Desa Berdaya

DESA BERDAYA

Desa Berdaya adalah program pemberdayaan dalam cakupan wilayah desa, melalui pendekatan terintegrasi yaitu program capacity building (pembinaan masyarakat), ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan hingga kesiap-siagaan bencana, dengan target tumbuh dan berkembangnya kelembagaan lokal yang BERDAYA untuk mengatasi permasalahannya sendiri serta berkolaborasi dengan pihak lain terutama pemerintah desa. Program desa berdaya diimplementasikan dari dana Zakat, Infak dan Sedekah donatur Rumah Zakat.

 

Tujuan Desa Berdaya

  1. Keberdayaan Komunitas.
    Indikator berdayanya masyarakat secara komunitas adalah terbentuk dan atau menguatnya lembaga kemasyarakatan, dalam sektor ekonomi berupa BUMMas (Badan Usaha Milik Masyarakat), dalam sektor ekonomi sangat bervariasi bentuknya.
  2. Keberdayaan individu.
    Indikator berdayanya individu adalah peningkatan pengetahuan, motivasi dan skill dalam implementasi sector tertentu (pendidikan, kesehatan, lingkungan) yang berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan.

Lembaga Kemasyarakatan juga diatur dalam UU Desa yang merupakan wadah Partisipasi masyarakat desa sebagai mitra pemerintah desa.

 

PROGRAM DESA BERDAYA

Senyum Juara merupakan program pemberdayaan Pendidikan dengan tujuan melakukan perbaikan kualitas pendidikan yang mencakup kategori penerima manfaat: siswa, infrastruktur, dan tenaga didik yang berkualitas sesuai dengan tujuan SDGs (Sustainable Development Goals) yang memastikan bahwa seluruh anak Indonesia menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah yang gratis, merata dan berkualitas yang mengarah pada dampak pembelajaran yang relevan dan efektif.

Senyum Mandiri merupakan program pemberdayaan ekonomi berbasis potensi lokal bagi masyarakat kurang mampu untuk mengurangi tingkat kemiskinan

Senyum Sehat merupakan program perbaikan kualitas kesehatan masyarakat yang berbasis individual, komunal, swadaya masyarakat. Adapun realisasi program tersebut berupa Ramah Lansia, Posyandu Balita, Khitanan Massal, Ambulance Gratis, Siaga Sehat, Bantuan Kesehatan, Kebun Gizi, Klinik Gratis

Senyum Lestari merupakan program yang terfokus pada permasalahan lingkungan, Rumah Zakat berkomitmen untuk memperbaiki kualitas Lingkungan dan Mengurangi  permasalahan sosial yang berkaitan dengan lingkungan terutama Air, sanitasi dan Kebersihan

 

KONTRIBUSI PROGRAM RUMAH ZAKAT TERHADAP SDGs