ASAH KETERAMPILAN ANGGOTA BARU, RELAWAN RZ GELAR KAMPUS RELAWAN

RZ LDKO CilegonPEKANBARU. Kampus relawan adalah salah satu program kerja relawan rumah zakat pekanbaru. Pada kesempatan kali ini relawan tumah zakat pekanbaru mengadakan kampus relawan dengan materi tali temali.

Kampus relawan pertama ini bertujuan untuk mengasah kreterampilan relawan baru hasil open rekruitmen tahun ini, yang mana relawan baru ini terdapat dari semua kalangan. Relawan baru ini terbuka untuk umum dari kalangan siswa , mahasisaa dan masyarakat umum.

Pada kesempatan kali ini materi yang di sampaikan oleh pemateri dari UKM pramuka Universitas Riau adalah dasar tali temali. Kenapa materi tali temali ini mengawali kampus relawan pekanbaru?.

Hal ini disebabkan tali temali adalah ilmu dasar yang sangat penting dalam kerelawanan. Ini dibuktikan ketika relawan menghadapai survival atau dalam evakuasi korban tali temali adalah keahlian yang sangat berguna saat dalam keadaan darurat dan tanpa alat instan yang lengkap.

Seperti saat membuat tandu darurat, relawan bisa membuat tandu darurat dengan menggunakan tali karmantel dan dua tongkat kayu. Dan pendirian tenda darurat juga menggunakan simpul simpul yang terkadang terlihat rumit padahal sebenarnya mudah ketika sudah mengetahui bagaimana cara membuatnya.

Prinsip sebuah simpul adalah kuat dan kokoh tetapi mudah dilepaskan.ketika sebuah simpul tidak kokoh atau tidak mudah dilepaskan, ini berarti adanya kesalahan dalam membuat simpul.

Dalam pembuatan simpul ini relawan diharuskan fokus karena supaya tidak ada kesalahan dalam melilitkan tali. Dan ketika kampus relawan ini berlangsung tidak semua relawan yang tidak bisa, akan tetapi ada beberapa relawan yang memeang sudah mahir dlaam tali temali.

Dan disinilah adanya kerja sama , relawan yang sudah mengerti dalam tali temali mengajarkan relawan lain yang belum mengerti cara membuat simpul dan yang sudah mengerti mengingat lagi bagaimana cara membuat simpul kuat, kokoh dan mudah ketika dilepaskan .

Kampus relawan kali ini dilaksanakan di taman univeristas riau, relawan rumah zakat pekanbaru melakukan hal ini di luar ruangan supaya mendaptkan suasana yang lebih terbuka dlaam penyampaian materi.

Dalam agenda kampus relawan kali ini di hadiri oleh mayoritas relawan baru, ini menandakan banyaknya peminat pemuda dalam aksi sosial seperti relawan ini.

Dan pada akhir kampus relawan ini relawan sudah cukup mengerti dengan materi tali temali dasar ini, dan pekan depan akan diadakan kembali kampus relawan dengan materi tali temali lanjutan dan pembuatan tandu darurat.

Sumber : http://www.utusanriau.co/?/det/17961#sthash.NQAP0gyj.dpuf

Tags :
Konfirmasi Donasi