CARE FOR TEEN RZ MALANG SUGUHKAN PENYULUHAN DARI KEPOLISIAN

CARE FOR TEEN RZ MALANG SUGUHKAN PENYULUHAN DARI KEPOLISISANMALANG. SMP Muhammadiyah 6 Malang mengadakan kegiatan MOPDB (Masa Orientasi Peserta Didik Baru) pada (19/07). Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai pukul 07.00 sholat Dhuha Berjamaah dilanjut dengan penyampaian visi misi SMP oleh Ibu Siti Fatimah, S.Pd. Para siswa pun sangat antusias mendengarkan visi misi yang dibacakan oleh beliau. Semangat para peserta didik baru sangat semakin bertambah pada sesi berikutnya yang diisi oleh Kepolisian Sektor Lowokwaru Kota Malang tentang kenakalan remaja.

Para ahli pendidikan sependapat bahwa remaja adalah mereka yang berusia 13-18 tahun. Pada usia tersebut, seseorang sudah melampaui masa kanak-kanak, namun masih belum cukup matang untuk dapat dikatakan dewasa. Ia berada pada masa transisi.

Kartono, ilmuwan sosiologi “Kenakalan Remaja atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Juvenile Delinquency merupakan gejala patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial.  Akibatnya, mereka mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang”.

Kemudian menurut Santrock, “Kenakalan remaja merupakan kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang tidak dapat diterima secara sosial hingga terjadi tindakan kriminal.”

Perubahan biologis dan sosiologis pada diri remaja memungkinkan terjadinya dua bentuk integrasi. Pertama, terbentuknya perasaan akan konsistensi dalam kehidupannya. Kedua, tercapainya identitas peran. Kenakalan ramaja terjadi karena remaja gagal mencapai masa integrasi kedua. Kenakalan remaja juga disebabkan kontrol diri yang lemah. Remaja yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima akan terseret pada perilaku ‘nakal’. Begitupun bagi mereka yang telah mengetahui perbedaan dua tingkah laku tersebut, namun tidak bisa mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya.

Selain dari diri remaja sendiri, faktor dari luar juga berpengaruh. Keluarga dan Perceraian orang tua, tidak adanya komunikasi antar anggota keluarga, atau perselisihan antar anggota keluarga bisa memicu perilaku negatif pada remaja. Pendidikan yang salah di keluarga pun, seperti terlalu memanjakan anak, tidak memberikan pendidikan agama, atau penolakan terhadap eksistensi anak, bisa menjadi penyebab terjadinya kenakalan remaja. Teman sebaya dan komunitas  yang kurang baik juga menjadi salah satu faktor penyebab kenakalan remaja.

Kegagalan mencapai identitas peran dan lemahnya kontrol diri bisa dicegah atau diatasi dengan prinsip keteladanan. Remaja harus bisa mendapatkan sebanyak mungkin figur orang-orang dewasa yang telah melampaui masa remajanya dengan baik juga mereka yang berhasil memperbaiki diri setelah sebelumnya gagal pada tahap ini. Motivasi dari keluarga, guru, teman sebaya sangat penting untuk mendukung proses ini.

Orang tua pun juga harus memiliki kemauan untuk membenahi kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga yang harmonis, komunikatif, dan nyaman bagi remaja. Remaja harus pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orangtua memberi arahan dengan siapa dan di komunitas mana remaja harus bergaul. Remaja pun harus bisa membentuk ketahanan dirinya agar tidak mudah terpengaruh jika ternyata teman sebaya atau komunitas yang ada tidak sesuai dengan harapan.

“Kalau adik-adik ingin melakukan perbuatan yang tercela, satu hal yang perlu diingat. Ingatlah wajah ke dua orang tua yang telah bersusah payah melahirkan kalian. Niat buruk itu akan hilang dengan sendirinya dengan membayangkan wajah dua malaikat yang bernama ibu dan ayah.” pesan dari Pak Dedy dan Pak Slamet, perwakilan Polsek Lowokwaru Kota Malang.

“Terima kasih atas dukungan dan pendampingan dari RZ Malang melalui program Care For Teen yang diadakan setiap pekan di sekolah ini. RZ telah membantu kelancaran kegiatan di SMP kami. Semoga program Care For Teen ini bisa membantu dalam mengembangkan potensi siswa-siswi kami.” ujar Bapak Ahad Abdul Jalil, M,Ag., Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 6 Malang.

Sumber: http://citasehat.org/care-for-teen-malang-pesan-dari-kepolisian-untuk-siswa-baru/

Tags :
Konfirmasi Donasi