ANAK JUARA DILATIH BERTAHAN HIDUP DALAM JAMBORE DAERAH 2015

RZ LDKO CilegonYOGYAKARTA. Setelah berhasil meraih juara umum 2 (untuk regu putra) dan juara umum 3 (untuk regu putri) di LT 3 Pramuka kota Yogyakarta, regu inti pramuka SD Juara Yogyakarta akhirnya berkesempatan mengikuti Jambore Daerah 2015. Jambore yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Babarsari Yogyakarta ini diikuti oleh sekolah perwakilan dari segenap pelosok Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tidak ada kejuaraan memang di acara Jambore ini, tapi anak anak Juara belajar menjadi Juara dalam kehidupannya kelak. Betapa tidak dari awal hingga akhir acara mereka belajar management waktu, melajar mandiri dan belajar bagaimana survive dengan tetap menjalankan rutinitas ibadah mereka.

Dimulai dari mendirikan tenda, mereka betul-betul mengandalkan keterampilan mereka sendiri. Karena ada sebagian peserta yang mengandalkan guru mereka atau bahkan orangtua mereka untuk membantu mendirikan tenda. Urusan makan pagi pun mereka harus mengupayakan sendiri. “Bu, aku nggak sarapan tadi pagi.”, begitu cerita mereka saat dikunjungi kepala sekolah.

“Kenapa bisa?, begitu reaksi pertama ibu kepala sekolah saat mendengar aduan mereka. Selang beberapa saat mereka terlibat diskusi bagaimana mengatasi persoalan makan pagi. Dari situ mereka belajar managemen waktu, dari situ pula mereka mengerti bahwa nasi yang dimasak malam masih bisa dimakan esok pagi.

Krisis air. Itu juga yang mereka rasakan sehingga mereka bisa mengerti betapa air sangat berarti buat kehidupan manusia. Paling hanya air minum yang tersedia buat mereka itu pun kadang kadang terlambat pemasokannya.

Sungguh mereka sedang belajar tentang mengelola hidup yang sebenarnya. Belajar bagaimana bertahan dalam kesempitan. Namun tetap dekat dengan yang Kuasa. “Mereka tetap tilawah dan murojaah ditengah kesibukan mencuci, dan kesibukan yang lain. Karena mereka harus mengejar target jambore yang dibebankan kepada mereka. Dan yang hebat lagi mereka tetep bertahan menutup aurat dengan baik,” tutur Budi Hadiastuti selaku pembina pramuka SD Juara Yogyakarta***

Newsroom/Sri Ummiyati
Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi