BEASISWA CERIA BANTU ANAK BANJARNEGARA JADI SEMANGAT BELAJAR

RZ LDKO CilegonBANJARNEGARA. Mendapatkan beasiswa tentunya menjadi hal yang sangat membantu terutama untuk masyarakat yang kurang mampu. Beasiswa dinilai dapat menjadi sumber pacuan siswa untuk terus melanjutkan pendidikannya. Hal ini dikarenakan siswa terbantu secara finansial untuk memenuhi sarana belajar mereka.

Untuk menunjang pemberdayaan pendidikan di wilayah ICD Prigi, Banjarnegara, RZ pun menggulirkan program Beasiswa Ceria bagi anak-anak di wilayah ini. Penerima Beasiswa Ceria di Desa Prigi berjumlah 35 orang. Rata-rata penerima beasiswa masih duduk di bangku SD dan SMP dan beberapa diantaranya telah menduduki bangku SMA.

Program Beasiswa Ceria juga diiringi dengan pembinaan rutin pekanan dan mentoring. Terdapat 5 elompok mentoring yang tersebar di 5 dusun dari 6 dusun yang ada di desa Prigi. Dan untuk pembinaan anak-anak penerima beasiswa baru bisa dilaksanakan atu bulan sekali dan pendampingan bersinergi dengan TPQ setempat, salah satunya adalah TPQ Nurul Huda.

Pembelajaran di TPQ ini menggunakan metode Yanbu’a, suatu metode pembelajaran membaca, menulis dan menghafal Al-Qur’an yang disusun sistematis terdiri 7 jilid, cara membacanya langsung tidak mengeja, cepat, tepat, benar dan tidak putus-putus disesuai dengan makhorijul huruf dan ilmu tajwid.

TPQ ini memiliki 125 orang murid, 7 orang guru utama dan 13 guru yang berasal dari murid yang telah diwisuda. Melalui program sarana bantuan pendidikan RZ membantu TPQ ini dalam pengadaan prasarana. Diantaranya dengan memberikan buku-buku dan al-qur’an sebagai alat pembelajaran.

“Alhamdulillah, masuknya RZ ke desa kami membuat banyak perubahan positif. Anak-anak yang menerima beasiswa pun menjadi semakin bersemangat dalam belajar, terlihat sekali perubahannya. Selain itu buku-buku yang diberikan juga bermanfaat sekali,” ujar Wartinah, salah seorang pengajar di TPQ Nurul Huda, sekaligus juga relawan lokal RZ.***

Sumber : RZ Magz Edisi Oktober 2015

Tags :
Konfirmasi Donasi