BEGINI CARA MENGATASI MALAS DENGAN GAYA HIDUP SEHAT

Mengatasi rasa malas adalah hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Tak jarang, rasa malas juga bisa membuat seseorang menjadi sembarangan dalam menjalani hidup dan jauh dari gaya hidup sehat. Padahal, sangat penting untuk menerapkan gaya hidup sehat agar kesehatan tubuh menjadi lebih terjaga dan terhindar dari risiko penyakit.

Gaya hidup sehat merupakan cara hidup yang dijalani dengan menerapkan hal-hal yang baik untuk tubuh. Sebaliknya, hal-hal yang bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan sebisa mungkin dihindari. Saat seseorang menerapkan gaya hidup sehat, risiko terkena penyakit pun akan menjadi lebih rendah. Pola hidup sehat bisa membantu menurunkan risiko penyakit kronis, seperti jantung koroner dan kanker.

Menerapkan Gaya Hidup Sehat 

Gaya hidup sehat sebaiknya diterapkan sejak dini dan dijadikan kebiasaan. Sayangnya, tidak sedikit orang yang terlalu malas untuk memulai hidup sehat. Namun jangan khawatir, nyatanya ada berbagai tips untuk mengatasi rasa malas dengan gaya hidup sehat, di antaranya:

  • Buat Jadwal 

Salah satu tips sukses dalam menjalani pola hidup sehat adalah dengan membuat jadwal. Hal ini penting dilakukan agar hidup lebih teratur dan gaya hidup sehat yang diterapkan bisa membawa dampak baik. Agar tidak malas, biasakan untuk menulis waktu dan jenis aktivitas yang harus dilakukan dan selalu jalani jadwal yang sudah dibuat tersebut.

Selain jadwal aktivitas, kamu juga bisa mencatat jadwal dan jenis makanan yang dikonsumsi. Pastikan untuk mencatat asupan makanan, sehingga lebih mudah untuk mengetahui nutrisi apa yang mungkin kurang didapatkan tubuh.

  • Sediakan Sebotol Air 

Rasa malas terkadang juga bisa menyebabkan seseorang enggan atau dengan sengaja melewatkan minum air. Padahal, asupan air putih sangat penting bagi tubuh agar terhindar dari risiko dehidrasi alias kekurangan cairan dalam tubuh. Jika sedang ingin bermalas-malasan, pastikan untuk selalu menyediakan sebotol air putih di sisi kasur atau di tempat yang mudah dijangkau. Dengan begitu, kebutuhan asupan air bisa terpenuhi.

  • Olahraga Ringan 

Gaya hidup sehat yang selanjutnya harus diterapkan adalah berolahraga secara rutin. Jika kamu merasa terlalu malas untuk pergi ke pusat kebugaran, cobalah untuk melakukan olahraga ringan di rumah, misalnya berjalan kaki. Kamu bisa mengambil waktu setengah hingga satu jam untuk berjalan mengitari rumah atau sekadar naik turun tangga.

  • Motivasi Diri 

Hal utama untuk melawan rasa malas adalah motivasi diri untuk menjadi lebih baik. Saat kamu memiliki motivasi diri yang baik, maka akan lebih mudah untuk memulai gaya hidup sehat bahkan hal ini bisa menjadi sebuah kebutuhan yang tidak lagi bisa ditinggalkan. Salah satu cara memotivasi diri yang bisa dicoba adalah dengan memberi hadiah pada diri sendiri setelah berolahraga, misalnya dengan berendam air hangat dan aromaterapi atau sesekali mengosumsi makanan kesukaan.

  • Istirahat Cukup 

Menerapkan gaya hidup sehat adalah hal yang baik, tapi pastikan untuk tidak memaksakan diri. Kamu harus tahu kapan harus memberi jeda pada tubuh. Agar kesehatan selalu terjaga, pastikan tubuh mendapat istirahat yang cukup, yaitu tidur 7–8 jam dalam satu hari.

Sumber: halodoc.com

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia