DAHULUKAN AQIQAH ATAU QURBAN?

Jika sudah memasuki waktu qurban, maka yang didahulukan adalah qurban hal ini dikarenakan:

1. Tidak ada perbedaan pendapat dalam kesunnahannya. Bahkan ada yang mengatakan qurban adalah wajib.

2. Waktu qurban terbatas yaitu 4 hari. Sementara waktu aqiqah terbentang dari lahir hingga sang anak dewasa (aqil baligh).

Jika masih belum aqil (baligh), maka yang dianjurkan untuk mengaqiqahinya adalah kedua orang tuanya. Akan tetapi jika tidak mampu sampai anak tersebut aqil baligh (dewasa) maka gugurlah tuntutan sunnah atas orangtua tersebut .

Tahun ini mungkin terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, adanya wabah Covid-19 membuat setiap aktivitas dibatasi. Namun, jangan khawatir umat Islam tetap bisa melaksanakan qurban tahun ini.

Salah satunya melalui Rumah Zakat. Dengan program Superqurban, kita bisa tetap berqurban walaupun masih dalam keadaan kurang kondusif.

lalu, Apa Itu Superqurban?

Superqurban adalah optimalisasi daging qurban yang diolah menjadi cadangan pangan dari protein hewani bagi masyarakat di Indonesia dan Dunia, superqurban diolah dalam bentuk kornet dan rendang.

Superqurban Sebagai Energi Berkelanjutan Momen Idul Adha menjadi saat yang tepat bagi umat muslim untuk menyediakan sumber protein hewani, sehingga dapat dimanfaatkan lebih lama dan berkelanjutan. Melalui Superqurban, daging qurban dapat dioptimalkan menjadi cadangan makanan sebagai ikhtiar terwujudnya ketahanan pangan Indonesia dan dunia.

Sesuai Syariah
Salamah bin Al-Akwa berkata: Nabi SAW bersabda, ”Siapa yang menyembelih qurban maka jangan ada sisanya sesudah tiga hari di rumahnya walaupun sedikit.” Tahun berikutnya orangorang bertanya: “Ya Rasulullah apa kami harus berbuat seperti tahun lalu?” Nabi SAW menjawab, ”Makanlah dan berikan kepada orang-orang dan simpanlah sisanya. Sebenarnya, tahun lalu banyak orang yang menderita kekurangan akibat paceklik, maka aku ingin kalian membantu mereka.” [HR Bukhari No.569, Muslim No.1974].

Untuk kemudahan berqurban, Rumah Zakat bisa menjadi alternatif di tengah pandemi.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi www.rumahzakat.org

 

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia