AKSI RECOVERY BENCANA ASAP LOTTE MART DAN RZ

RZ LDKO CilegonBANJARMASIN. (3/12). Sebagai bentuk kepedulian Lotte Mart kepada masyarakat pasca Bencana Asap di Kota Banjarmasin, Lotte Mart menggandeng RZ untuk mengadakan program siaga sehat. Aksi siaga sehat Lotte mart dilaksanakan di Gg. Tumaritis RT 23 Kelurahan Karang Mekar, Kota Banjarmasin.

Daerah ini merupakan wilayah padat penduduk dan pemukiman mereka masih berstatus meminjam dari aparat TNI. Kondisi masyarakat di daerah ini sangat memprihatinkan karena banyak pendatang yang kurang merawat lingkungan dan kesehatan khususnya. Hal ini dilihat dari kondisi lingkungan yang masih ada sampah berserakan yang kurang diperhatikan warga.

Wilayah tersebut juga merupakan wilayah terluar jangkauan Puskesmas Karang Mekar, karena berada di wilayah perbatasan dengan Kelurahan tetangga. Kondisi ini menyebabkan masyarakat enggan memeriksakan diri ke Puskesmas kecuali dalam keadaan darurat. Mayoritas masyarakat di daerah ini bekerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Acara dimulai pada pukul 09.00 WITA yang langsung dibuka oleh Lurah Karang mekar sekaligus memberikan sambutan. Kemudian dilanjutkan penyuluhan oleh Kepala Puskesmas Karang Mekar kemudian ditutup dengan sambutan Kepala Cabang RZ Banjarmasin. Setelah itu program dilanjutkan dengan pembagian masker N95 kepada warga yang hadir.

Selanjutnya warga yang telah hadir diperiksa kesehatannya oleh dokter yang bertugas. Sebelum memeriksakan kesehatannya ke dokter pasien melakukan pendaftaran, selanjutnya diperiksa tekanan darahnya, setelah itu baru pasien melakukan pemeriksaan kepada dokter.

Kemudian bagi pasien yang masih balita selain mendapatkan obat sesuai resep juga mendapatkan PMT. Pengobatan gratis ini sangat diminati oleh masyarakat sekitar yang sejak pagi sudah rela menunggu kedatangan tim kesehatan. Tercatat sejumlah 158 warga merasakan manfaat program siaga sehat ini.***

Newsroom/Susilowati
Banjarmasin

Tags :
Konfirmasi Donasi