BANK BJB GULIRKAN PROGRAM BANTUAN SARANA USAHA TANI KOMODITAS JAGUNG

BANDUNG. Dalam mengembangkan potensi lokal di bidang agro, Rumah Zakat kembali diberi kesempatan dan kepercayaan oleh bank bjb dalam mengelola Program Bantuan Sarana Usaha Tani Komoditas Jagung, dengan nilai kerja sama Rp.490.500.000,00-.

Program ini akan digulirkan per bulan Maret 2011. Setelah dilakukan penandatangan kerja sama oleh Pengelola Dana CSR PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Adie Arief Wibawa dan pihak Rumah Zakat diwakili Chief Operation Officer, Sri Nurmiati, di lantai 7 Gedung bank bjb, Jl Naripan no. 12-14 Bandung, Selasa (22/3).

Program ini akan melibatkan 38 keluarga petani yang tinggal di Jawa Barat. Diharapkan mereka mampu mengelola dan mengembangkan komoditas jagung. Jagung dipilih karena mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Buah jagungnya untuk pangan, bagian lainnya seperti batang dan daun dapat dimanfaatkan untuk pakan. Waktu panennya tidak terlalu memakan waktu.

Sebagai tahap awal program ini akan dikembangkan untuk satu tahun ke depan. Diawali menseleksi petani yang akan dilibatkan, memberikan pelatihan (penyuluhan), pemberian bantuan Sarana Usaha Tani, pendampingan hingga intervensi pemasaran saat musim panen. Program akan dievaluasi setiap triwulan dengan melaporkan setiap perkembangannya.

Program ini diharapkan bisa meningkatkan peluang usaha di pedesaan dan menambah pendapatan petani yang terlibat didalamnya. Untuk lokasi awal akan dipusatkan di pegunungan Oray Tapa Kabupaten Bandung. ***

Newsroom/Yudi Juliana
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi