Para Pegiat Lingkungan di Desa Berdaya Ciparay, Kecamatan Jampangkulon akan mengisi kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diinisiasi oleh Bank Sampah Pepeling.

SUKABUMI – Para Pegiat Lingkungan di Desa Berdaya Ciparay, Kecamatan Jampangkulon akan mengisi kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diinisiasi oleh Bank Sampah Pepeling. Maka dari itu, bertempat di Kampung Seulerih, Desa Ciparay dilaksanakan Rapat Koordinasi untuk memaksimalkan jalannya kegiatan, Kamis (18/2).

Rapat tersebut turut dihadiri oleh unsur Muspika Kecamatan Jampangkulon, Kepala Puskesmas, Danramil, Balai Penyuluh Pertanian, Pemerintah Desa dan juga Relawan Rumah Zakat selaku pengurus Bank Sampah di Desa Berdaya.

Adapun pembahasan dalam rapat meliputi penanggulangan sampah yang ada di Desa Berdaya khususnya, dan umumnya di wilayah kerja Kecamatan Jampangkulon. Selain itu, relawan bersama berbagai unsur terlibat juga mencari solusi agar hasil sampah yang dikumpulkan menjadi potensi pemberdayaan yang dapat dirasakan oleh masyrakat sekaligus merencanakan dan mempersiapkan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pada tanggal 21 Pebruari 2021 Mendatang.

“Serentak di hari Minggu nanti yang bertepatan dengan HPSN, kita adakan susur sampah sepanjang Desa Berdaya, teknisnya Tiap RT masyrakat kerjabakti untuk mengumpulkan sampah dikumpulkan disatu titik kemudian Bank Sampah dan peserta yang hadir akan mengangkutnya untuk dikumpulkan di Bank Sampah Desa, yang kemudian dipilah, ditimbang dan dicatat serta hasilnya akan dinominalkan tentunya kita akan sumbangkan kepada yang membutuhkan.” Tutur Ismat yang menggawangi kegiatan tersebut.

Newsroom

Bibin Syihab/Amri Rusdiana

id_IDIndonesian