[:ID]DESA BERDAYA PAMOYANAN ADAKAN NGAJI PLASTIK [:]

[:ID]BOGOR – Atas keprihatinan Fasilitator Rumah Zakat di Desa Berdaya Pamoyanan, Kota Bogor terhadap semakin banyaknya plastik yang digunakan oleh masyarakat, dengan ini mengajak khususnya ibu-ibu dalam pembinaan rutin bulanannya kali ini bertemakan Ngaji Plastik, Kamis (19/12).

“Kegiatan Ngaji Plastik ini kita sisipkan dalam pembinaan terhadap ibu-ibu, biasanya dengan mengundang ustadz, pegiat sosial dan kali ini dengan mengundang pengrajin daur ulang sampah dan Ecobrick, dengan adanya program ini mudah-mudahan masyarakat akan semakin menyadari pentingnya mengelola sampah secara mandiri,” ungkap Elan Jaelani, Fasilitator Desa Berdaya Pamoyanan.

“Kata ‘Ngaji’ sendiri identik dengan kajian keagamaan, saat ini Ngaji Plastik adalah dari ajaran agama Islam, karena bahaya plastik ketika dibuang sembarangan maka akan merusak alam kita, sedangkan kerusakan alam ini adalah karena ulah dari tangan Manusia seperti yang ada dalam Al-Qur’an” tambah Elan.

Pada kegiatan Ngaji Plastik di Desa Berdaya Pamoyanan ini, peserta diajak untuk membuat kerajinan Keset dari kain baju bekas, mengumpulkan jelantah, menyetorkan sampah anorganik yang bernilai ekonomi ke Bank Sampah dan membuat Ecobrick.

“Jika mau lingkungan kita lestari, maka segera lakukan Ngaji Plastik, mungkin hasilnya tidak bisa langsung kita petik dan dirasakan saat ini, karena proses penyadaran masyarakat itu masih panjang dan terus kita lakukan secara konsisten” kata Entin selaku pemberi pelatihan membuat Keset dari kain bekas dan kerajinan sampah plastik.

Newsroom

Meli Latifah / Hanaa Afifah[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia