AKSI MOBIL SEHAT PGN DI MEDAN

MEDAN. Rumah Zakat dan Mobil Sehat PGN  kembali memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat untuk yang kedua kalinya, Selasa (15/3). Aksi Mobil Sehat PGN dilaksanakan di Lingkungan 4 Kelurahan Sicanang Kecamatan Medan Belawan. 

Kelurahan Sicanang merupakan salah satu desa binaan yang rutin dikunjungi setiap satu bulan sekali. Kegiatan ini dilakukan secara bergilir ke setiap lingkungan di Kelurahan Sicanang.

Masyarakat di kelurahan ini, sebagian besar bermata pencaharian buruh pelabuhan dan nelayan. Tidak sedkit pula yang menjadi pengangguran ataupun pekerjaan yang tidak menetap. Status gizi balitanya pun masih belum baik. Berdasarkan keterangan dari warga setempat, tidak sedikit dari balita mereka yang status gizinya di bawah garis merah (BGM).

Selain itu pengetahuan dan tingkat pendidikan orang tuanya masih rendah, hal ini merupakan faktor yang mempengaruhi status gizi balita. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini, diberikan penyuluhan mengenai “Keluarga Berencana” yang disampaikan oleh dr. Zulfikri. Dalam penyuluhannya berisi tentang perencanaan dalam membina keluarga baik dari segi kesehatan maupun ekonomi.

Pada aksi ini memberikan layanan pada 151 orang penerima manfaat. Layanan yang diberikan, pemeriksaan kehamilan, pemeriksaan kesehatan bayi, balita, pemberian PMT, pemeriksaan kesehatan umum, gigi dan penyuluhan kesehatan. Tim yang diterjunkan terdiri dari 1 dokter SpOG, 1 dokter gigi, 2 dokter umum, 2 perawat, 1 bidan, 2 apoteker, 3 relawan dan 1  driver ditambah lagi partisipasi dari kader posyandu setempat.

“Saya mewakili warga mengucapkan terima kasih pada Perusahaan Gas Negara dan Rumah Zakat, kegiatan ini sangat positif bagi warga khususnya lingkungan 4 ini sehingga masyarakat menginginkan kelanjutan aksi, sebab sangat membantu masyarakat ekonomi lemah dalam hal kesehatan,” ujar J.Z . Aritonang selaku Kepala Lingkungan 4 dan merupakan salah seorang penerima manfaat. ***

Newsroom/Firdha Fitria Sitorus
Medan

Tags :
Konfirmasi Donasi