JENIS LEMAK YANG BAIK BAGI TUBUH

kacang-kedelai-_130719140008-601Bagaimana dengan tipe lemak yang baik bagi tubuh, adakah?

Menurut pakar nutrisi Indonesia, Emilia Achmadi, lemak tak jenuh baik untuk tubuh. Lemak tipe ini mengandung omega 3 dan 6.

Lemak tak jenuh atau unsurated fat merupakan lemak yang baik untuk tubuh. Lemak ini memiliki manfaat memperkecil risiko serangan jantung, menaikkan antibodi tubuh, dan membantu menurunkan kolesterol.

Lemak tak jenuh mengandung lemak omega 3 dan lemak omega 6 yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kedua lemak ini banyak dikenal sebagai lemak esensial.

Lemak esensial memiliki peranan penting dalam tumbuh kembang anak. Lemak ini namun tidak diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus didapatkan dari asupan makanan.

Emilia menjelaskan omega 3 ditemukan dalam daging ikan. Ikan yang berada di perairan dalam memiliki kadar omega 3 yang tinggi, seperti salmon, tuna, dan sarden. “Lemak ikan lebih rendah dibandingkan dari hewan yang lainnya,” jelas Emilia, beberapa waktu lalu dalam acara Jakarta Food Editors Club yang digagas Unilever.

Selain pada ikan, omega 3 juga ada pada kenari, kacang kedelai, kanola, dan semua minyak nabati. Sedangkan omega 6 ditemukan pada makanan nabati seperti biji bunga matahari, almond, dan jagung. Asam lemak tak jenuh ini memiliki peran yang sangat baik terhadap kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi