RZ LDKO CilegonPemanasan global kini bukan lagi isu lingkungan, melainkan fakta nyata masalah lingkungan yang sedang terjadi. Pemanasan global menyebabkan siklus pergantian musim menjadi sulit diprediksi. Itulah salah satu penyebab mengapa pergantian dari musim kemarau dan penghujan di Indonesia tahun 2015 tidak biasa. Musim kemarau tahun ini lebih panjang, sehingga mengakibatkan banyak daerah mengalami kekeringan, dan tak hanya itu, karena kondisi yang sangat kering juga menyebabkan hutan-hutan mudah terbakar ataupun dibakar.

Di bulan November 2015, hujan mulai turun di beberapa wilayah, namun belum merata. Sayangnya, curah hujan yang mulai meninggi yang seharusnya menjadi keberkahan justru membuat banjir di beberapa daerah. Hal ini, karena kurangnya daerah resapan air akibat banyaknya lahan hijau yang berubah menjadi bangunan.

Aksi nyata yang dapat mencegah memburuknya kondisi lingkungan akibat pemanasan global adalah dengan memelihara dan menjaga lingkungan alam saat ini, salah satunya melalui program penghijauan lingkungan. Kita tidak bisa memungkiri betapa pentingan lahan hijau saat ini, tak hanya untuk mencegah terjadinya banjir, namun juga menjaga kualitas air bersih dan mengurangi polusi udara.

Kita semua sudah merasakan betapa tidak menyenangkannya saat udara bersih tercemar asap kebakaran hutan. Berdasarkan data BNPB, luas hutan yang terbakar di tahun 2015 mencapai 2.089.911 hektare dan ini setara dengan 32 kali wilayah provinsi DKI Jakarta atau 4 kali pulau Bali. Dengan kebakaran yang terjadi di wilayah seluas ini, telah menyebabkan udara di banyak daerah di pulau Kalimantan, Sumatera bahkan Papua memburuk.

Karenanya, RZ bersama Relawan berinisiatif untuk membuat Program #HijaukanINdonesia, yaitu program pelestarian lingkungan berupa pengadaan bibit dan penanaman pohon dalam upaya memperbaiki dan menjaga keseimbangan lingkungan. Kita akan melakukan penanaman pohon di kawasan-kawasan prioritas yang berada di Medan, Makassar, Cirebon, Padang, Papua, Cimahi, Bandung, Indramayu, Malang, Bogor, Jember, Cikarang, Palangkaraya. Kawasan prioritas ini diantaranya hutan paska terbakar, wilayah rawan abrasi pantai, hutan gundul, dan lainnya.

RZ LDKO CilegonDan tak hanya itu, kami juga mengajak Sobat semua untuk turut serta dalam aksi #HijaukanINdonesia ini dengan melakukan penghijauan di sekitar rumah, melalui penanaman pohon maupun bunga atau sayuran, ataupun berpartisipasi dalam aksi penanaman pohon yang RZ lakukan secara nasional. Donasi disini

Aksi #HijaukanINdonesia November 2015 :
RZ GELAR AKSI TANAM RATUSAN POHON MANGROVE DI UNTIA MAKASSAR
HIJAUKAN INDONESIA, RELAWAN RZ TANAM POHON DI IAIN MANADO
KOMUNITAS GREENPRENEUR RZ TANAM POHON DI ALUN-ALUN MALANG
SAMBUT HARI MENANAM POHON, RELAWAN RZ AJAK WARGA CIKARANG GELAR PENGHIJAUAN
RELAWAN RZ TEBAR DAN TANAM 1000 POHON BERSAMA WARGA LAMPUNGProgram Hijaukan Indonesia_20112015_1