AGAR BERPRESTASI, GIZI ANAK HARUS TERPENUHI

Setiap anak yang sudah memasuki usia sekolah, pastinya semakin banyak memiliki beragam aktivitas. Mulai dari kegiatan ekstrakulikuler di sekolah, hingga berbagai les privat di luar sekolah.

Semua dilakukan, guna mengembangkan potensi anak di masa depannya. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memperhatikan kebutuhan gizi dan energi tiap anak sesuai dengan usia, jenis kelamin serta tingkat aktivitas masing-masing.

Menurut Ahli Nutrisi Eka Herdiana, angka kecukupan gizi tiap anak memang berbeda pada setiap kelompok usianya. Orang tua wajib memperhatikan hal tersebut, agar anak tetap mendapatkan kebutuhan gizi yang mereka perlukan dalam masa tumbuh kembangnya, terutama di masa sekolah.

“Misalnya untuk anak usia 7-9 tahun yang sangat aktif, membutuhkan 49 gram protein, 1.000 mg kalsium dan 10 mg zat besi untuk kebutuhan energi satu hari penuh yang bisa didapat tidak hanya dari makanan, tapi juga dari minuman bergizi. Kebutuhan gizi yang optimal tersebut dapat mendukung kebutuhan anak untuk beraktivitas selama satu hari penuh seperti belajar, bermain dan olahraga,” ujar Eka, dalam acara Pentingnya Penuhi Kebutuhan Gizi Anak Setiap Hari, yang diadakan oleh Nestle Milo, pekan lalu.

Kebutuhan gizi tersebut, lanjut Eka tidak dapat dilakukan secara instan melainkan harus konstan dilakukan sejak dini, sebelum anak memasuki usia sekolah. Hal ini berguna agar anak tetap sehat, lincah dan aktif dalam berprestasi.

“Anak yang nutrisinya terpenuhi dengan baik biasanya cenderung memiliki prestasi yang baik di sekolah maupun di luar sekolah. Apalagi jika didukung dengan sarapan sehat nan bergizi setiap harinya. Maka, sekali lagi dalam hal ini peran orang tua sangatlah penting,” tambahnya.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi