BANK RAMAH LINGKUNGAN (RAMLI) BANTU PEREKONOMIAN WARGA DI MASA PANEMI

Keberadaan Bank Ramli semakin dikenal oleh warga karena selain membantu perekonomian, keberadaan Bank Ramli juga lebih efektif untuk mengedukasi masyarakat terkait sampah dan meningkatkan kepedulian lingkungan.

SAMARINDA, RUMAH ZAKAT – Aktivitas Bank Sampah yang lebih dikenal dengan nama Bank Ramah Lingkungan (Ramli) Sidodadi terus aktif menerima setor sampah dan pilah sampah dari para nasabahnya.

Keberadaan Bank Ramli semakin dikenal oleh warga karena selain membantu perekonomian, keberadaan Bank Ramli juga lebih efektif untuk mengedukasi masyarakat terkait sampah dan meningkatkan kepedulian lingkungan. Nasabah Bank Ramli bukan hanya di wilayah Sidodadi tetapi juga dari luar Kelurahan bahkan luar Kecamatan.

Seperti pada Selasa (29/09) tepatya jam 16.00 WITA merupakan jadwal bank ramli membuka layanan penimbangan sampah dan nasabah pun silih berganti berdatangan menimbang sampahnya baik orang dewasa maupun anak-anak.

Salah satu nasabah yang rutin menyetorkan tabungan sampah adalah Painem (62) bahkan sebelum jam layanan buka, beliau sudah datang sambil menunggu para pengurus tiba di lokasi. Painem menuturkan sangat terbantu dengan keberadaan Bank Ramli untuk memenuhi kebutuhannya, terutama di musim pandemi ini. Pasalnya selama pandemi tidak ada lagi yang menggunakan jasanya untuk mencuci piring ataupun memasak saat ada hajatan.

“Sampah ini banyak juga dikasih sama orang, kemudian saya setorkan ke Bank Ramli, hari ini saya ambil tabungan ada perlu, senang punya tabungan disini kadang kalau butuh itu bisa diambil,” tutur Painem.

Newsroom

Toip/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia