HIJAUKAN KAWASAN BANTARAN KALI CODE, RZ GANDENG AHLI HIDROPONIK

JpegYOGYAKARTA. Kawasan bantaran kali Code Yogyakarta merupakan salah satu kawasan pinggir sungai yang jadi sorotan publik, lantaran Code merupakan salah satu aliran sungai yang membelah kota Yogyakarta dan memiliki kepadatan penduduk tinggi disekitarnya.

ICD Tegalpanggung, merupakan salah satu wilayah binaan RZ yang sudah 5 tahun menjadi salah satu wilayah fokus kegiatan pemberdayaan. Kegiatan yang dilakukan di kelurahan ini meliputi kegiatan pemberdayaan ekonomi, kesehatan, community development, dan kelestarian lingkungan.
Salah satu masalah besar di wilayah Code ini adalah sampah dan kebersihan lingkungan. Oleh karena itu program community development yang digulirkan di sini diantaranya Bank Sampah dan Urban Farming.

Program Bank Sampah mencoba memberikan solusi dengan mengubah pola hidup masyarakat dari yang sebelumnya membuang sampah ke sungai menjadi lebih tertata dengan disetorkan ke Bank Sampah, setoran mereka akan menjadi saldo tabungan bagi nasabah anggota Bank Sampah.
Sedangkan program Urban Farming menjadi bagian dari program penghijauan kawasan bantaran Code. Program ini bermula dari konsep pertanian konvensional dalam pot, mengingat kawasan ini merupakan kawasan padat penduduk. Berhasil dengan sistem pertanian konvensional, fasilitator RZ merambah ke sistem pertanian modern dengan konsep hidroponik, yaitu metode tanam tanpa menggunakan media tanah, karena tanah di wilayah ini cukup sulit didapatkan.

Berbekal hasil bimbingan dan konsultasi dari Pak Sapto Prayitno, seorang ahli hidroponik lulusan S2 Agronomi UGM yang juga pernah belajar di Jepang, member binaan RZ mulai praktik cara budidaya tanaman hidroponik. Ilmu ini akan diterapkan di masing-masing rumah, sehingga menjadi salah satu bentuk penghijauan lingkungan. Mereka belajar sejak pendalaman teori hingga praktek langsung. Dibantu oleh beberapa orang timnya. Sapto Prayitno mendampingi member binaan RZ sampai mereka berhasil praktek sendiri.

“Ini bagian dari shodaqoh saya, setidaknya ilmu yg saya punya bisa bermanfaat untuk orang lain” tutur Sapto Prayitno kepada Warnitis Branch Manager RZ Yogyakarta.***

Newsroom/Warnitis

Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi