AUDIT SEBAGAI SEBUAH KEBUTUHAN

Oleh: Dedy Mulyana, S.Si

Auditor Internal Rumah Zakat Indonesia

Mendengar kata audit tentunya bukan hal asing bagi sebagian besar masyarakat termasuk para amil Rumah Zakat Indonesia (RZI). Apalagi sejak tahun 2005 RZI sudah melakukan audit untuk laporan keuangannya yang dilakukan oleh akuntan publik dengan opini, wajar tanpa pengecualian. Dan sejak tahun 2007 RZI menjadi pelopor Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang diaudit berdasarkan laporan keuangan berbasis PSAK Zakat yang merupakan laporan standar LAZ di Indonesia.

Rumah Zakat Indonesia Tidak hanya dituntut untuk bisa mengumpulkan dana dari muzakki/donatur untuk kemudian disalurkan kepada yang berhak menerimanya/mustahik. Namun RZI pun dituntut memiliki kemampuan mengelola dana. Dengan ikut merasakan bagaimana sulitnya mengumpulkan dana, menjadikan pemakaian/pengelolaan semakin profesional, betul-betul layak, dan dari berbagai aspek patut dipertanggungjawabkan kepada stakeholders. Dengan demikian, butuh azas akuntabilitas dan transparansi. Sehingga budaya kerja yang amanah, profesional, kemudahan, sinergi, ketepatan penyaluran dan kejelasan laporan dapat terealisasi.

Untuk memenuhi standar kelayakan, maka setiap tahun keuangan RZI sudah seharusnya diaudit. Tidak hanya itu, semua yang berhubungan dengan kelembagaan Rumah Zakat Indonesia idealnya diaudit oleh satuan audit internal. Setiap departemen dan divisi yang ada di Lembaga ini diharapkan siap. Jadi setiap proses yang memerlukan dana dengan prosedur yang benar, maka harus dipertanggungjawabkan. Di RZI dikenal adanya audit internal. Audit internal bertanggungjawab langsung pada CEO.

Berkaitan tim audit ini, mudah-mudahan timbul kesadaran bersama bahwa tim audit tidak harus dicurigai ataupun ditakuti. Nantinya audit semacam ini akan menjadi kebutuhan. Justru dengan diaudit akan diketahui bila terjadi kekeliruan. Dengan demikian, auditing menjadi hal biasa nantinya.

Internal Audit RZI

Internal Audit Department merupakan salah satu departemen yang ada di Rumah Zakat Indonesia yang berperan dalam melakukan pemeriksaan, pengawasan dan perbaikan melalui evaluasi terhadap pelaksanaan sistem Lembaga secara keseluruhan. Dengan menerapkan misi kerja yang strategis diantaranya :

Good Corporate Governance

Artinya adalah menjalankan pemeriksaan dan pemantauan untuk mendorong dan meningkatkan:

a.      integritas dan keandalan data baik fiansial maupun non financial.

b.      efektivitas sistem pengendalian internal, ketaatan pada aturan atau kebijakan Lembaga

c.      efektivitas kebijakan dan pelaksanaan manajemen risiko yang dijalankan oleh Direksi.

Early Warning System

Penyampaian kepada Lembaga potensi-potensi (negatif) yang mungkin terjadi sebagai efek dari kebijakan yang telah dan akan dijalankan.

Law Enforcement

Penegakan regulasi Lembaga dan menjadi trigger untuk ketidakberulangan pelanggaran yang sama.

Audit non-keuangan

Internal Audit secara perlahan akan membudayakan pelaporan yang tepat waktu dan baik. Kalau sudah ada pelaporan yang baik dan benar, tim audit tentunya bisa melihat spot-spot mana saja yang diprioritaskan. Semua ini untuk mendapat tinjauan ulang agar lebih efisien lagi dalam pengelolaannya. Dengan memiliki pelaporan keuangan yang baik, tentunya baru bisa ditentukan satu hal efisien atau tidak, betul atau tidak.

Bila prioritas tertib administrasi terlaksana dan laporan berhasil baik, sangat mungkin bagi Tim audit memasuki tugas-tugas yang lain. Yaitu audit non keuangan, bisa audit operasonal, marketing atau audit yang lain. Semua ini dalam rangka membangun budaya kerja atau tata kelola yang baik.

Dukungan banyak pihak

Budaya kerja atau tata kelola yang baik, tidak terbatas di kantor pusat saja, tetapi secara menyeluruh, baik di pusat maupun cabang. Tim audit membantu proses ini. Tidak mungkin hanya kantor pusat yang menyelesaikan laporan tepat waktu atau melaksanakan system sesuai dengan regulasi yang berlaku di Lembaga, memerlukan dukungan seluruh elemen yang ada di Lembaga ini. Ini bukan pekerjaan mudah, tetapi akan sangat bisa untuk dilakukan.***

 

Tags :
Konfirmasi Donasi