CARA MEMBANGUN KEBIASAAN SEHAT DI KELUARGA

Beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan di dalam keluarga Anda mungkin akan menyebabkan penyakit yang membahayakan.

Salah satunya adalah kebiasaan dalam menyajikan makanan tidak sehat yang bisa menyebabkan anak mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Saat ini, tidak sedikit anak-anak di sekolah yang mengalami obesitas, sehingga anak tersebut sangat rawan terhadap serangan penyakit. Sekarang adalah saatnya untuk merubah kebiasaan-kebiasaan buruk seperti itu di dalam keluarga.

Jika Anda tidak mengetahui bagaimana cara membangun kebiasaan keluarga yang sehat, berikut 5 strategi kebiasaan yang harus dilakukan, seperti dilansir Health.

Kedekatan keluarga

Pertama kali yang harus dilakukan ketika membangun keluarga yang sehat adalah dengan cara membuat pilihan gaya hidup sehat itu sendiri secara bersama-sama. Tanamkan kebiasaan hidup sehat kepada semua anggota keluarga Anda mulai sekarang.

Makan tepat waktu
Untuk menjaga berat badan yang sehat Anda harus pintar mengatur pola makan keluarga. Sajikan makanan selalu tepat waktu. Jika anggota keluarga Anda lapar, hormon ghrelin yang berguna sebagai peningkat nafsu makan membutuhkan 30 menit untuk kembali normal setelah makan. Selain itu, hal ini bahkan bisa menyebabkan penyakit maag.

Mengganti dengan makanan sehat

Anda harus menyajikan makanan yang sehat untuk keluarga Anda. Jika Anda sering menyajikan jenis makanan instan seperti mie atau yang mengandung bahan pengawet lainnya, hentikan segera. Khusus untuk anak-anak, Anda bisa menyediakan makanan sehat seperti sayur-sayuran dan tanaman hijau lainnya.

Olahraga di rumah
Jika Anda melakukan olahraga di luar rumah, Anda secara otomatis akan membutuhkan waktu lebih dari 20 menit. Namun, jika Anda melakukan latihan di rumah, tentu tidak membutuhkan waktu selama itu, karena bisa melakukan olahraga ringan bersama keluarga, sehingga hubungan antar keluarga juga semakin dekat.

Menentukan Makanan di rumah

Keputusan besar tentang apa yang harus dimakan harus dilakukan oleh Anda. Jadi, Anda harus menjadi penentu, karena jika Anda membawa makanan ringan yang mungkin tidak sehat, anak-anak secara alami pasti akan memakannya. Jadi, pastikan anak-anak memakan makanan sehat ketika mereka ingin memakannya.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi