat disini masih membuang sampah sembarangan dan masih awam dengan cara bercocok tanam hidroponik serta masih belum banyak yang kurang peduli akan lingkungan yang masih bisa dimanfaatkan, harapannya Kebun Gizi ini bisa menjadi motivasi warga sekitar bahwa lahan yang kita anggap tidak layak bahkan bisa menjadi sesuatu yang mendatangkan kegiatan yang positif dan bisa menghasilkan sesuatu asalkan kita memiliki tekad dan kemauan untuk memulainya.

Newsroom/Cecep
Tangerang