BANTUAN TERNAK RUMAH ZAKAT AKTIFKAAN KEMBALI KELOMPOK TERNAK MINDA JAYA, BANYUMAS

BANYUMAS. (24/02) Desa pinggiran hutan memang banyak menyediakan pakan hijauan untuk ternak, banyak rumput yang sangat potensial untuk dimanfaatkan oleh warga sebagai sumber pakan ternak. Namun kendala masyarakat pedesaan adalah masalah modal ternaknya itu sendiri dan menejemen peternakan sehingga banyak pemuda desa yang lebih suka ambil langkah praktis merantau ke ibu kota dan pulang membawa uang.

Rumah zakat melalui Fasilitator di desa Glempang kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas mengadakan program penggemukan kambing/domba untuk persiapan idulkurban enam bulan ke depan. Keuntungan dari penjualan sebagian menambah penghasilan peternak dan sebagian lagi untuk menambah jumlah kambing/domba sehingga secara otomatis akan menambah jumlah penerima manfaat.

Kelompok ternak Minda Jaya yang berdiri tahun 2009 sempat vakum beberapa tahun karena berbagai macam alasan, akhirnya kini bisa aktif kembali dengan bantuan modal yang diberikan oleh Rumah Zakat.

“Terimakasih Rumah Zakat yang sudah memberikan bantuan modal bibit kambing, kandang kambing saya sudah lama kosong karena tidak ada modal” Ujar psk Darum, ayah dari dua anak ini.

Bantuan modal enam ekor kambing ini diberikan kepada dua orang penerima yaitu bapak Darum dan Bapak Satam.

“InsyaAlloh ke depan ada pertemuan rutin bulanan untuk memantau perkembangan ternak dan disisipi pengajian. Terimakasih rumah zakat
” ujar Fasilitaror Desa Berdaya, Achri priyono.

Newsroom
Asih SH/ Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi