[:ID]AKSI RUMAH ZAKAT ACTION BANTU KORBAN BANJIR KABUPATEN SEKADAU, KALIMANTAN BARAT[:]

[:ID]SEKADAU, (08/12) – Kepala dusun Penepah menginformasikan bencana banjir bandang yang terjadi melanda wilayah desa Santok, desa Kiungkang dan Desa Meragun Kecamatan Nanga Taman Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat sudah berlangsung selama 3 hari dan air semakin naik karena kiriman dari Hulu Sungai Sekadau. Ini merupakan banjir yang ke 3 kalinya pada bulan Desember.

Merespon kejadian ini, Relawan rumah Zakat Action bersama TIM Relawan gabungan melakukan peninjauan ke lokasi terdampak bencana banjir bandang. Relawan menuju ke di desa Santok, desa Kiungkang dan Desa Meragun Kec Nanga Taman Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, yang di dampingi langsung oleh sekretaris BPBD Kab Sekadau.

Akibat dari banjir bandang ini, beberapa jembatan gantung yang menjadi akses untuk menayebrangi sungai rusak dan terputus di hantam arus yang deras saat banjir bandang.  Di desa Pantok tercatat 1 rumah warga juga hanyut dibawa arus. Untuk saat ini banjir di 3 desa tersebut sudah surut.

Setelah melakukan peninjauan di 3 desa tersebut para relawan melanjutkan Assesment ke desa Perongkan Dusun Penepah dan langsung berkoordinasi dengan kepala dusun setempat. Ternyata 72 rumah masih terendam banjir setinggi pinggang orang dewasa.

Dalam aksi ini, Rumah Zakat salurkan 100 paket Superqurban dan 30 paket sembako untuk warga terdampak di Dusun penepah.

Newsroom

Silvia Itsnaini / Hanaa Afifah[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia