CALON RELAWAN SANTAP MATERI “NAVIGASI DARAT” DI KAMPUS RELAWAN

RZ LDKO CilegonMAKASSAR. Pada hari Minggu (08/11) kemarin, Relawan RZ Makassar bersama para Calon Relawan melaksanakan kegiatan Kampus Relawan di samping danau Universitas Hasanuddin Makassar. Antusias dan keseruan membersamai wajah-wajah para relawan dan carel karena materi tentang “Navigasi Darat” yang diterima langsung dari ahlinya membuat kampus relawan kali ini berbeda dari sebelumnya.

Kesulitan yang ditemukan saat menentukan titik koordinat suatu benda atau orang menjadi hal yang menyenangkan. Para peserta dibuat bingung, tetapi pada akhirnya berhasil menemukan titik koordinat yang ditugaskan ke mereka masing-masing. Navigasi darat adalah teknik atau cara menentukan posisi kita di peta. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui posisi seseorang atau benda.

Kampus relawan kali ini dihadiri oleh pemateri dari BASARNAS Makassar, Pak Agus Salim. Selanjutnya, oleh beliau, peserta kembali diberi ilmu tentang cara mengukur jarak di peta, cara menentukan posisi sendiri di peta atau yang biasa disebut Resection, menentukan posisi orang lain di peta atau yang biasa disebut intersection, dan cara mengukur jarak jika akan melakukan potong kompas. “Gampang-gampang susah. Tetapi seru sekali.” Ujar seorang calon relawan.

Mereka juga diberi ilmu tentang bagaimana cara menggunakan dan membaca kompas dengan baik. Setelah diberi materi, selanjutnya mereka diberi kesempatan praktik untuk mencari sudut dengan melihat sebuah objek yang sebelumnya telah ditentukan oleh pemateri.***

Newsroom/Surianto
Makassar

Tags :
Konfirmasi Donasi