100 PEMUDA IKUT BERBAGI DI BULAN RAMADHAN

RZ LDKO CilegonBANDUNG. Ada yang berbeda dalam Pekan Berbagi Senyum di bulan Juni ini. Bertepatan dengan Ramadhan kegiatan pekan berbagi kali ini disesuaikan dengan tema Berbagi Senyum Ramadhan RZ. Para peserta diajak untuk mengikuti kegiatan penyaluran Program Senyum Ramadhan yang meliputi Kado Lebaran Yatim (KLY), Berbagi Buka Puasa (BBP), Berkah Lebaran Keluarga (BLK) dan Syiar Quran (SQ) di 33 kota di Indonesia.

Selain ikut serta dalam kegiatan penyaluran, para peserta juga dapat berbagi ilmu sesuai keahlian dengan penerima manfaat sebelum penyaluran. “Dalam Pekan Berbagi Senyum kali ini para peserta diberikan pilihan, menjadi relawan penyaluran saja atau berbagi ilmu juga dengan warga sebelum penyaluran paket Ramadhan RZ,” tutur Yadi, koordinator Pekan Berbagi Senyum RZ.

Lebih dari 100 peserta dari berbagai daerah ikut berbagi dalam program ini. “Di awal Ramadhan saja sudah ada 50 orang yang mau berbagi ilmu dengan warga di wilayah Intregreted Community Development (ICD) RZ,” ungkap Yadi.

Jumlah peserta pekan berbagi setiap bulannya terus bertambah, terlebih memasuki bulan Ramadhan ini. “Karena ini bulan pelipat gandaan amalan, jadi orang berbondong-bondong untuk berbagi,” tambah Yadi.Walaupun bertepatan dengan bulan Ramadhan tetapi materi yang disampaikan oleh para peserta sangat beragam, dari mulai pendidikan agama, motivasi, ilmu lingkungan, pendidikan, hingga kesehatan.

Adalah Andi Lukman Affandi salah satu peserta dari Cimahi yang mengikuti kegiatan pekan berbagi dengan memberikan materi tentang tilawah al qurankepada anak-anak binaan RZ. Dalam pemaparannya ia juga mengajak anak-anak untuk rajin membaca Al Qur’an dan memperbaiki bacaannya. “Di Ramadhan ini semua amalan pahalanya jadi dua kali lipat, membaca satu huruf Al Qur’an saja pahalanya bisa puluhan kali, jadi sebaiknya jangan disia-siakan,” terangnya pada anak-anak asuh RZ.

Hal menarik lainnya disampaikan oleh Ria Resti Dewanti, perempuan kelahiran Pasuruan ini menyampaikan materi mengenai kepedulian masyarakat terhadap keamanan perjalanan transportasi kereta api. “Materi yang disampaikan sangat pas, sudah menjadi budaya di Indonesia, bahwa lebaran identik dengan mudik. Banyak masyarakat yang belum sadar akan keamanan transportasi saat mudik,” ungkap Dadan, Branch Manager RZ Bandung.

Bulan Ramadhan tentunya menjadi bulan yang paling dinanti oleh semua umat muslim, tak terkecuali bagi peserta pekan berbagi dari Jakarta, Ali Ridho. Baginya Pekan Berbagi Senyum adalah kegiatan yang selalu dinantikan. Hampir setiap bulan ia mendaftarkan diri untuk mengisi materi dalam kegiatan ini.

“Pekan Berbagi Senyum Ramadhan merupakan kali ke 4 yang saya ikuti. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak dan warga binaan RZ, terutama bagi saya sendiri. Saya berharap kegiatan semacam ini bisa merambah keranah yang lebih luas,” tuturnya.***

Sumber : RZ Magz Edisi Juli 2015

Tags :
Konfirmasi Donasi