CARE FOR TEEN SURABAYA AJAK ANAK-ANAK JAGA KESEHATAN GIGI

care-for-teen-surabaya-ajak-anak-anak-jaga-kesehatan-gigiSURABAYA. Pada Sabtu (17/09) kegiatan pembinaan rutin Care For Teen Surabaya digelar bersama kader UKS MTsN 1 Surabaya bertemakan kesehatan gigi yang dibawakan oleh kak Zulfia Husnia.
Pembinaan kali ini dihadiri oleh 17 siswa dengan penuh antusias yang bertempat di masjid MTsN 1 Surabaya. Pembinaan dibuka dengan games asik cara mengenal partner tim kerja oleh kak Ilham Akbar. Adik-adik diajak untuk peka terhadap setiap orang yang berada dalam tim dengan menghafal setiap kriteria anggota timnya baik dari bagian tubuh hingga hal yang sering dipakai oleh setiap anggota tim.

Pembinaan kemudian dilanjut dengan pembentukan kelompok FGD (Focus Group Discussion) tentang fungsi UKS (Unit Kesehatan Sekolah). Dalam FGD adik-adik diajak untuk mengenal lebih dalam bagaimana UKS itu dan kerjanya seperti apa. FGD dipandu oleh kak Intan yang merupakan karyawan magang RBG RZ Surabaya dan temannya kak Wulan. Kegiatan FGD ini bertujuan untuk memancing daya kritis serta pemahaman adik-adik tentang UKS sebelum materi inti yaitu tentang kesehatan gigi.

“Gigi adalah hal yang penting bagi manusia. Gigi bagi manusia memiliki tiga fungsi yaitu untuk menghaluskan makanan, untuk estetika ketampanan dan kecantikan, serta untuk phonetik (membantu dalam pelafalan saat berbicara). Maka dari itu penting dirasa untuk selalu menjaga kesehatan gigi kita.” papar Zulfia Husnia.
“Yuk bersama jaga kesehatan giginya dengan gosok gigi yang rutin, serta periksakan gigi ke dokter gigi secara rutin.” himbaunya dalam pembukaan materinya tentang kesehatan gigi. Kak Zulfia menjelaskan secara detail tentang kesehatan gigi kepada adik-adik dari bagian gigi, jenis gigi, penyebab gigi berlubang, dan bagaimana pencegahannya juga.

Diakhir pertemuan adik-adik yang terbagi dalam tim penyuluh yang nantinya pekan ini akan memberikan materi tentang kesehatan gigi kepada seluruh siswa kelas 7 dan 8 MTsN 1 Surabaya belajar lebih dalam tentang kesehatan gigi dan bagaimana penyampaian terbaik menurut versi mereka.

Newsroom/Ilham Akbar
Surabaya

Tags :
Konfirmasi Donasi