CARE FOR TEEN MALANG, SIAPKAN STRATEGI HADAPI DEMAM BERDARAH

CARE FOR TEEN MALANG, SIAPKAN STRATEGI HADAPI DEMAM BERDARAHMALANG. (11/02). Kamis siang diiringi hujan rintik-rintik di salah satu SMP di Kota Malang yang terletak di Jalan Bendungan Sengguruh, Kelurahan Karang Besuki, Kecamatan Sukun. Sekolah itu adalah SMP Muhammadiyah 6 Malang. Di sekolah yang siswanya tidak lebih dari 60 siswa ini, RZ Malang rutin mengadakan pembinaan kepada siswa yang tergabung dalam “Care For Teen”.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk mentoring dan training keagamaan, kesehatan, keorganisasian, dan motivasi. Kegiatan dilaksasanakan rutin setiap hari Kamis siang sepulang sekolah. Sebanyak 15 siswa aktif mengikuti kegiatan ini, dengan motivasi ingin mengisi waktu untuk kegiatan yang bermanfaat dan mendapatkan pengalaman.

Menghadapi musim hujan yang hampir setiap hari mengguyur Kota Malang, ada banyak hal harus disiapkan untuk menghadapinya. Salah satu hal yang sering terjadi adalah wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Chikungunya.

Penyakit yang ditularkan melalui nyamuk ini, harus dicegah penularannya melalui strategi pencegahan secara individu dan masyarakat. Adelina (24), trainer Care For Teen kali ini memaparkan yang bisa dilakukan adalah dengan mencegah gigitan atau kontak dengan nyamuk dan pengontrolan perkembangbiakan nyamuk.

Siswa juga diberi penjelasan sekilas tentang penyakit DBD yang meliputi tanda gejala, pertolongan pertama yang bisa diberikan di rumah, dan kemungkinan yang akan terjadi jika tidak segera ditangani. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa dapat mengetahui tentang penyakit DBD, bagaimana penanganan, penularan, dan pencegahannya.

Setelah mendapatkan materi, pertemuan selanjutnya siswa akan diajak untuk simulasi langsung untuk pemantauan jentik di lingkungan di sekolah, agar nantinya juga bisa diterapkan di rumah masing-masing, belajar menjadi juru pemantau jentik.***

Newsroom/Dwi Yuliani
Malang

Tags :
Konfirmasi Donasi