DAMPAK BESAR GADGET KEPADA ANAK

Anak kecil yang menggenggam tablet mahal adalah pemandangan jamak di kota besar. Bukan hanya tablet, komputer jinjing, telepon genggam, serta gadget lainnya kini tak hanya digunakan orang dewasa.

Namun, tahukah Anda, banyak dampak buruk yang bisa saja terjadi terhadap anak akibat pengaruh gadget. Seperti yang dilansir dari Mens Health, berikut 2 dampak negatif yang menakutkan apabila Anda memberikan gadget sebelum waktunya.

Anak Anda Cenderung Tumbuh Menjadi Anak yang Pasif
Sebuah penelitian terbaru di jurnal “Infant Behavior and Development” menemukan bahwa menonton TV dapat meningkatkan risiko kognitif, motorik, dan perkembangan bahasa pada anak di bawah 2 tahun tertunda. Hal ini juga menyebabkan lebih banyak waktu anak terpaku pada teknologi. Para peneliti menduga bahwa anak-anak menjadi lebih tertarik dengan layar gadgetnya dibanding bermain bersama orang tuanya. Maka dari itu saat ini Anda harus mengambil peran yang besar untuk pertumbuhan si buah hati.

Lakukan ini sebagai gantinya, cobalah membuka obrolan dengan sang anak atau membacakan cerita sebelum tidur. Sebuah studi dari Stanford University menemukan bahwa semakin lama dan menggunakan verbal yang realistis, maka semakin baik untuk merangsang kemampuan otak anak.

Dapat Membuat Anak Anda Menjadi Malas

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa fokus ke layar gadget dapat menyebabkan tubuh melepaskan dopamin kimia. Dopamin dilepaskan ketika Anda melihat sesuatu yang menarik. Akan tetapi membangun kebiasaan bergantung pada teknologi dari usia muda dapat menyebabkan anak-anak untuk mencari kepuasan dari perangkat tersebut. Hal ini berarti mereka menghabiskan lebih sedikit waktu dengan teman-teman sebayanya dan lebih banyak waktu di sofa sambil memainkan gadget-nya.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi