5 MAKANAN ALAMI DENGAN MAGNESIUM TINGGI

Magnesium memainkan peran penting pada lebih dari 300 proses fisiologis di dalam tubuh. Magnesium juga diketahui dapat menurunkan stres dan kecemasan secara alami.

Mengingat pentingnya magneisum bagi kesehatan tubuh, asupan magnesium perlu diperhatikan dengan seksama. Laki-laki dewasa rata-rata membutuhkan asupan magnesium sebanyak 400 miligram per hari, sedangkan perempuan dewasa rata-rata membutuhkan 310 miligram magnesium per hari.

Kekurangan asupan magnesium dapat menyebabkan timbulnya beberapa gejala seperti penurunan nafsu makan, mual, serta lelah. Akan tetapi ada beberapa kondisi medis yang membuat seseorang berisiko mengalami kekurangan magneisum tanpa menunjukkan gejala kekurangan mineral tersebut. Beberapa kondisi medis tersebut adalah penyakit Crohn dan diabetes tipe 2.

Asupan makan yang baik dapat membantu memenuhi kebutuhan magnesium per hari. Reader’s Digest mengungkapkan setidaknya ada lima makanan yang secara alami memiliki kandungan magneisum yang tinggi. Berikut ini adalah kelima makanan tersebut.

Bayam

Bayam bukan hanya kaya akan kandungan zat besi. Sayuran berdaun hijau ini juga mengandung magnesium yang tingi. Dua cangkir bayam masak mengandung 156 miligram magnesium.

Ada banyak cara untuk mengonsumsi bayam yang lezat. Selain diolah menjadi sayur bening, bayam juga dapat dibuat sebagai campuran dalam pasta atau campuran bola-bola daging.

Kacang

Kacang tak hanya menjadi sumber protein, serat, dan lemak sehat yang baik tetapi juga sumber magneisum. Satu ons kacang almond contohnya, mengandung 80 miligram magnesium. Namun jangan mengonsumsi kacang secara berlebihan karena kacang memiliki kalori yang tinggi.

Biji Labu

Biji labu juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik. Biji labu atau disebut juga sebagai pepita, diketahui kaya akan magnesium. Seperempat cangkir biji labu diketahui mengandung 74 miligram magneisum.

Selain magneisum, biji labu juga kaya akan serat, khususnya di bagian cangkang bijinya. Biji labu bisa dikonsumsi sebagai camilan maupun sebagai tambahan pada sop dan salad.

Alpukat

Alpukat mungkin terkenal dengan kandungan lemak sehatnya. Akan tetapi, alpukat juga kaya akan vitamin dan mineral, termasuk magnesium. Satu buah alpukat rata-rata mengandung 200 miligram magnesium.

Studi dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) mengungkapkan bahwa konsumsi alpukat berkaitan dengan pola makan yang lebih baik, asupan nutrisi esensial yang lebih baik, dan berat badan yang lebih rendah.

Cokelat Hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate tak hanya dapat menjadi camilan yang lezat dan menyenangkan, tetapi juga menyehatkan. Bubuk kakao mengandung sekitar 27 miligram magnesium per satu sendok makan.

Sedangkan satu ons cokelat hitam batangan dapat mengandung sekitar 40-64 miligram magnesium. Semakin tinggi persentase kakao pada cokelat hitam batangan, semakin banyak magnesium yang bisa didapatkan.

sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi