ANGGOTA BUMMAS MANFAATKAN PEKARANGAN RUMAH UNTUK BUDIDAYA TANAMAN

(Foto: Rumah Zakat)

GARUT, RUMAH ZAKAT – Setelah bulan kemarin panen gaduh Domba, Badan usaha milik masyarakat (BUMMas) Tani Sejahtera Cilintung yang bergerak di bidang agro, kini para anggota sedang mengembangkan usaha lainnya yaitu budidaya jahe gajah dalam polybag. Upaya tersebut dilakukan dengan memanfaatkan pekarangan rumah para anggota yang kini sudah memiliki 13 PM.

Salah satu Penerima Manfaat (PM) yang mengembangkan usaha itu adaah Dende, warga Kampung Cilintung, Desa Berdaya Situgede, Kecamatan Karangpawitan. Pria yang berfrosesi petani dan peternak domba ini memiliki ide untuk mencoba memodifikasi tanaman jahe dalam polybagnya untuk diselingi juga dengan bawang merah.

“2 bulan bawang merah ini akan bisa dipanen hasilnya, lumayan lah bila tidak dijual pun bisa untuk bumbu masak di dapur,” ujar Dende saat ditemui Yanto selaku Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat pada Jum’at (13/11).

“Program ini bagian pula dari usaha ketahanan pangan masyarakat yang digagas di desa berdaya, melihat pandemi masih belum berakhir berharap masyarakat Indonesia agar hidup kreatif dan inovatif untuk bertahan hidup dimasa pandemi Covid-19,” pungkas Yanto.

Newsroom

Yanto Sugih/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia