4 TANAMAN HERBAL PEREDA NYERI HAID

Setiap bulan kaum hawa selalu didatangi tamu spesial, haid atau menstruasi. Kondisi ini seringkali membawa perubahan kompleks dalam tubuh dan menjadi pengalaman tidak menyenangkan.

Mengutip Woman Talk, Jumat (6/12), dr. Prapti Utami, M.Si, mengatakan salah satu solusi mengatasi rasa nyeri haid dengan mengonsumsi berbagai tanaman herbal.

Tanaman herbal yang dimaksud diracik menjadi berbagai minuman jamu. Apa saja tanaman herbal yang ampuh mengatasi nyeri haid?

Kunyit

Kunyit merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat. Tanaman herbal ini berfungsi sebagai obat mujarab untuk nyeri haid.

Kunyit mengandung zat curcuminoid yang mengandung vitamin B1 yang lengkap, dan berfungsi untuk mendukung pembentukan sel darah merah.

Itulah yang menyebabkan kunyit sangat manjur mengganti kekurangan darah yang dialami perempuan saat haid.

Asam Jawa

Asam Jawa diketahui sebagai tanaman yang dapat menghilangkan rasa mual. Selain itu, kandungan asam amino dan flavonoid di dalamnya berfungsi sebagai pereda nyeri.

Daun Jambu Biji

Daun ini sering dipakai sebagai ramuan anti diare dan untuk mempercepat penyembuhan luka, serta pereda nyeri. Daun jambu biji juga manjur untuk mengurangi rasa nyeri perut ketika haid.

Daun Tapak Liman

Daun tapak liman bisa Anda lihat di lapangan terbuka. Bentuknya yang biasa saja akan membuat Anda menganggap tanaman ini sebagai tanaman liar.

Tanaman ini bisa mengurangi nyeri, dan juga digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi rematik, demam, dan batu ginjal.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi