BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA ANGKAT KEMANDIRIAN WARGA

RZ LDKO CilegonPASURUAN. Indonesia adalah salah satu tanah surga dunia. Betapa tidak, Indonesia memiliki segudang kekayaan alam yang melimpah, meski sayang tak banyak para penduduknya yang mampu memanfaatkannya dengan baik.

Dengan berlatar belakang masyarakat yang mayoritas bermata pencaharian sebagai petani dan pekebun, Indonesia menamakan diri sebagai negara agraris, negara yang sebagian besar penduduknya hidup dan bekerja dari bercocok tanam. Hal ini menyiratkan bahwa tanah di Indonesia adalah termasuk tanah yang cukup subur sehingga bisa dengan mudah ditanami apa saja.

Dari sini lah kemudian RZ masuk melalui Relawan Inspirasi yang ada di desa binaan Wonosari Kabupaten Pasuruan, RZ mengkampanyekan jargon petani muda berkarya yang dikelola langsung oleh Relawan Inspirasi sebagai mitra pemberdayaan masyarakat.

Mengapa harus petani muda? Karena melihat fakta di lapangan banyak sekali para insinyur atau sarjana-sarjana pertanian yang “nganggur” dalam arti tidak berbuat apa-apa namun hanya memenuhi otaknya dengan teori-teori pertanian saja tanpa ada aplikasi.

Padahal dengan aplikasi action bisa saja kita menemukan teori-teori baru bidang pertanian, karena ilmu itu berkembang. Di samping itu, saat ini banyak sekali para pemuda pengangguran yang kebingungan mencari kerja/lapangan pekerjaan.

Selama ini mindset mereka para pemuda itu adalah menjadi karyawan di sebuah perusahaan atau bidang pekerjaan yang lain tanpa pernah ada pikiran untuk bagaimana menciptakan lapangan kerja dengan memanfaatkan sumber daya alam sekitar yang ada.

Sebab ini lah akhirnya muncul harapan dan keinginan untuk melahirkan para petani muda yang mampu memanfaatkan sumber daya alam sekaligus mampu membuka lapangan pekerjaan baru. ide ini mendapat sambutan yang positif dari pihak pemerintah, terbukti saat pengembangan budidaya pepaya California yang dimotori oleh Moh. Zainul Alim selaku Relawan Inspirasi Pasuruan, bapak camat pun turut hadir dan mendampingi sebagai wujud perhatian juga antusiasme terhadap ide dan program yang dijalankan RI Pasuruan ini.

Bahkan rencana ke depan, program ini harus terus dikembangkan untuk kemudian dijadikan sebagai sentra pepaya California dan lokasi ekowisata.tak tanggung-tanggung, pihaknya juga berjanji akan menyampaikan rencana ini kepada bupati Pasuruan dan ke depan akan mendapat kunjungan dari bupati Pasuruan.***

Newsroom/Rico A Yuza
Pasuruan

Tags :
Konfirmasi Donasi