Sahabat Zakat, adakah di antara Anda yang berniat puasa sunnah sekaligus berniat untuk melakukan diet atau menurunkan berat badan? Puasa mempunyai berbagai keutamaan, selain mendapatkan pahala dan bisa menjaga hawa nafsu, puasa juga bisa bermanfaat untuk kesehatan. Namun, apakah puasa dibarengi dengan niat diet itu diperbolehkan? bagaimana hukumnya?

Dilansir dari republika.co.id menjelaskan bahwa lembaga fatwa Mesir, Dar Ifta menjelaskan bahwa dibolehkan berpuasa dengan niat yang digabungkan dengan niat untuk menurunkan berat badan. Perilaku diet dianggap mempunyai maksud yang sama dengan puasa, yaitu mencegah makan dan minum.

Seseorang yang melakukan puasa sunnah dengan dibarengi niat yang demikian, puasanya dianggap tidak batal karena pengaturan makanan yang masuk ke tubuh adalah akibat alamiah yang ditimbulkan dari puasa.

Imam Suyuthi dalam kitabnya Al-asybah wa an-Nazhair mengungkapkan, ada dua pendapat ulama terkait menggabungkan dua niat dalam beribadah. Pertama, ada yang menyebutkan tindakan tersebut membatalkan ibadah, dan yang kedua mengatakan hal tersebut tidak membatalkan ibadah.

Suyuthi memberikan contoh semisal dengan kasus ini, yakni menggabungkan ibadah bersuci seperti mandi dan wudhu dengan niat menyegarkan diri. Ada pendapat yang melarang perbuatan ini, tapi ulama bersepakat bahwa pandangan yang membolehkan lebih kuat.

Diperbolehkannya menggabungkan niat menyegarkan diri dengan mandi atau wudhu, karena rasa segar adalah hasil alami dari dua ibadah tersebut.

Begitupun dengan niat puasa sunnah untuk menurunkan berat badan tidak menjadi masalah selama kita melakukan ibadah sunnah lainnya saat berpuasa. Selain mendapatkan pahala, dengan berpuasa juga akan mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa. Wallahu’alam.