10 TANDA DEHIDRASI

Tubuh kita akan sangat terpengaruh jika kehilangan air sedikit saja. Sayangnya, belum ada alat pengukur yang pasti untuk menunjukkan bahwa kita kekurangan cairan alias dehidrasi. Tanda yang paling sering digembar-gemborkan yang menunjukkan kita mengalami dehidrasi adalah urin akan berwarna kuning atau kuning gelap. Berikut ini beberapa tanda saat tubuh mengalami dehidrasi:

1. Haus
Haus adalah tanda dehidrasi yang paling ringan.

2. Pusing
Saat tubuh kita mengalami dehidrasi, reaksi kimia akan terjadi pada tubuh yang memicu reaksi pada otak seperti sakit kepala alias pusing. Saat volume air dalam tubuh menurun yang membuat volume darah dan oksigen ke otak menurun juga, pembuluh darah bisa makin melebar dan membuat kepala serasa mau pecah. Tanda pusing yang menunjukkan dehidrasi adalah saat kita mencoba berdiri dengan cepat, tiba-tiba kepala terasa ringan dan sakit.

3. Warna urin berubah
Tanda yang sangat jelas menunjukkan bahwa kita mengalami dehidrasi adalah urin yang berubah lebih kuning alias kuning gelap. Nggak cuma warna urin yang berubah, dehidrasi juga menyebabkan urin yang dihasilkan sedikit dan frekuensi buang air kecil menurun.

4. Kulit kering
Saat tubuh kekurangan cairan, tubuh juga akan kekurangan volume darah yang membuat kulit menjadi lebih kering bahkan kemerahan.

5. Lebih cepat lapar
Tanda dehidrasi yang lain adalah meskipun kita sudah merasa cukup makan, tetapi kita terus merasa lapar dan pengen ngemil terutama makanan yang segar seperti buah-buahan atau sesuatu yang manis karena organ hati tidak mendapat suplai air untuk menghasilkan glikogen (gula otot) atau zat lain yang menyimpan cadangan energi.

6. Merasa lelah dan selalu ingin tidur
Saat tubuh kita terasa sangat lelah dan pengennya cuma tidur doang, itu mungkin tanda bahwa kita harus minum lebih banyak. Karena volume cairan dalam tubuh yang sedikit membuat volume darah dan oksigen ke otot dan sistem saraf menurun yang membuat kita cepat merasa lelah dan loyo, serta akan sering mengalami kram.

7. Badan terasa panas
Tubuh membutuhkan cairan untuk mengatur suhu tubuh. Saat kita merasa kepanasan, tubuh akan mengatur suhu tubuh supaya lebih adem dengan cara mengeluarkan keringat.

8. Mulut terasa kering
Mulut terasa kering dan bengkak adalah tanda dehidrasi. Itu terjadi karena mulut adalah organ dalam lingkungan lembap

9. Bau mulut
Air ludah mengandung zat antibakteri. Saat kita mengalami dehidrasi, tubuh tidak bisa menghasilkan air ludah yang cukup, sehingga bakteri akan mudah dan cepat tumbuh di dalam mulut. Efeknya bisa terjadi bau mulut.

10. Sembelit atau konstipasi
Saat makanan masuk ke dalam usus besar, air yang terkandung pada makanan akan membentuk feses yang bagus sehingga saat keluar pun juga lancar. Sebaliknya, saat dehidrasi, air pada makanan akan ditransfer oleh usus besar ke bagian tubuh lain yang membutuhkan, sehingga feses sulit dikeluarkan dari tubuh kita.

Sumber: annida-online.com

Tags :
Konfirmasi Donasi