ANAK JUARA RZ INISIASI SOSIALISASI TANAMAN HIDROPONIK UNTUK MASYARAKAT

ANAK JUARA RZ INISIASI SOSIALISASI TANAMAN HIDROPONIK UNTUK MASYARAKAT

ANAK JUARA RZ INISIASI SOSIALISASI TANAMAN HIDROPONIK UNTUK MASYARAKATPATI. Ialah Muhammad Agus Setiawan anak Juara RZ yang merupakan siswa SMK 1 Negeri Pati, putra dari ibu Warti yang bapaknya sudah almarhum, yang kini sudah duduk di kelas XI. Sudah hampir 3 bulan Ia menjadi penerima beasiswa dari RZ.

Di sekolah Wawan, panggilan akrabnya, mendapat amanah menjadi Wakil Ketua OSIS dan menjadi pengurus organisasi di sekolah. Selain itu Wawan juga aktif dalam kegiatan rutin mingguan yang diadakan oleh RZ. Wawan adalah sosok anak yang aktif, kreatif dan penuh dengan ide-ide segar dan inovasi.

Sebagai bentuk inisiatif dan kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar, pada hari Ahad (26/06) lalu Wawan mengundang pihak sekolah untuk mengadakan sosialisasi tanaman hidroponik di desa Sidokerto dan mengajak anak-anak muda yang terbentuk dalam Karang Taruna. Sosialisasi tersebut bertempat di di rumah ibu Rubiyati, salah satu warga Ds. Sidokerto RT 07 RW 01.

Hal tersebut Wawan lakukan dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat sekitar mengenai tanaman hidroponik.
“Agar warga disini bisa membuat tanaman hidroponik sayuran, supaya bisa dimanfaatkan warga sekitar untuk kebutuhan sayuran setiap harinya sehingga tidak selalu harus membeli.
” kata Wawan.

“Dengan semangat yang dimiliki Wawan semoga bisa menjadi contoh untuk teman temannya agar tetap aktif di sekolah maupun di desanya sesuai kemampuan yang dimiliki untuk kemajuan bersama.” ungkap Subandriyo, Relawan Inspirasi RZ.

Newsroom/Subandriyo
Pati

MANG AGUS, PEDAGANG BINAAN RZ SEMAKIN PEDE DENGAN PRODUK BARUNYA

MANG AGUS, PEDAGANG BINAAN RZ SEMAKIN PEDE DENGAN PRODUK BARUNYA

MANG AGUS, PEDAGANG BINAAN RZ SEMAKIN PEDE DENGAN PRODUK BARUNYASUBANG. Mang Agus, pedagang binaan RZ yang tergabung kelompok Karya Sawargi yang secara rutin berjualan di depan MTsN Kasomalang, Subang.
Pada hari Rabu (20/07) kemarin sedang berjualan Ice Cream Casava yang berasal dari Tepung Casava Srikandi hasil binaan CIMB Niaga Syariah dan RZ.

Dengan percaya diri, mang Agus mengaku sangat senang sekali menjual produk barunya yakni Ice Cream Casava, selain memiliki rasa yang khas, pelanggan pun bertambah bila dibandingkan dengan jualan Ice Cream sebelumnya.

“Semoga dengan cita rasa baru ini, pelanggan saya bisa semakin bertambah.” ungkap mang Agus.

 

Newsroom
Subang

RELAWAN INSPIRASI RZ SALURKAN KADO LEBARAN UNTUK IBU KOKOM

RELAWAN INSPIRASI RZ SALURKAN KADO LEBARAN UNTUK IBU KOKOM

RELAWAN INSPIRASI RZ SALURKAN KADO LEBARAN UNTUK IBU KOKOMGARUT. Ibu Kokom Komariah adalah seorang ibu yang tangguh dalam mengurus kedua anaknya Aira Sri Rahayu dan Muhammad Andra serta ibunya yang sudah berusia lanjut. Mereka semua tinggal di rumah yang berukuran 4×4 m kondisi rumahnya pun sangat memprihatinkan, ruang keluarga, dapur, dan tempat tidur pun dalam satu lokasi tetapi untuk MCK mereka pergi ke jamban umum yang tidak jauh dari rumah.

Tidak sampai disitu, ternyata beliau pun harus rela ditinggalkan suaminya tanpa kabar sejak setahun yang lalu, sampai saat ini beliau tidak mengetahui keberadaan suaminya sama sekali.

Berkaitan dengan itu, pada (26/07) pukul 09.00 Relawan Inspirasi RZ ICD Mekarsari Kecamatan Karangpawitan Garut menyalurkan bantuan titipan donatur untuk ibu Kokom sekeluarga. Bantuan tersebut dapat beliau pergunakan untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan jelang Idul Fitri dan sebagainya.

Ibu Kokom sendiri tinggal di Kampung Cidahu, Desa Mekarsari, Kecamatan Karangpawitan – Garut, sehari-hari beliau berjualan jajanan anak, mulai dari bacil, cimol, kerupuk-kerupuk, dan jajanan lainnya. Relawan Inspirasi sering berkunjung ke rumahnya untuk sekedar mengetahui bagaimana kondisinya dan sering memberi motivasi agar mereka sekeluarga sabar dan tegar dalam menjalani hidup.

“Jangan bersedih bu. Allah bersama orang-orang yang sabar.” ucap Yanto Sugianto.

Newsroom/Yanto Suganto
Garut

facebook-_160412070504-825

MENJAGA UCAPAN

facebook-_160412070504-825Oleh: Nur Faridah

Rasulullah SAW bersabda, “Seorang mukmin bukanlah pengumpat dan yang suka mengutuk, yang keji dan yang ucapannya kotor.” (HR Al-Bukhari). Setiap mukmin dituntut untuk selalu menjaga dan mengontrol segala perilaku, tingkah laku, tindak-tanduk, sikap dan ucapan dari hal-hal yang tidak baik.

Termasuk menjaga ucapan dari hal yang tidak baik adalah tidak menyakiti, menipu, mencela, menghina, mencela, mengumpat, memfitnah, memecah-belah, berkata-kata keji, mengutuk dan mengucapkan kata-kata kotor kepada orang lain, seperti diisyaratkan pada hadis di atas.

Di era internet dengan berbagai media sosial yang ada di dalamnya, seperti Facebook, Twitter, Instagram atau yang lainnya, banyak sekali kita dapati ucapan-ucapan yang tidak baik bertebaran. Ucapan-ucapan yang sama sekali jauh dari akhlak dan sikap seorang mukmin sejati.

Media-media sosial yang mestinya dimanfaatkan untuk menebarkan kebaikan, seperti saling menasihati dalam kebaikan, malah menjadi ajang menebarkan keburukan melalui ucapan-ucapan tidak baik. Bahkan, ironisnya, acapkali apa yang terjadi di dunia maya berlanjut ke dunia nyata.

Ada orang yang saling mencela di media sosial, kemudian berlanjut menjadi perkelahian di dunia nyata. Atau, gara-gara menyebarkan informasi yang tidak benar, terjadi perpecahan atau perdebatan yang tidak ada manfaatnya dan tidak produktif bagi kemajuan umat.

Umat kemudian malah asyik dalam perdebatan yang kadang tidak argumentatif, lebih mengedepankan emosi, hingga melupakan hal-hal penting yang seharusnya lebih baik dilakukan.

Rasulullah SAW pada hadis di atas sudah mengingatkan orang mukmin untuk menjaga ucapan, di mana pun mereka berada, atau dalam situasi apa pun.

Dengan kata lain, orang mukmin harus menjaga etika dalam ucapan. Karena, apa yang diucapkan sesungguhnya merupakan cerminan dari isi hati. Hati yang bersih akan selalu melahirkan ucapan yang bersih juga. Sebaliknya, hati yang keruh dan kotor akan melahirkan ucapan yang keruh dan kotor pula.

Dalam hadis dikatakan orang Muslim atau mukmin paling utama adalah yang tidak mengganggu saudaranya, terutama sesama Muslim, lewat lisan dan perilakunya.

Abu Musa Al-Asy’ari pernah bertanya kepada Rasulullah tentang orang Muslim yang paling utama, “Ya Rasulullah, kaum Muslimin manakah yang paling utama?” Beliau menjawab, “Yaitu mereka yang tidak mengganggu orang Muslim lainnya, baik melalui lisan maupun tangannya.” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Ucapan yang baik akan menghasilkan hal-hal yang baik, sebaliknya ucapan yang buruk akan menghasilkan hal-hal yang buruk pula, tidak hanya di dunia tetapi juga di akhirat.

Dalam hadis dikatakan, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya seseorang itu berkata dengan suatu perkataan yang diridai oleh Allah, ia tidak mengira bahwa perkataan itu akan mencapai suatu tingkat yang dapat dicapainya, lalu Allah mencatat untuknya bahwa ia akan memperoleh keridaan-Nya sampai pada hari ia menemui-Nya. Dan sesungguhnya seorang itu berkata dengan suatu perkataan yang menjadikan kemurkaan Allah, ia tidak mengira bahwa perkataan itu akan mencapai suatu tingkat yang dapat dicapainya, lalu Allah mencatatkan untuknya bahwa ia akan memperoleh kemurkaan-Nya sampai pada hari ia menemui-Nya.” (HR Malik dan At-Tirmidzi).

Mukmin sejati akan selalu menjaga ucapan dari kata-kata buruk dan kotor. Begitulah karakter sejatinya yang akan mengantarkannya menjadi manusia utama di sisi Allah dan kelak akan mendapatkan keridaan-Nya di akhirat karena ucapan-ucapan baiknya. Wallahu a’lam.

Sumber: republika.co.id

puasa-ilustrasi-_120525225637-979

INI MANFAAT PUASA SEMINGGU SEKALI

puasa-ilustrasi-_120525225637-979Tubuh kita membutuhkan sedikit waktu untuk mengistirahatkan beberapa sistemnya. Cara yang paling baik dilakukan adalah dengan melakukan puasa.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa puasa seminggu sekali atau sebulan sekali bisa memberikan dampak yang sangat baik bagi kesehatan. Bagi seorang Muslim, puasa sunnah yang dianjurkan adalah dua kali sepekan, yakni Senin dan Kamis. Puasa akan memberikan istirahat yang cukup bagi tubuh. Dilansir Boldsky, berikut manfaat dari berpuasa rutin bagi tubuh manusia:

Membantu menurunkan berat badan

Tidak diragukan lagi, asupan makanan memiliki dampak langsung pada berat badan. Dengan menghindari makan dengan melakukan puasa seminggu sekali, tubuh akan memberikan respons positif untuk mengurangi berat badan. Lemak yang disimpan akan digunakan sebagai energi dan ini menjadi cara terbaik untuk mengurangi berat badan.

Meningkatkan fungsi otak

Puasa adalah obat terbaik untuk meningkatkan fungsi otak dalam merangsang sel-sel. Puasa akan meningkatkan produksi protein bernama neurotrophic factor (BDNF). Ini dapat memicu banyak bahan kimia yang mendukung kesehatan sel-sel otak.

Meningkatkan sistem kekebalan

Puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini akan membantu untuk melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel potensial. Selain itu, dapat mengurangi stres dalam diri.

Menghindari jerawat

Puasa membantu menangkal racun yang biasanya menjadi alasan utama masalah kulit seperti jerawat. Dengan melakukan puasa sesekali dapat membantu detoksifikasi tubuh. Ini juga akan membuat kulit menjadi lebih indah dan cerah.


Membantu tetap awet muda

Puasa dapat menghilangkan racun berbahaya dalam tubuh. Detoksifikasi ini akan membantu untuk mempertahankan kemudaan seseorang. Selain itu, cara ini dapat membantu menjadi solusi masalah kecantikan seperti jerawat, pigmentasi kulit dan rambut rontok.

Sumber: republika.co.id

ZAKAT FOUNDATION OF AMERICA SALURKAN BANTUAN UNTUK JOMPO DAN DHUAFA

ZAKAT FOUNDATION OF AMERICA SALURKAN BANTUAN UNTUK JOMPO DAN DHUAFA

ZAKAT FOUNDATION OF AMERICA SALURKAN BANTUAN UNTUK JOMPO DAN DHUAFABANDUNG. Mensejahterakan kaum jompo dan dhuafa merupakan salah satu bagian dari sasaran RZ, demikian halnya dengan jompo dan dhuafa yang terdapat di ICD termasuk ICD Mekarwangi Bandung.

Para jompo dan dhuafa yang tersebar di wilayah ICD Mekarwangi cukup banyak. Seiring dengan usianya yang semakin renta dan sudah tidak bisa bekerja lagi sehingga mereka harus bersusah payah untuk memenuhinya kebutuhannya sendiri. Sebagian diantara mereka bekerja di kebun dan sebagiannya lagi sudah bergantung pada kasih sayang anak-anak mereka.

Sehubungan dengan hal tersebut Pada (25/06) hingga (26/06) RZ bekerja sama dengan Zakat Foundation of America (ZFA) menyalurkan bantuan berupa kebutuhan sembako di ICD Mekarwangi.

“Mereka sangat kekurangan, dua orang diantaranya bahkan sampai pingsan untuk mengantri mendapatkan 15 kg beras,1 liter minyak goreng.” ucap Deni Wahyudi, Relawan Inspirasi RZ.

Setelah pembagian para penerima manfaat sangat berterima kasih dan mendoakan RZ dan donatur ZFA.

Newsroom/Deni Wahyudi
Bandung                                       

AMBULANCE GRATIS RZ KEMBALI BANTU WARGA YANG MEMBUTUHKAN DI PURWAKARTA

AMBULANCE GRATIS RZ KEMBALI BANTU WARGA YANG MEMBUTUHKAN DI PURWAKARTA

AMBULANCE GRATIS RZ KEMBALI BANTU WARGA YANG MEMBUTUHKAN DI PURWAKARTAPURWAKARTA. “Si Orange” adalah sebutan bagi mobil Ambulance Gratis RZ hasil kerja sama bersama Kantor Pos yang senantiasa siap siaga menanti panggilan bagi yang membutuhkan bantuan.

Seperti halnya pada (14/06) lalu “Si Orange” mendapat panggilan untuk mengantar salah seorang pasien yang bernama ibu Aisyah untuk berobat ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dari kediaman beliau di desa Legoksari, kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta.
Ibu Aisyah menderita sakit kepala yang parah, beliau didiagnosa terkena tumor di bagian kepala dan harus dirujuk ke RSHS Bandung.
“Karena keterbatasan biaya untuk berobat ke Rumah Sakit, maka kami punya inisiatif untuk minta bantuan kepada kepala desa untuk diajukan sebagai pasien tidak mampu sehinnga dapat dilayani dengan Jamkesmas untuk biaya perawatan.” ucap Haris Surahman, Relawan Inspirasi RZ.

“Dan untuk mengantar ke rumah sakit kita minta bantuan Ambulan Gratis RZ. Alhamdulilah sekarang Ibu Aisyah sedang ditangani pihak RSHS Bandung.” pungkasnya.

Newsroom/Haris Surahman
Purwakarta                                           

RELAWAN RZ KEMBALI GELAR JUMAT MENABUNG DI MANADO

RELAWAN RZ KEMBALI GELAR JUMAT MENABUNG DI MANADO

RELAWAN RZ KEMBALI GELAR JUMAT MENABUNG DI MANADOMANADO. Usai bulan suci Ramadhan, Relawan RZ kembali melaksanakan kegiatan Jumat menebar nasi bungkus atau yang biasa disingkat “Jumat MeNaBung”. Seperti halnya yang dilaksanakan di Manado pada Jumat (22/07) ini.

Para relawan kembali berbagi nasi bungkus kepada kaum dhuafa yang ditemui di jalanan. Aksi perdana pasca Ramadhan ini berpusat di sekitar Pasar 45.

Adapun nasi bungkus yang dibagikan berupa nasi kuning hasil pemberian donatur. Sebanyak 50 bungkus nasi kuning berhasil dibagikan kepada kaum dhuafa.

“Terima kasih untuk para donatur, semoga senantiasa diberikan kesehatan, kebaikannya dibalas oleh Allah SWT dan dimurahkan rezekinya.

Buat para Relawan teruslah bergerak, berbagi kebahagiaan untuk sesama.” ungkap Anto, Relawan RZ.

Newsroom/Anto
Manado

KECERIAAN SISWA JUARA DI HARI PERTAMA SEKOLAH

KECERIAAN SISWA JUARA DI HARI PERTAMA SEKOLAH

KECERIAAN SISWA JUARA DI HARI PERTAMA SEKOLAHBANDUNG. 18 Juni 2016 merupakan hari pertama masuk sekolah setelah liburan Lebaran yang juga bertepatan dengan libur akhir tahun ajaran 2015/2016. Hari pertama masuk sekolah kali ini terasa berbeda dengan adanya imbauan gerakan Orang Tua Mengantar Anak  di Hari Pertama Sekolah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, sekolah-sekolah menjadi ramai tak hanya oleh canda tawa para siswa, tapi juga cengkrama hangat orang tuanya.

Dengan adanya imbauan tersebut, sekolah-sekolah pun menggelar berbagai kegiatan dalam rangka menyambut siswa-siswinya, tak terkecuali di Sekolah Juara binaan RZ. Di SD Juara Cimahi misalnya, Bapak dan Ibu Guru berdandan layaknya raja dan ratu lengkap dengan  mahkota dan jubah kebesaran. Mereka menyambut para siswa Juara dengan hangat dan ceria.

“Kami bahagia bisa bertemu kembali dengan anak-anak setelah liburan panjang. Kami sengaja berpenampilan seperti ini (gaya raja dan ratu) agar anak-anak surprise, terutama agar siswa-siswa kelas 1 yang baru masuk tidak tegang.” Ujar Pak Nurzaman, Kepala Sekolah SD Juara Cimahi.

Sementara itu, di SD Juara Bandung, penyambutan hari pertama sekolah dibuat lebih meriah lagi layaknya pesta ulang tahun dengan meletuskan beberapa confetti. Bunyi letusan yang disertai kertas warna warni berterbangan ke udara membuat siswa-siswa SD Juara Bandung bersorak gembira.

“Kalau suasananya dibuat meriah seperti ini sih, anak-anak yang baru masuk sekolah seperti anak saya ini ga akan takut lagi. Anak saya juga tadi ikut tepuk tangan sambil teriak-teriak waktu confetti diletuskan.” Tutur salah satu orang tua siswa baru kelas 1 SD Juara Bandung.

Hari pertama sekolah SD Juara Bandung memang menjadi istimewa, selain para orang tua siswa yang turut hadir disertai kemeriahan letusan confetti, hari itu juga SD Juara Bandung resmi menduduki gedung barunya yang berlokasi di Kompleks Bumi Panyileukan, Bandung. Bangunan megah 3 lantai ini, lokasinya berdekatan dengan gedung SMP Juara Bandung.

“Alhamdulillah, mulai hari ini kami (SD Juara Bandung) resmi beroperasi di gedung baru. Senang rasanya melihat anak-anak bisa bebas bermain dan bercanda tawa di area yang luas. Semoga siswa-siswa SD Juara Bandung lebih semangat belajar di tempat yang baru dan lebih nyaman ini.” Ungkap  Kepala Sekolah SD Juara Bandung.

Keceriaan lainnya terlihat di SMP Juara Pekanbaru. Balon berwarna-warni berjejer dengan rapih di halaman sekolah. Setiap siswa diminta untuk memecahkan satu balon dengan menggunakan tusuk gigi yang telah disiapkan. Beberapa siswa terlihat ragu dan bingung saat akan memecahkan balon, mereka tidak tahu apa alasannya harus memecahkan balon. Dan saat satu balon dipecahkan oleh seorang siswa barulah mereka tahu bahwa balon itu berisi nama beserta keterangan kelas yang baru. Maka, ramailah sekolah dengan letusan-letusan balon pagi itu.

“Sekolah jadi rame sama bunyi balon pecah. Bapak dan Ibu guru  memang selalu punya cara unik untuk menyambut kami.” Ujar salah satu Siswa kelas 7 SMP Juara Pekanbaru.

Ada banyak keceriaan-keceriaan di 13 Sekolah Juara lainnya yang terlihat di hari pertama sekolah. Setiap Sekolah Juara punya caranya sendiri untuk menyambut siswa-siswa mereka. Seperti di SD Juara Batam yang baru mulai beroperasi di tahun ajaran 2016/2017, Bapak dan Ibu Gurunya mengajak anak-anak berkeliling sekolah dan memberikan pengetahuan mengenai Sekolah Juara.

“Alhamdulillah, SD Juara Batam mulai beroperasi di tahun ajaran 2016/2017. Di angkatan pertama ini ada sebanyak 25 siswa yang terdiri dari anak yatim dan dhuafa. Semoga SD Juara Batam dapat menghasilkan calon-calon penerus bangsa yang cerdas dan soleh.” Ungkap Shofar Fitrotul, Kepala Sekolah SD Juara Batam.

Dengan beroperasinya SD Juara Batam, maka RZ telah memiliki 16 Sekolah Juara di seluruh Indonesia yang berada di 14 kota, yaitu Bandung, Cimahi, Subang, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Medan, Pekanbaru, Cilegon dan Batam.

Newsroom/Ria Arianti
Bandung

BERI BANTUAN BECAK MOTOR, RZ SUPPORT USAHA PAK RAMITO

BERI BANTUAN BECAK MOTOR, RZ SUPPORT USAHA PAK RAMITO

BERI BANTUAN BECAK MOTOR, RZ SUPPORT USAHA PAK RAMITOPEKANBARU. Pak Ramito (35) merupakan salah satu member usaha binaan RZ sejak awal tahun 2016. Ia tinggal di Jalan Pembina 4 RT 03/RW 13 Kelurahan Lembah Sari, Kec. Rumbai Pesisir, Pekanbaru bersama istri dan ke-5 orang anaknya yang masih berusia sekolah.

Kisah perjuangan Pak Ramito dalam mencari nafkah bagi keluarganya dimulai dengan usaha produksi air tebu sejak tahun 1990-an saat merantau ke Pekanbaru. Usaha ini dirintis oleh Pak Ramito dengan bermodalkan uang sebesar Rp 100.000 untuk membeli tebu di Pasar Rumbai.

Mesin pemeras tebu untuk usaha air tebu ia beli dari hasil menjual kambing yang beliau rawat dari kecil. Awalnya usaha air tebu ini hanya untuk anak-anak TPA dan sekolah sekitar rumah Pak Ramito, lalu berkembang menjadi usaha serius ketika dibuka pasar kaget dekat perumahan di jalan Pembina.
Pak Ramito berjualan air tebu dengan cara menjajakan di pinggiran jalan dibantu oleh istri dan anak beliau karena ia juga harus menjadi seorang tukang parkir depan toko dekat sekolah.

Profesi tukang parkir pun beliau tekuni karena kurangnya pendapatan dari menjual air tebu ini.
Namun pada akhir tahun 2015 kemarin istrinya terkena penyakit paru-paru basah sehingga harus dirawat jalan setidaknya selama 6 bulan. Sehingga untuk membiayai pengobatan istrinya terpaksa Pak Ramito menjual motor yang biasa beliau pakai untuk menjemput tebu ke pasar sehingga akses menjual tebu pun menjadi terbatas.

Namun hal ini tidak menjadi penghalang Pak Ramito untuk tetap berusaha mencari nafkah bagi keluarganya. Melihat kegigihan Pak Ramito, RZ dalam prgram Pemberdayaan Ekonomi yang diusung tema #sharinghappiness berusaha mengurangi beban dan membantu Pak Ramito dengan memberikan sebuah becak motor pada hari Jum’at (01/07) lalu di kediamannya.

“Bantuan becak motor yang diberikan donatur RZ ini sangat berharga dan bermanfaat untuk memudahkan usaha saya berjualan air tebu dan sejak ada motor saya bisa berjualan buah-buahan keliling sampai ke Siak. Alhamdulillah ada peningkatan penghasilan dengan adanya becak motor ini. Terima kasih banyak kepada semua donatur yang sudah memberikan bantuan kepada keluarga saya. Bantuan bapak ibu berikan sangat bermanfaat bagi usaha dan kehidupan keluarga saya. Hanya Allah saja yang bisa membalas semua kebaikan donatur.”, ucapnya penuh haru.

Kini dengan adanya becak motor, beliau berencana menambah usahanya dengan berjualan sayur. Karena dengan motor bisa menjemput sayur langsung dari kebun yang dirawat olehnya saat ini untuk didagangkan. Walau dengan semua keterbatasan yang ada, Pak Ramito bertekad untuk terus semangat dan berusaha, agar beliau bisa terus membiayai 5 orang anak yang masih kecil-kecil dan juga untuk memberikan pengobatan yang memadai untuk istrinya.

Newsroom/Nur Shyfa
Pekanbaru