RZ KAMPANYEKAN “STOP TUBERCOLOSIS LINDUNGI REMAJA DARI ROKOK”

RZ LDKO CilegonBANDUNG. (24/03). RZ bersama Cita Sehat Foundation mengkampanyekan “STOP Tubercolosis Lindungi Remaja dari Rokok”. Sumber penularan TB Paru adalah penderita TB BTA positif jenis bakteri Mycobacterium Tuberculosisyang pertama kali ditemukan oleh seseorang yang bernama Robert Koch pada tanggal 24 Maret 1882.

Pada waktu batuk atau bersin, penderita menyebarkan kuman ke udara dalam bentuk droplet (percikan dahak). Orang dapat terinfeksi kalau droplet tersebut terhirup ke dalam saluran pernafasan kemudian menyebar dari paru ke bagian tubuh lainnya melalui sistem peredaran darah, sistem saluran limfe, saluran nafas atau penyebaran langsung ke bagian tubuh lain. Pada tahun 2009 berdasarkan WHO Global Tuberculosis Control 2010, mencatat peringkat Indonesia berada di posisi lima dengan jumlah penderita TBC sebesar 429 ribu orang.

Dalam rangka hari TB sedunia, RZ bersama CSF melakukan kampanye kepada lebih dari 1000 siswa SMP di SMPN 45 Bandung mengenai TBC dan Merokok. Dr. Stanton Glantz, direktur pusat pendidikan dan penelitian pengendalian penggunaan tembakau Universitas California USA “Merokok tidak menyebabkan TB karena TB disebabkan Mycobacterium Tuberculosis. Tetapi merokok mengurangi kekebalan tubuh dan membuat orang terkena infeksi paru-paru akut bisa terkena bakteri TB dan mungkin meninggal.”

Ibu Popon selaku wakil kepala sekolah bagian kesiswaan “kami berterimakasih kepada RZ dan CSF, telah mengenalkan TBC kepada remaja sekaligus mengingatkan remaja agar tidak merokok dalam bentuk penyuluhan kesehatan dan pembagian stiker, kami harapkan lebih banyak lagi kegiatan dari semacam ini untuk remaja.***

Newsroom/Cita Sehat Foundation
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi