Kesehatan gigi dan mulut adalah salah satu bagian yang penting, namun seringkali sebagian dari kita sering mengabaikannya. Pernahkah Sahabat Zakat mengalami sakit gigi? Apabila pernah, tentu menimbulkan ketidaknyamanan, dan bisa mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Agar kesehatan gigi dan mulut kita terjaga, berikut ada beberapa tips untuk menjaganya yang dilansir dari hellosehat.com, di antaranya:

1. Sikat Gigi Secara Rutin

Dikutip dari Mayo Clinic, American Dental Association merekomendasikan untuk rutin menyikat gigi dua kali dalam sehari. Hal tersebut bermanfaat untuk membersihkan sisa-sisa makanan, seperti plak yang mengandung bakteri di dalamnya.

2. Jangan Sikat Gigi Terlalu Keras

Apabila Sahabat Zakat menyikat gigi terlalu keras, akan terjadi gesekan dan dapat merobek gusi dan mengikis enamel gigi yang relatif tipis. Akibatnya, gigi Anda bisa menjadi lebih sensitif, padahal salah satu tujuan menyikat gigi adalah menghilangkan plak gigi.

3. Gunakan Pasta Gigi Berfluorida

Fluorida merupakan pertahanan utama terhadap kerusakan gigi yang bekerja dengan cara memerangi kuman dan memberikan perlindungan alami untuk gigi. Fluorida akan diserap tubuh, kemudian digunakan oleh sel-sel yang membangun gigi Anda untuk menguatkan enamel gigi. Kandungan Fluorida adalah unsur alami yang bisa ditemukan dalam kandungan pasta gigi.

4. Gunakan Benang Gigi dan Obat Kumur Atau Larutan Garam

Agar sisa makanan yang menyangkut di gigi bersih, gunakan benang gigi, karena bisa membersihkan partikel dan plak yang tertinggal yang sulit dijangkau untuk dibersihkan. Kemudian, Sahabat Zakat juga bisa menggunakan obat kumur untuk mencegah bau mulut. Kandungan obat kumur diklaim bisa mengontrol pertumbuhan bakteri dan bisa mengurangi plak yang masih menempel.

Apabila ingin menggunakan cara alami, Sahabat Zakat bisa menggunakan air larutan garam untuk berkumur.

5. Batasi Konsumsi Makanan Manis dan Asam

Makanan manis akan diubah menjadi asam oleh bakteri di mulut dan akan menggerogoti enemel gigi Anda. Selain itu, makanan manis juga dapat memproduksi asam yang bisa menyebabkan gigi cepat berlubang. Maka dari itu, mengurangi makanan yang manis baik untuk kesehatan gigi.

6. Jangan Merokok

Merokok bisa meningkatkan risiko Anda terkena penyakit gusi dan kanker mulut. Tembakau juga bisa menyebabkan gigi menguning dan bibir menghitam

Enam poin di atas bisa Sahabat Zakat terapkan di kebiasaan sehari-harinya, sehingga kesehatan gigi dan mulut Anda tetap terjaga.