BERBAGI KEBAHAGIAAN MELALUI PROGRAM BORONG DAN BERBAGI

Borong dan Berbagi, Program Rumah Zakat dengan sistem memborong dagangan dari pedagang dan memberikannya kepada warga kurang mampu. (Foto: Rumah Zakat)

KAB. GROBOGAN, RUMAH ZAKAT – Rumah Zakat melalui Fasilitator Desa Berdaya melaksanakan program borong dan berbagi. Kali ini, kegiatan borong difokuskan untuk petani sayur terbina yang saat ini tengah panen sayur terdampak pandemi.

Jamari dan Nurul Nikmah adalah dua petani yang sayurannya dobirong oleh Rumah Zakat. Biasanya, mereka memasarkan hasil taninya di pasar-pasar terdekat.

Namun karna pandemi, penjualan mereka menurun tajam. Hal ini dikarenakan pasar yang biasa mereka tempati sepi pembeli, dan daya beli pembeli untuk sayur mayur pun cenderung berkurang.

“Akhir – akhir ini pasar sangat sepi mba, tumben. Saya senang kalau ada orang nawar hasil tani saya, lha ini orang nawar pun tidak ada. Alhamdulillah ada program borong dan berbagi dari Rumah Zakat, sayur – sayur saya akhirnya laku,” tutur Nurul Nikmah, petani kacang panjang, Minggu (19/7).

Rumah Zakat juga memborong dagangan Sutipah, salah satu pedagang sayur keliling yang ada di lingkungan Desa Berdaya Kalimaro. Sutipah biasanya menjual sayur dengan digending dan ditawarkan keliling kampung.

(Foto: Rumah

Ini termasuk pekerjaan baru baginya, karena pandemi ini mengakibatkan pendapatan anak yang merawat beliau menurun dan Sutipah berinisiatif untuk berjualan sayur keliling.

“Sedikit – sedikit yang penting ada pemasukan mba, saya ingin bantu anak saya yang penghasilannya berkurang selama corona ini,” ucapnya.

Setelah sayur dari para petani terkumpul, lalu sayur tersebut dikemasi. Kemudian, Fasilitator Desa Berdaya membagikan paket sayur tersebut kepada 50 penerima manfaat yang berada di lingkungan RW 03 Desa Kalimaro.

Penerima manfaat diprioritaskan kepada masyarakat yang terkena dampak langsung saat pandemi yang terdiri dari lansia, serta mereka yang memiliki balita.

“Terimakasih Rumah Zakat, sayur ini bisa untuk beberapa hari, semoga berkah, ” tutur Karli (62th).

Selain bisa membantu para petani yang diborong dagangannya, program ini tentunya akan memberikan manfaat bagi para masyarakat yang belum terpenuhi kebutuhan gizinya.

Newsroom

Dwi Pujiyanto/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia