600 PAKET SUPERQURBAN TEMANI LAYANAN KESEHATAN RZ DI DESA NUNUKANRZ ORGANIZES SUPERQURBAN EXPEDITION AT SOME REMOTE AREAS IN CIREBON

RZ LDKO CilegonCIREBON. Pada hari Sabtu (19/09) lalu, RZ Cirebon melakukan kegiatan Ekspedisi Superqurban 2015, sebuah kegiatan yang bertujuan menyalurkan kornet hasil olahan hewan Qurban ke daerah-daerah yang membutuhkan.

Selama tahun 2015 ini, kegiatan semacam ini telah berhasil dilaksanakan oleh RZ Cirebon dengan mengunjungi Kampung Sesepan Kabupaten Cirebon pada bulan Juli lalu. Pada bulan ini pun, RZ kembali menggelar kegiatan serupa dengan lokasi yang berbeda yakni di daerah Blok Kadut Desa Nunukan Baru Keacamatan Maja Kabupaten Majalengka.

Dusun yang dihuni oleh 200 lebih kepala keluarga ini mendapatkan kesempatan program pendistribusian kornet Superqurban ini dikarenakan letak geografis wilayah tersebut yang tidak selalu dapat mengakses pasar ataupun daging yang notabene makanan dengan gizi yang memadai.

Tim RZ yang terdiri dari 15 orang yaitu tim kesehatan, tim Relawan dan tim dokumentasi harus menghabiskan waktu selama 3 jam atau melalui jarak tempuh yang kurang lebih 50 km ke arah selatan kota Majalengka dan terkadang harus melewati jalan bebatuan terjal.

Berbekal 600 paket kornet Superqurban, obat-obatan tim medis dan tim dokter serta relawan, RZ memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis kepada 125 warga yang menghadiri acara yang diadakan dihalaman Masjid Al Khoiriyah.

Selain pengobatan gratis yang melibatkan dokter Puskesmas Kec. Maja ini RZ juga menggelar lomba membuat Nasi Goreng Kornet Superqurban dengan melibatkan para warga dusun yang sebagian besar adalah petani Jagung.

Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa dengan mengkonsumsi daging kambing maka kita akan mendapatkan gizi yang diperlukan tubuh kita disamping tidak selalu benar wacana masyarakat tentang kandungan kolesterol yang membahayakan.

Sambutan antusias dan apresiasi masyarakat Blok Kadut ini setidaknya diwakili oleh Didi (42) Kepala Dusun yang dalam sambutannya disampaikan didepan warganya dan pengurus RZ yang ikut hadir diacara tersebut.

“Baru pertama kali kami dikunjungi oleh lembaga sosial non pemerintah ke kampung kami dan mengadakan acara yang melibatkan masyarakat semeriah ini, kami bangga dan kami senang sekali kepada RZ dan semoga para donaturnya diberikan kesejahteraan rezekinya, dan kami berharap RZ bisa membantu pengadaan pipa pvc sebagai sarana penyaluran air bersih dari mata air ke tempat penampungan mayarakat,” ucap Bapak dengan tiga anak.

Alamsyah Nuruzzaman selaku Branch Manager RZ Cirebon yang juga sebagai koordinator kegiatan mengharapkan agar kegiatan-kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin khususnya didaerah-daerah yang kurang terjangkau oleh akses fasilitas kesehatan umum ataupun daerah-daerah yang membutuhkan support makanan bergizi, seperti yang terkandung dalam daging qurban salah satunya program Superqurban yang merupakan optimalisasi daging qurban diolah menjadi kornet.

Lembaga kami merasa senang bisa membantu lebih banyak lagi masyarakat dengan menyalurkan bantuan dana Zakat Infaq Shodaqoh melalui program-program produktif untuk yang membutuhkan, maka kamipun mengajak masyarakat agar melihat lebih jauh lagi sisi positif pengelolaan Zakat Infaq Shodaqoh kepada lembaga yang resmi dan profesional agar penyalurannya tepat sasaran.

RZ juga menampung titipan qurban masyarakat yang ingin memaksimalkan ibadah qurbannya melalui RZ agar dagingnya dapat dimanfaatkan untuk daerah-daerah bencana, daerah rawan gizi, daerah rawan konflik maka RZ mengajak semoga Superqurban menjadi solusi ketahanan pangan masyarakat dan kebutuhan kita akan kandungan gizi yang bermanfaat.***

Newsroom/Relawan RZ
Cirebon

RZ LDKO CilegonCIREBON. Saturday (19/9), RZ fielded some volunteers to distribute 600 cans of Superqurban corned to various remotes areas in Cirebon.

One of the target areas was Kadut Block, Nunukan Baru Village, Maja District, Majalengka. Nunukan Baru Village is a region which is located in the middle of hills. The main access to reach it is by using off road vehicle.

One of Nunukan Baru ‘spublic figure, Didi (42), said that they are glad to be a beneficiary of Superqurban expedition program since meat is a rarely consumed thing for them. He claims that the access to Nunukan Baru Lango has given significant impact to the development of its market.

“Alhamdulillah, RZ can conduct Superqurban distribution again to various regions in Indonesia this year,” Nur Effendi, RZ’s CEO, said.

On the other hand, the volunteers also provided free health care service covering general health examination and free medicines. “Alhamdulillah, the distribution which was implemented by expedition team has run well. We hope that we can help more people,” a volunteer said. ***

Newsroom/Relawan RZ
Cirebon

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia