BERBAGI KEBAHAGIAAN DARI SUMBAWA KE NTT JADI RELAWAN GEMPA

RZ LDKO CilegonSUMBAWA. Gempa bumi berkekuatan 6,2 SR meluluhlantahkan rumah warga di Kecamatan Alor Timur NTT, Rabu (4/11) lalu. Di Kabupaten Sumbawa, kabar tersebut mungkin kurang menyita perhatian masyarakat. Selain kurangnya informasi juga karena lokasinya yang sangat jauh dari Kabupaten Sumbawa. Namun, bagi Repi S hal itu tidak menjadi sebuah pantangan untuk ikut berbagi kebahagiaan. Jiwa sosialnya yang tinggi terpanggil untuk ikut membantu para korban gempa.

Ketua Relawan RZ wilayah Sumbawa ini berangkat ke Alor awal pekan lalu. Misi sosialnya untuk membantu para korban gempa bumi menjadi modal utamanya. Perjalanannya menuju NTT berjalan lancar. Jarak tempuh dari Kalabahi (ibu kota Kabupaten Alor) ke pusat lokasi gempa menurut Repi ditempuh sekitar 3 jam bila menggunakan motor. Kondisi masyarakat benar-benar menggantungkan hidupnya kepada alam. Sebagian besar penduduk Alor Timur adalah petani, pekebun dan peternak. Jauh dari hiruk pikuk kehidupan kota.

Sepanjang jalan yang dilewati, orang-orang melambaikan tangan pada setiap orang yang datang. Hal ini sebagai tanda mereka sangat senang dengan kehadiran tamu dari luar daerah. Genap sepekan PNS di salah satu SKPD di Kabupaten Sumbawa itu berada di Alor Timur. Mungkin aksi sosialnya selama di Alor Timur tidak begitu besar. Namun bagi Repi sekecil apapun yang dilakukannya untuk aksi kemanusiaan dilakukannya dengan ikhlas.

“Saya sangat senang menjalani semua ini. Membantu orang lain sudah menjadi panggilan jiwa saya. Berbagi kebahagiaan adalah prinsip hidup saya. Membuat orang lain bisa tersenyum adalah kebahagiaan yang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Hanya dapat dirasakan.” Kata Repi kepada Radar Sumbawa setiba di Sumbawa akhir pekan kemarin.

Lima hari berada di Alor Timur, Repi bersama para rekannya yang tergabung dalam Relawan RZ beraksi. Beberapa aksi sosial yang dilakukan antara lain membagikan susu kepada anak-anak untuk tetap memenuhi kebutuhan gizinya. Tim Relawan RZ juga memberikan bantuan untuk kebutuhan sekolah anak-anak. Tidak ketinggalan, sebagai motivator muda, Repi juga memberikan motivasi kepada anak-anak di Alor Timur yang sekarang ditempat di sekolah darurat agar mereka tetap mempunyai semangat dan harapan sebagai penerus bangsa.

“Berada di tengah warga dan anak-anak yang terkena musibah membuat saya pribadi tersadar. Kehidupan di dunia ini sementara. Semuanya adalah milik Allah. Kapanpun Allah bisa mengambilnya. Selagi kita mampu, mari berbagi untuk sesama” Katanya.

Sumber : Koran Radar Sumbawa, Edisi Selasa, 17 November 2015

Tags :
Konfirmasi Donasi