BASARNAS BERBAGI ILMU DI DIKSAR RELAWAN RZ MAKASSAR

RZ LDKO CilegonMAKASSAR. Bertempat di Lembana, Kelurahan Pattapaang Kecamatan Tinggi Moncong, Relawan RZ Makassar menggelar diksar yang dilaksanakan selama 4 hari (3-6 Desember 2015). Diksar ini diikuti oleh 27 orang peserta yang terdiri dari 11 pria dan 16 wanita. Sebelum menerima materi pertama, peserta melakukan olahraga pagi terlebih dahulu dilanjutkan dengan Opening Ceremony Diksar yang dipimpin langsung oleh Kooordinator Relawan RZ Makassar.

Materi-materi yang disampaikan dalam diksar di Makassar ini ialah Manajemen Tanggap Bencana Daerah, Pertolongan Pertama dan BHD RJP, Navigasi Darat, dan Tali Temali. Dalam penyampaian seluruh materi, peserta diminta untuk langsung peraktek sehingga lebih memahami atas materi yang disampaikan.

Selain menerima materi-materi diatas, seluruh peserta melaksanakan simulasi evakuasi SAR yang didampingi langsung oleh 5 orang pementor dari BASARNAS Makassar. Semua peserta melakukan simulasi teknik pencarian korban. Salah satu relawan jadi korban. Dan tiap kelompok ditugaskan untuk mencari dimana posisi korban. Peserta kmudian dibagi beberap posisi, ada sebagai komandan lapangan, kompas man, tim medis/tandu, dan tim jalan.

Peserta juga melakukan simulasi pencrian korban dan diberi waktu kurang lebih 45 menit. Medan pendakian dan banyaknya semak-semakin semakin mmberi tantangan kepada mereka. Materi kemudian dilanjutkan dengan “Teknik Bivak dan Simulasi” oleh Pak Arianto Ardi, masih dari BASARNAS Makassar.

Hingga pukul 18.00. Terakhir, mereka diberi beberapa games menarik dari Tim BASARNAS. Lalu pukul 20.00 diberi materi terakhir oleh Branch Manager RZ Makassar, Pak Amir, ST dengan memberikan materi “Community Development”.

Hari terakhir (Ahad, 6/12) dilaksanakan longmarch lalu ditutup dengan pengukuhan Relawan RZ angkatan VII periode Diksar 2015 dengan menyematkan slayer Relawan RZ di pundak peserta.

Program Diksar dibuat dengan tujuan untuk membentuk mental dan karakter Relawan yang kuat dan kokoh. Sehingga melalui Diksar ini, diharapkan para Relawan yang baru dikukuhkan memliki jiwa dan semangat jaung yang besar untuk terus bersama membahagiakan ummat.***

Newsroom/Surianto
Makassar

Tags :
Konfirmasi Donasi