DISKUSI DI BINA GRAHA, ICD BISA MENJADI PROGRAM NASIONAL

JAKARTA. Rumah Zakat Indonesia (RZI) mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dengan Staf Ahli Presiden RI Badan Bantuan Sosial dan Penanggulangan Bencana di Gedung Bina Graha Komplek Istana Negara, Rabu (20/1). Tim Rumah Zakat yang terdiri dari Gilang Mahesa, Irfan Nugraha, Trianita Kurniati dan Dyana Widiastuti itu mempresentasikan program-program RZI. Dalam pertemuan itu juga dijajaki kemungkinan program yang bisa disinergikan dengan agenda Pemerintah.

Dari hasil pengenalan program itu, para staf Ahli Presiden sangat mengapresiasi program-program yang sudah dijalankan Rumah Zakat, diantaranya adalah program pengurangan kemiskinan berbasis komunitas atau ICD. “Kami sangat mengapresiasi program-program yang sudah dijalankan oleh Rumah Zakat karena sejalan dengan pemerintah. Tentu ini sangat membantu sekali,” ujar salah satu staf Ahli Presiden, Erik saat menanggapi presentasi dari Gilang Mahesa.

Dia mengatakan Rumah Zakat harus menyajikan data mengenai berapa persen jumlah keluarga mandiri dibandingkan dengan total penerima manfaat di satu ICD dan berapa besar biaya yang dibutuhkan. Hal ini sekaligus menjadi tantangan bagi Rumah Zakat apakah konsep ICD dapat direplikasi sebagai program penanggulangan kemiskinan Pemerintah dilingkungan Kabupaten dan Kota. “Kami ingin melihat langsung role model ICD yang sudah dijalankan Rumah Zakat,” tuturnya.

Dia menyatakan, jika konsep ICD sudah jelas, maka pemerintah siap menjadikan ICD sebagai program nasional dalam penanggulangan kemiskinan.

Sementara itu, Gilang Mahesa menyatakan maksud kunjungan Rumah Zakat ke pemerintah adalah untuk menyatukan potensi dalam menanggulangi kemiskinan. ”Penanggulangan kemiskinan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, akan tetapi merupakan tanggung jawab bersama. Oleh karena itu Rumah Zakat sebagai salah satu elemen masyarakat siap bersinergi dalam menanggulangi kemiskinan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu Rumah Zakat diberi kesempatan untuk mempresetasikan program-program Rumah Zakat di hadapan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono. “Dalam bulan ini silahkan teman-teman Rumah Zakat membuat sebuah acara yang memungkinkan Bapak Presiden bisa hadir didalamnya. Saya yakin Bapak Presiden mendukung program ini,” ujar Erik.***

Newsroom/Sucipto
Pusat

 

Tags :
Konfirmasi Donasi