BELAJAR HIDROPONIK DI KEBUN GIZI BINAAN RZ BEKASI

PBS BEKASI BAGAIMANA CARA PENANAMAN HIDROPONIKBEKASI. RZ kembali menggelar kegiatan Pekan Berbagi Senyum (PBS) di bulan Februari 2016. PBS kali ini digelar di 27 kota dan diikuti oleh 259 peserta dengan tema Kesehatan. Peserta PBS dapat memilih peran apakah menjadi relawan Kesehatan yang akan membantu aksi siaga sehat atau menjadi relawan ahli yang memberikan penyuluhan kesehatan kepada warga binaan RZ.

Salah satu kota yang menjadi lokasi kegiatan PBS adalah Bekasi. Kegiatan PBS dilakukan hari Jumat lalu (19/02) di Kebun Gizi binaan RZ Bekasi dan diikuti oleh 3 orang peserta PBS. Ketiga peserta ini akan belajar mengenai tata cara penyemaian bibit tanaman secara hidroponik bersama warga binaan RZ.

Kegiatan diawali dengan penyampaian materi seputar tata cara penanaman hidroponik oleh Bapak Hafidz sebagai pengawas Kebun Gizi RZ Bekasi. Warga binaan dan peserta PBS diberitahu apa saja alat-alat yang digunakan, cara penyemaian bibit dan waktu yang dibutuhkan untuk penyemaian juga cara pemeliharaan tanaman yang baik. Ketiga peserta PBS terlihat sangat antusias mengikuti setiap pemaparan materi yang disampaikan.

Setelah materi, kegiatan dilanjutkan dengan praktek penyemaian bibit tanaman menggunakan metode NFT (Nutrient Film Technique), yaitu dengan memanfaatkan pipa-pipa paralon untuk menanam bibit tanaman dengan air vitamin yang mengalir dibawah akarnya.

Peserta PBS juga diajak berkeliling ke Rumah Hidroponik yang ada di Kebun Gizi. “Bagus sekali hasil tanaman hidroponik ini.” Puji salah satu peserta PBS saat melihat deretan tanaman yang berjajar rapih di Rumah Hidroponik.

Usai berkeliling, peserta PBS diberikan souvenir berupa bibit tanaman dan sertifikat Pekan Berbagi Senyum dari RZ. “Terima kasih kepada RZ yang telah mengajak saya untuk mendapatkan ilmu baru. Saya sangat beruntung bisa hadir di acara seperti ini,” ucap Annisa, salah satu peserta PBS.

Newsroom/Mulyadi
Bekasi

Tags :
Konfirmasi Donasi