BANTU WARGA MISKIN, MTT JABAR GELAR SIAGA SEHAT

BANTU WARGA MISKIN, MTT JABAR GELAR SIAGA SEHATBANDUNG. Aksi Siaga Sehat MTT (Majelis Taklim Telkomsel) Jabar bersama Rumah Zakat digelar pada hari Senin (20/02) lalu bertempat di Kantor Desa Cikadut, Cimenyan, Kabupaten Bandung. Wilayah tersebut dipilih dari hasilrekomendasi salah satu warga yang juga pegiat sosial desa.id, Pak Faiz Manshur yang memiliki kepedulian terhadap masyarakat miskin.

Desa Mekarmanik dikategorikan ke dalam desa yang memiliki banyak warga miskin, namun karena akses jalan bebatuan dan sedang musim penghujan, maka tidak memungkinkan melakukan Aksi Siaga Sehat di sana, sehingga aksi siaga sehat dilakukan di kantor Desa Cikadut yang masih cukup dekat dengan perkotaan.

Acara dibuka pada pukul 08.30 WIB dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu, kemudian warga diarahkan untuk melakukan pemeriksaan tensi dan cek metabolik berupa cek gula darah, asam urat dan kolesterol. Hasil pemeriksaan tersebut kemudian diberikan kepada dokter untuk dikonsultasikan terkait hasil tersebut ataupun terkait gejala-gejala sakit lainnya.

Ketika warga sudah mulai berdatangan, proses pemeriksaan dihentikan sejenak untuk menyimak penyuluhan dari dr. Nur Akbar Fauzi dengan tema “TOSS TB (Temukan Obati Sampai Sembuh Tuberculosis”. Sebelumnya Kepada Desa Cikadut yaitu Ibu Listati dan perwakilan MTT Jabar, M. Rovi’i menyampaikan sambutannya.

Pemeriksaan kesehatan gratis kembali dilanjutkan setelah penyuluhan selesai. Bagi warga yang sudah berkonsultasi dengan dokter dan akan mendapatkan resep, yang obatnya dapat diambil di salah satu pos.

Selain mendapatkan obat warga juga mendapatkan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) berupa buah apel, biskuit dan susu yang diberikan sebelum pulang. “Alhamdulillah sebanyak 158 orang terlayani dengan baik pada aksi siaga sehat kali ini.” kata Nur Shyfa, Project Monev Rumah Zakat.

Newsroom/Ai Ratih Rusmayanti
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi