CARE FOR TEENS RZ SURABAYA SERU PELAJARI TRIAGE DAN TEKNIK EVAKUASI KORBAN

care-for-teens-rz-surabaya-seru-pelajari-triage-dan-teknik-evakuasi-korbanSURABAYA. Pada Sabtu (24/09) kader UKS MTsN 1 Surabaya seperti biasa mengikuti pembinaan remaja sehat secara rutin bersama Care For Teens RZ Surabaya. Sabtu kemarin materi yang diberikan adalah mengenai memahami penandaan korban (triage) dan cara evakuasi korban. Materi tersebut disampaikan oleh pembina setia Care For Teens di MTsN 1 Surabaya yaitu kak Satrio Budi dan kak Ilham Akbar. Kegiatan Sabtu kemarin dihadiri oleh sekitar 21 kader UKS. Mereka mengikuti kegiatan dengan penuh antusiasme tinggi sehingga jam kegiatan yang berlangsung dari pukul 09.00-11.00 WIB dirasa kurang.

Kegiatan dimulai dengan bersama-sama membuat tandu. Kegiatan membuat tandu kali ini bertujuan untuk mereview materi pembuatan tandu sebelumnya, sehingga diharapkan para kader UKS bukan hanya bisa tapi sudah terbiasa dalam membuat tandu secara cepat dan tepat guna. Tandu yang dibuat juga sebagai bahan ajar terhadap materi cara pengevakuasian korban.

Setelah review materi mengenai pembuatan tandu, langsung masuk ke materi penandaan korban (triage) yang disampaikan oleh kak Satrio. Materi triage yang diberikan kali ini merupakan triage umum saja. Triage adalah Proses khusus memilah dan memilih pasien/korban berdasarkan beratnya penyakit sehingga dapat menentukan prioritas perawatan medik serta prioritas transportasi.

Prioritas korban dalam Triage dibagi dalam 4 label warna. Yaitu :
1. Warna merah (Penderita Cedera berat dan memerlukan penilaian cepat dan tindakan medik atau transport segera untuk menyelamatkan hidupnya. Misalnya penderita gagal nafas, henti jantung, Luka bakar berat, pendarahan parah dan cedera kepala berat)
2. Warna kuning (Pasien memerlukan bantuan, namun dengan cedera dan tingkat yang kurang berat dan dipastikan tidak akan mengalami ancaman jiwa dalam waktu dekat. misalnya cedera abdomen tanpa shock, Luka bakar ringan, Fraktur atau patah tulang tanpa Shok dan jenis-jenis penyakit lain)
3. Warna hijau ( Pasien dengan cedera minor dan tingkat penyakit yang tidak membutuhkan pertolongan segera serta tidak mengancam nyawa dan tidak menimbulkan kecacatan)
4. Warna hitam (korban meninggal)

Setelah materi Triage dari kak Satrio dilanjut materi cara evakuasi korban dari kak Ilham. Materi diberikan dengan langsung praktik bersama yang dilakukan oleh seluruh kader UKS. Teknik evakuasi korban yang diajarkan dimulai dari hal-hal yang perlu diperhatikan jika ingin mengevakuasi korban, yaitu : kondisi penolong (aman tidaknya), kondisi korban (aman atau tidak untuk dievakuasi langsung serta kondisi tentang cidera atau hal yang dialami oleh korban), dan sumber daya penolong. Para kader antusias dalam mempraktekkan dalam evakuasi korban, ada yang memperaktekkan evakuasi korban secara individu dan secara kelompok.

“Kecelakaan adalah sesuatu yang sering kita temui di sekitar kita entah kecelakaan di jalan atau bencana. Hal ini tidak bisa kita tolak jika sudah terjadi. Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara kita menanggulanginya dengan meminimalisir korban dengan tindakan triage dan evakuasi korban yang cepat dan tepat, serta itu semua adalah tanggung jawab kita jika kita berada dilokasi, bukan menunggu tenaga medis atau yang lainnya. Siswa/kader UKS juga harus melek akan ke ilmu ini.” tutup kak Ilham dalam kegiatan pembinaan sabtu kemarin.

Newsroom/Ilham
Surabaya

Tags :
Konfirmasi Donasi