EMPAT CARA CEGAH ANAK NGOMPOL

sebelum-tidur-hindari-memberi-anak-minuman-soda-dan-bergula-_140903091621-218Mengompol sering kali menjadi masalah bagi anak usia 4-5 tahun. Tak ayal, mengompol menyebabkan kondisi anak menjadi mudah merasa cemas, kurang percaya diri, dan malu.

Emma Kenny, psikolog anak, mengatakan anak laki-laki lebih rentan mengompol dari anak perempuan. Hal ini dikarenakan, anak perempuan cenderung bisa mengontrol kantung kemihnya lebih baik dari anak laki-laki.

Jika tak ditindaklanjuti dengan baik, mengompol bisa menjadi kebiasaan yang berlanjut sampai anak tumbuh dewasa. Tips berikut ini bisa mencegah anak mengompol:

1. Berikan cerita sebelum tidur

Membacakan cerita, bernyanyi sebelum tidur, bisa membantu anak lebih rileks dan nyaman. Anda bisa menggunakan waktu ini untuk banyak berdialog dengan anak tentang hal-hal yang mereka khawatirkan. Menurut penelitian, nasihat yang ditanamkan sebelum tidur, akan memberi sugesti anak untuk melaksanakan nasihat tersebut.

2. Tambahkan lampu tidur

Kebanyakan anak-anak takut akan gelap. Karena itu, Anda bisa menambahkan lampu tidur yang menambah pencahayaan. Ini membantu anak tidak takut jika mereka terbangun, dan ingin buang kecil.

3. Hindari minuman bergula dan soda

Meski penting menjaga asupan cairan yang dikonsumsi anak, akan lebih baik orangtua menjaga anak dari konsumsi minuman bergula dan soda. Kafein dan gula yang terkandung dalam soda, bisa meningkatkan produksi urin.

4. Mengenakan pakaian penyerap air

Lengkapi anak dengan pakaian yang menyerap air. Anda juga bisa menggunakan popok, sebagai antisipasi agar tempat tidur anak tetap kering.

Empat tips tersebut mencegah anak dari kebiasaan mengompol. Namun, yang perlu diperhatikan adalah menunjukan perhatian orangtua terhadap kebiasaan mereka, dan mengajak mereka bersama-sama menghindari mengompol. Sehingga, perhatian ini bisa meningkatkan kepercayaan diri mereka dan tidur dengan tenang.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi