Mendidik anak di zaman modern ini memang menjadi tantangan tersendiri bagi semua orang tua. Saat ini, gadget adalah salah satu media yang ampuh bagi anak-anak untuk menarik perhatiannya, bahkan bisa menjadi candu. Namun, kecanduan pada gadget tidak boleh dianggap enteng oleh para orang tua, karena akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan sang buah hati.

Seharusnya, anak-anak aktif bergerak, mengeksplore lingkungan sekitarnya, dan berinteraksi dengan teman-teman orang tua dan teman-temannya. Jika anak disibukkan dengan gadget, maka kemampuan mereka untuk bersosialisasi akan terganggu dan dapat menyebabkan kesehatan fisik dan jiwa anak-anak. Berikut beberapa tips untuk menghentikan anak dari kecanduan gadget yang dilansir dari hellosehat.com.

1. Jadi Teladan

Sebaik-baiknya nasihat adalah teladan atau contoh. Begitupun dengan mendidik anak, apabila Sahabat Zakat menyuruh anak untuk tidak bermain gadget, maka Anda pun jangan sampai bermain gadget di depannya, bahkan tidak pernah lepas darinya. Hal tersebut akan ditiru oleh anak, karena melihat orang tuanya sendiri tidak bisa lepas dari gadget.

2. Batasi Penggunaan Gadget

Tentukan waktu kapan saja anak boleh bermain gadget, dengan demikian bisa membatasi penggunaannya apabila sudah menentukan jadwal bermain. Jangan meletakkan gadget sembarangan dan mudah dijangkau oleh anak. Pastikan area kamar tidur anak bebas dari gadget.

3. Perbanyak Aktivitas atau Kegiatan

Dengan memperbanyak aktivitas anak, baik di dalam ataupun di luar rumah akan menyita perhatian anak, sehingga lupa dengan gadget. Sahabat Zakat bisa mengajak anak untuk lari pagi atau bersepeda di hari libur, berkunjung ke rumah saudara. Dan berbagai kegiatan lain yang membuat anak-anak aktif bergerak.

4. Bersikap Tegas

Kecanduan gadget membuat anak tantrum. Maka dari itu, Anda harus tegas dan menerapkan peraturan untuk membatasi gadget. Anak butuh waktu untuk terlepas dari gadget, jadi mengurangi waktu bermain gadget pada anak tidak boleh secara mendadak, tapi harus dilakukan secara perlahan.

Semoga Allah selalu memudahkan kita semua dalam mendidik anak, sabar dan tetap semangat ya para orang tua. Insya Allah akan banyak pahala yang berlipat ganda bagi orang tua yang berhasil mendidik anak-anaknya menjadi manusia yang taat, beradab, dan berakhlak.