BANK SAMPAH BORNEO MENDAPAT DUKUNGAN PEMERINTAH

RZ LDKO CilegonPONTIANAK. “Kami ini sudah tak tahu malu, setiap pulang dari pelatihan atau ada acara di mana saja, selalu saja yang terpikir mengangkut gelas-gelas air mineral untuk ditaruh di bank sampah.”

Kalimat tersebut diucapkan oleh Rita, salah satu member Bank sampah Borneo, Banjar Serasan, Pontianak. Bank Sampah Borneo usianya memang belum lama. Dan seperti bank sampah pada umumnya, kendala yang dihadapi juga seputar mindset yang berkembang di tengah masyarakat. Bahwa apalah guna sampah itu dikumpulin, untuk apa dan siapa? Namun meski begitu, pengurus dan nasabah bank sampah tak ambil peduli, mereka tetap aktif mengumpulkan sampah dari rumah warga dan menempelkan stiker sebagai tanda bahwa rumah tersebut adalah nasabah bank sampah.

“Bank Sampah kami berbeda dengan bank sampah kebanyakan. Kami menabungkan uang hasil penimbangan sampah ini dan tak pernah kami ambil kembali, karena akan kami gunakan untuk membeli tenda dan segala peralatan untuk RW kami. Sehingga jika ada warga yang mempunyai hajat, mereka bisa meminjamnya dengan gratis,” ungkap Halijah, salah satu member lainnya.

Tidak hanya sampai di situ, bank sampah yang diketuai oleh Ismiyatun ini telah dilirik oleh pemerintah daerah setempat dan dijadikan bank sampah percontohan. Mereka bahkan memberikan sebuah mesin komposter yang dapat digunakan untuk membuat pupuk dari sampah-sampah yang telah dikumpulkan.

“Alhamdulillah, meski masih termasuk bank sampah rintisan dan tak semua warga menyambut dengan baik, tapi justru dukungan yang kami terima dari pemerinrahan setempat cukup baik, terbukti dengan bantuan mesin komposter ini,” ujar Asrul, ICD Fasilitator Banjar Serasan.

Banyak jalan untuk terus memberdayakan masyarakat. Dari segala sisi, potensi pemberdayaan tersebut bisa digali. Di Banjar Serasan, MDI dan RZ telah memulai. Wilayah tepian sungai yang acap terpinggirkan, adalah juga masa depan bangsa. Dan pastinya, masih banyak pelosok yang perlu mendapat perhatian.***

Newsroom/Yosef F
Pontianak

Tags :
Konfirmasi Donasi