BUMMAS MAKSIMALKAN SEKTOR LAUT UNTUK GERAKKAN EKONOMI WARGA

Saat ini BUMMas Jauzul Hind sudah memiliki 2 sektor yang dikembangkan. Yang pertama adalah kegiatan melaut dan usaha dagang ikan kering dan yang kedua adalah Koperasi serba usaha.

BATU BARA, RUMAH ZAKAT – Sudah hampir beberapa tahun kegiatan pemberdayaan ekonomi dilaksanakan di Desa Suka Maju. Salah satu inisiasi yang dilakukan Fauci selaku fasilitator Rumah Zakat adalah mendirikan Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMas) Jauzul Hind.

Lembaga ini merupakan sarana penggerak dan pengembangan ekonomi yang ada di Desa Suka Maju. Dan untuk menjalankannya, relawan melibatkan seluruh masyarakat yang memiliki potensi untuk bisa dikembangkan UKM nya dan siap dibina menjadi mitra Rumah Zakat.

Saat ini BUMMas Jauzul Hind sudah memiliki 2 sektor yang dikembangkan. Yang pertama adalah kegiatan melaut dan usaha dagang ikan kering dan yang kedua adalah Koperasi serba usaha.

Untuk sektor melaut dan usaha dagang ikan kering saat ini tetap berjalan. Apalagi pada September kemarin, sektor ini mendapatkan tambahan modal usaha yang diberikan oleh Rumah Zakat.

Sampai saat ini, sektor usaha melaut dan dagang ikan mengalami peningkatan dalam penangkapan dan juga penjualannya. Salah satu hasil tangkapan yang mengalami peningkatan tangkapan dan juga harga adalah udang kecepai atau udang abon.

Bahkan dalam beberapa minggu ini hasil tangkapan warga cukup memuaskan dan bisa di atas 100 kg bahkan lebih seperti yang terlihat pada saat relawan berkunjung, Rabu (07/10).

“Alhamdulillah kami sangat berysukur, hasil tangkapan kami terus meningkat. Kami mengucapkan kepada Rumah Zakat yang terus membantu dan membina kami,” kata Nurul.

Newsroom

Adi Dharma Suhardi/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia