MOBIL PERPUSTAKAAN KELILING ADIRA INSURANCE - RZ UKIR KECERIAAN DI SDN KALITIMBANG

MOBIL PERPUSTAKAAN KELILING ADIRA INSURANCE – RZ UKIR KECERIAAN DI SDN KALITIMBANG

MOBIL PERPUSTAKAAN KELILING ADIRA INSURANCE - RZ UKIR KECERIAAN DI SDN KALITIMBANGCILEGON. Mobil Perpustakaan Keliling Adira Insurance – RZ berbagi keceriaan dengan anak-anak SDN Kalitimbang di Jl. Kerotek Kel. Kalitimbang Kec. Cibeber Cilegon pada (22/07) lalu. Butuh perjuangan dalam mengunjungi Dalam menempuh perjalanan ke SDN Kalitimbang ini tim melewati perjalanan dengan jalanan yang rusak.

Sebanyak 97 siswa senang dengan kedatangan Mobil Perpustakaan Keliling Adira Insurance – RZ dengan berbagai kegiatan. Sebelum memulai kegiatan, anak-anak mengikuti senam “Beruang” terlebih dahulu. Senam yang baru mereka kenal.

Setelah senam, anak-anak mengikuti lomba mewarnai, lego, pelatihan internet dan sebagian ada yang lebih memilih membaca buku.

Guru-guru SDN ikut terlibat mengkondisikan anak-anak yang lincah. Selama 20 menit itu anak-anak terlihat senang dengan aktivitas bersama mobil perpustakaan keliling.

Salah satu anak bernama Rizky mengungkapkan perasaannya di hadapan teman-temannya, “Saya senang ada mobil perpustakaan keliling, tadi saya bermain lego membuat mobil.”

“Dengan Mobil Perpustakaan Keliling Adira Insurance – RZ semoga anak-anak menjadi rajin membaca buku dan menonton film yang bermanfaat. Terima kasih Mobil Perpustakaan Keliling Adira Insurance – RZ.” begitu sambutan Pak Agus Safari sebagai kepala sekolah SDN Kalitimbang.

 

Newsroom/Iroh Basiroh
Cilegon

air-mata-menangis-_160505070942-277

MAKNA AIR MATA

air-mata-menangis-_160505070942-277Oleh: Muslimin

Dalam mengarungi romantika kehidupan, terkadang seseorang menitikkan air mata tatkala memperoleh kebahagiaan, maupun ketika menghadapi persoalan hidup yang pelik.

Tentu tidak ada salahnya, bila seseorang menitikkan air mata terhadap kebahagiaan dan musibah yang menimpanya. Sebab, Nabi Muhammad SAW pun pernah menitikkan air mata ketika melepas kepergian putra tercintanya, Ibrahim, untuk selama-lamanya.

Sebagaimana yang diceritakan Anas, kami bersama-sama dengan Rasulullah SAW datang berkunjung ke kediaman Abu Yusuf Al-Qain. Istri Abu Yusuf adalah ibu susuan Ibrahim Putra Rasulullah SAW. Kemudian Rasulullah SAW menggendong Ibrahim lalu menciumnya.

Pada kesempatan yang lain kami kembali berkunjung ke kediaman Abu Yusuf. Namun ketika itu Ibrahim kecil sedang menghadapi sakaratul maut.

Air mata Rasulullah SAW pun menetes dari pelupuk matanya. Menyaksikan peristiwa tersebut Abdurrahman bin Auf bertanya kepada Nabi, “Wahai Rasulullah, mengapa engkau menangis?” Rasulullah SAW menjawab, “Wahai Ibnu Auf, sesungguhnya itu merupakan ungkapan rasa kasih sayang.”

Kemudian Rasulullah SAW mengulang kembali perkataannya, “Sesungguhnya mata memang meneteskan air mata dan hati merasa sedih. Namun kami tidak mengucapkan sesuatu kecuali kalimat yang diridhai oleh Allah SWT. Dan sesungguhnya kami semua merasa sedih untuk berpisah denganmu wahai Ibrahim.”

Kisah ini hendak mengingatkan dalam batas yang wajar air mata kesedihan boleh ditumpahkan, tetapi harus diiringi dengan melapazkan kalimat-kalimat yang diridhai Allah SWT. Selain itu, tangisan air mata juga harus diiringi dengan tindakan dan perbuatan yang diridhai Allah SWT.

Ibnu Abbas RA meriwayatkan, “Ada dua mata yang tidak akan disentuh oleh api neraka. Yaitu mata yang menangis di pertengahan malam karena takut kepada Allah SWT dan mata yang terjaga di jalan Allah.” (HR Tirmidzi).

Hadis ini menjelaskan bahwa air mata yang mengalir karena takut kepada Allah SWT dan air mata yang mengalir karena berusaha konsisten di jalan Allah. Kedua tindakan itu, termasuk air mata yang tidak tersentuh api neraka.

Selain itu, air mata mengalir juga disebabkan seseorang yang mendengar, membaca, dan mengkaji Alquran. Sebagaimana Allah SWT berfirman, “Dan apabila mereka mendengarkan apa (alquran) yang diturunkan kepada Rasul (Muhammad), kamu lihat mata mereka mencucurkan air mata disebabkan kebenaran yang telah mereka ketahui (dari kitab-kitab mereka sendiri), seraya berkata, “Ya Tuhan, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran alquran dan kenabian Muhammad).” (QS Al Maidah [5] : 83).

Bila ditilik dari segi kesehatan, seseorang tidak boleh meremehkan setiap air mata yang tertumpah. Sebab menurut hasil penelitian dan beberapa ilmuwan, air mata yang tertumpah itu mengandung beberapa manfaat di antaranya; dapat membantu daya penglihatan menjadi lebih baik, meminimalisir gangguan bakteri dan racun pada tubuh, menjaga kesehatan hidung dalam membantu pernapasan, meningkatkan motivasi hidup (mood) untuk hidup lebih bahagia dan berprestasi. Termasuk membantu meredakan gangguan ketegangan, frustasi, putus asa, dan stres.

Sumber: republika.co.id

RELAWAN RZ GELAR PELATIHAN SIAGA BENCANA UNTUK ANAK DI PERINGATI HARI ANAK NASIONAL

RELAWAN RZ GELAR PELATIHAN SIAGA BENCANA UNTUK ANAK DI PERINGATI HARI ANAK NASIONAL

RELAWAN RZ GELAR PELATIHAN SIAGA BENCANA UNTUK ANAK DI PERINGATI HARI ANAK NASIONALBANDUNG. Dalam peringatan Hari Anak Nasional, Relawan RZ Bandung mengelar agenda Pengurangan Resiko Bencana dalam rangkaian kegiatan Pelatihan Siaga Bencana dengan cara mengenalkan ragam bencana diantaranya gempa bumi dan banjir kepada adik-adik Paud Nurul Ilmi pada Sabtu (23/07).

Mereka dikenalkan dengan alat-alat pelindung diri dan alat-alat pertolongan salat banjir seperti helmet, pelampung, dayung dann lain-lain.
Tidak hanya itu adik-adik juga diajak membuat kerajinan dari totebag yang diberi hiasan dari cat.
Anak-anak terlihat sangat antusias dan menikmati kegiatan ini.

“Semangatnya adik-adik adalah semangatnya anak Indonesia yang harus selalu kita kembangkan. Mari berbagi kebahagiaan. Mari ceriakan Anak negeri ini.” seru Anto, Relawan RZ Bandung.

 

Newsroom/Anto
Bandung

44anak-gemuk-tidak-selalu-sehat-berikut-ini-tips-mengurangi-kegemukan-anak

HAL INI YANG BISA MENAMBAH BERAT BADAN

44anak-gemuk-tidak-selalu-sehat-berikut-ini-tips-mengurangi-kegemukan-anakBanyak orang yang mengeluhkan tentang bertambahnya berat badan. Apalagi di usia di atas empat puluh tahun, kenaikan berat badan menjadi hal yang lumrah dihadapi oleh para lansia. Tidak sedikit yang beranggapan bahwa kebiasaan makan dan kurangnya diet menjadi alasan utama dari bertambahnya berat badan. Dilansir Boldsky, berikut beberapa penyebab yang jarang diketahui tentang bertambahnya berat badan.

1. Gaya hidup dengan mengonsumsi kalori yang berlebih atau kurangnya latihan fisik dapat menjadi faktor pemicu bertambahnya berat badan. Hal ini yang membuat lemak dengan mudah menimbun di bagian-bagian tubuh.

2. Di usia 40 tahun, hal utama yang memengaruhi peningkatan berat badan pada wanita adalah hormon. Wanita akan mengalami perubahan hormon alami yang mengakibatkan gejala yang merugikan dirinya. Salah satu gejala ini yaitu kenaikan berat badan.

3. Perimenopause adalah masa transisi sebelum menopause. Ini terjadi ketika kadar estrogen dan progesteron berkurang secara bertahap. Proses ini akan berakhir pada masa menopause. Beberapa wanita akan mengalami ketidakseimbangan hormon yang juga mempengaruhi berat badan.

4. Bertambahnya berat badan juga dapat terjadi ketika kecepatan metabolisme yang rendah. Pembakaran kalori dalam tubuh yang tidak maksimal membuat lemak menumpuk secara bertahap. Hal ini yang menyebabkan peningkatan lemak yang mempengaruhi berat badan.

Sumber: republika.co.id

KUNJUNGI KORBAN KEBAKARAN DI PANAMPU, RELAWAN RZ MAKASSAR GELAR TRAUMA HEALING

KUNJUNGI KORBAN KEBAKARAN DI PANAMPU, RELAWAN RZ MAKASSAR GELAR TRAUMA HEALING

KUNJUNGI KORBAN KEBAKARAN DI PANAMPU, RELAWAN RZ MAKASSAR GELAR TRAUMA HEALINGMAKASSAR. Setelah pada pekan lalu, tepatnya hari Jumat (15/07) melakukan assesment, Relawan RZ Makassar kembali mengunjungi korban kebakaran di dua lokasi yaitu di Jl. Sehat, Jl. Bersih RT. 05/RW. 04 dan di daerah pasar Panampu, Kelurahan Panampu, Kec. Tallo.

Sebagai bentuk kepedulian, Relawan RZ menyalurkan perlengkapan sekolah berupa alat tulis, seragam sekolah, dan tas serta pakaian yang merupakan bantuan dari toko “Rani” (Pasar Butung).

Sebelum menggelar berbagai games untuk anak-anak sebagai bentuk “Trauma Healing” untuk menghilangkan trauma akibat kebakaran, mereka diberikan penyuluhan cara hidup sehat dengan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun).

Antusiasme para korban anak-anak ini besar sekali. Bahkan saat diberi kesempatan untuk mempraktikkan di depan, hampir semua anak mengacungkan tangan. Khusus balita, mereka diberikan PMT atau Pemberian Makanan Tambahan berupa biskuit dan susu. Mereka juga menerima bantuan berupa pakaian dalam balita dan popok.

Pak Akbar selaku kepala Posko Kebakaran mengaku sangat berterima kasih atas kunjungan dan bantuan Relawan RZ.
“Alhamdulillah bantuannya sangat membantu. Terlebih atas bantuan seragam dan perlengkapan sekolah. Anak-anak pasti akan lebih semangat lagi belajar.”

“Semoga apa yang kami salurkan bisa bermanfaat dan mendapat berkah dari Allah swt.” Ujar Koordinator Relawan RZ Makassar, Ramli.

 

Newsroom/Ramli
Makassar

PERINGATI HARI ANAK NASIONAL, RZ AJARKAN KONSEP DIRI DAN KREATIVITAS ANAK

PERINGATI HARI ANAK NASIONAL, RZ AJARKAN KONSEP DIRI DAN KREATIVITAS ANAK

PERINGATI HARI ANAK NASIONAL, RZ AJARKAN KONSEP DIRI DAN KREATIVITAS ANAKMALANG. Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, pada (23/07) Relawan RZ Malang berkolaborasi dengan SMP Muhammadiyah 6 Malang untuk melaksanakan Hari Anak Nasional dengan berbagai rangkaian kegiatan dimulai dengan sholat Dhuha, dilanjut materi tentang GROW, dan membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Kegiatan tersebut berlangsung di Jl. Bendungan Sengguruh No. 39A.

Adapun materi yang disampaikan adalah Grow, materi tentang keinginan untuk selalu tumbuh. “Guru kehidupan saya pernah berkata, ciri bahwa kamu grow itu bila saat hidup kamu punya goal. Kamu lebih suka dengan kehidupan yang realistis. Kamu pintar menentukan options (pilihan) yang prioritas bagi hidupmu. Kamu selalu mencari jalan (Way) untuk terus maju.” papar Deny Prabasworo, Koordinator Relawan RZ Malang saat menyampaikan materi.

Materi Grow ini sangat baik dalam pembentukkan konsep diri anak-anak, agar sedini mungkin anak-anak dapat mengatur tujuan hidupnya dan dapat produktif menyusun langkah dalam pencapaian tujuannya tersebut.

“Harapan kami dengan diadakan hari anak Nasional, siswa bisa sadar akan dirinya yang nantinya akan diharapkan sebagai penerus bangsa, dan bisa bertumbuh dan nantinya akan bisa menumbuhkan generasi Indonesia yang menjadi calon pemimpin dimasa yang akan mendatang.” ungkap Dewo, Relawan RZ Malang.

 

 

Newsroom/Dewo
Malang

RELAWAN CILIK RZ MAKASSAR BERLIBUR SAMBIL BELAJAR DI HARI ANAK NASIONAL

RELAWAN CILIK RZ MAKASSAR BERLIBUR SAMBIL BELAJAR DI HARI ANAK NASIONAL

RELAWAN CILIK RZ MAKASSAR BERLIBUR SAMBIL BELAJAR DI HARI ANAK NASIONALMAKASSAR. Relawan RZ Makassar mengajak Relawan Cilik (Recil) RZ Makassar mengunjungi Rumah Hijau Denassa (RHD) sebagai bentuk peringatan Hari Anak Nasional 2016 pada Ahad (24/06), pukul 07.00-13.00 WITA.

Kunjungan dengan tema “Ceria Bersama Anak Indonesia” itu terletak di kelurahan Tamallayang, kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Sebanyak 35 orang Recil mengikuti kegiatan tersebut. Tidak ketinggalan juga antusias dari para orangtua yang ikut mengantar anaknya.

12 orang relawan dan Daeng Nassa selaku pemilik rumah hijau, menjadi mentor dan mengajak recil berkeliling sambil belajar tentang 400 spesies tumbuhan tumbuhan yang ada di sana. Mulai dari buah, sayuran, hingga tanaman yang sudah langka. Sebelumnya, Daeng Nassa menyampaikan tentang tata tertib seperti tidak boleh memetik daun tumbuhan dan tidak boleh mengganggu hewan apa saja di lingkungan RHD.

Rumah Hijau Denassa merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat liburan terlebih untuk anak-anak. Mereka bisa berlibur sambil belajar yaitu diperkenalkan sejarah tanaman dan manfaatnya.

“Terima kasih atas kunjungan kalian ke RHD. Kalau bisa kita bisa kembali bersinergi ke depannya sebagai bentuk kepedulian kita bersama-sama menjaga lingkungan.” Ungkap Daeng Nassa.

Setelah berkeliling, para recil diberi permainan tradisional. Seperti engkrang, asing, bola, dan ular naga. Hal ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta terhadap permainan tradisional.

 

Newsroom/Ramli
Makassar

SAMBUT HARI ANAK NASIONAL, GOJEK BAGIKAN PARSEL ALAT SEKOLAH

SAMBUT HARI ANAK NASIONAL, GOJEK BAGIKAN PARSEL ALAT SEKOLAH

SAMBUT HARI ANAK NASIONAL, GOJEK BAGIKAN PARSEL ALAT SEKOLAHSEMARANG. Pada Minggu (24/07) RZ bekerja sama dengan Gojek berbagi paket parsel berupa peralatan sekolah kepada anak asuh RZ di masjid An-Nur, Lamper tengah, Semarang. Sebanyak 12 paket alat tulis dan buku pelajaran kelas 4 SD dibagikan dalam agenda ini.

Agenda yang dimulai dari pukul 11.00 sampai menjelang adzan Dzuhur ini disambut dengan ceria oleh anak-anak dan orang tua penerima manfaat.

“Jihan senang sekali mendapatkan paket alat tulis baru. Jadi bisa dipakai di sekolah nanti.” ungkap Jihan (6) dengan senyum polosnya.
Selain itu salah seorang orang tua pun menyampaikan kegembiraannya, “Alhamdulillah kita juga, orang tua diberi kornet Superqurban. Sebelum Idul Adha kita jadi sudah bisa merasakan daging qurban. Terima kasih Gojek dan RZ.” ucap bu Sri Hariyani (41) senang, salah seorang orang tua murid.

Mudahnya untuk berdonasi pun sekarang bisa melalui Aplikasi yang sudah tersedia di Gojek yaitu Go-Tix, Go-Box dan Go-Send. Berbagi kebahagiaan dengan menceriakan anak negeri kini semakin mudah dengan Gojek.

 

Newsroom/Irma
Semarang

RELAWAN RZ BAGIKAN NASI BUNGKUS UNTUK DHUAFA DI PALEMBANG

RELAWAN RZ BAGIKAN NASI BUNGKUS UNTUK DHUAFA DI PALEMBANG

RELAWAN RZ BAGIKAN NASI BUNGKUS UNTUK DHUAFA DI PALEMBANGPALEMBANG. Jum’at (22/07) Relawan RZ Palembang kembali mengadakan Aksi Jum’at MeNaBung di Jalan Lingkar Selatan, Desa Pegayut, Pemulutan, Sumatera Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 13.30 WIB, ba’da sholat Jum’at. Agenda ini merupakan agenda Jum’at rutin yang diadakan RZ cabang Palembang.

“Alhamdulillah kita berhasil membagikan 55 nasi kotak untuk warga desa Pegayut. Nasi kotak itu adalah amanah dari salah satu donatur RZ cabang Palembang.” ungkap Widi Putri Anwar, kordinator Relawan RZ Palembang.

Terima kasih untuk para donatur RZ yang mempercayakan donasinya di lembaga ini. Semoga akan lebih banyak lagi yang merasakan dampak manfaatnya untuk masyarakat.

 

Newsroom/Widi
Palembang

RZ CILEGON BERANGKATKAN DA'IYAH KE PELOSOK SULSEL

RZ CILEGON BERANGKATKAN DA’IYAH KE PELOSOK SULSEL

RZ CILEGON BERANGKATKAN DA'IYAH KE PELOSOK SULSELCILEGON. Sulaeha (41) seorang wanita pengajar sekaligus da’iyah asal Serang, Banten, hari Senin ini (25/07) diberangkatkan oleh RZ Cilegon menuju kampung pedalaman di kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Adapun tujuan diberangkatkannya salah satu Dosen IAIN Serang ke kampung pedalaman tersebut adalah dalam rangka berdakwah melalui pendidikan.

Rencananya Ustadzah Sulaeha akan bermukim dan mengabdi disana kurang lebih selama 40 hari. Menurut Informasi dari Ustadzah Sulaehah perhatian masyarakat pedalaman di Sulsel pada bidang pendidikan baik itu pendidikan umum maupun pendidikan keagamaan sangat minim karena faktor ekonomi dan kurangnya motivasi dari orang tuanya.

Dalam implementasinya nanti Suleha bersinergi dengan RZ Makassar untuk mendukung program-program yang telah ia rencanakan sebelumnya.

“Insya Allah disana saya akan melaksanakan program memberantas buta aksara, memotivasi masyarakat akan pentingnya pendidikan anak, dakwah persuasif dan suplai gizi berupa penyaluran kornet Superqurban kepada masyarakat setempat.” papar Sulaeha.

Sebelumnya Ustadzah Sulaeha telah berdakwah di daerah pedalaman lain seperti di Lombok NTT dan berencana setelah dari Sulawesi Selatan daerah yang akan ia singgahi adalah Papua Irian Jaya.

Semoga perjalanan dakwah beliau di Pedalaman Sulawesi Selatan berjalan dengan lancar dan berhasil menuntaskan buta aksara serta masyarakat disana semakin menyadari pentingnya pendidikan bagi anak.

 

Sumber: http://www.rz-cilegonnews.xyz/2016/07/rz-cilegon-berangkatkan-daiyah-ke.html